Sony Xperia Z dan ZL Diuji Ketahanan Fisiknya, Apakah Sepadan Dengan Harganya?

Sony Xperia Z dan ZL menjadi bintang selama CES 2013 lalu, karena hampir semua brand ternama tidak mengkonfirmasikan smartphone baru selama event elektronik terbesar dunia tersebut. Dan walaupun tidak menyabet penghargaan desain terbaik (yang jatuh ke ZTE Grand S), meskipun menurut kami perawakannya aduhai begitu cantiknya, Xperia Z dan ZL mampu menuai kekaguman siapa pun yang melihat desainnya.

Kini pasca CES 2013, makin banyak bermunculan kabar mengiringi rencana penjualannya Fabruari – Maret 2013 mendatang. Seperti kabar kepastian harganya, pengujian seberapa tahan terhadap air, dan juga seperti apa hasil foto dari sensor Exmor RS 13-megapixel yang diklaim sebagai yang terbaik di dunia. Pertama, kita lihat dulu contoh-contoh foto yang berhasil didapatkan beberapa jurnalis selama mereka mencoba Xperia Z di panggung CES 2013. Melihat foto-foto berikut (klik thumbnail-nya untuk memperbesar), memang benar jika sensor Exmor RS yang memiliki kemampuan built-in mode HDR selama merekam video, menghasilkan kualitas yang baik, dengan tingkat fokus yang responsif dalam mode continuous atau manual secara touch (kamu sentuh layar untuk mendapatkan fokus).

[nggallery id=323]

Selain hasil foto yang sebenarnya akan berbeda bergantung lokasi, juga ada hasil videonya, yang memperlihatkan kemampuan mode HRD-nya. Fungsi HDR terlihat jelas ketika merekam obyek yang pencahayaan utamanya dari belakangmu, atau ketika berada di ruangan yang agak gelap, sehingga menghasilkan video yang tetap terlihat lebih baik seakan ada pencahayaan yang cukup. Berikut contoh videonya.

Kemudian sehubungan label sertifikat IP57, yang berarti smartphone ini tahan air dan debu, berikut ada video yang menguji ketahanan smartphone ini ketika diuji ekstrem. Video tersebut juga menguji ketahanan lapisan Mineral yang digunakan untuk melindungi layarnya, melalui sebuah uji dengan menjatuhkannya. Hmmmm, selain cantik, Xperia Z dan ZL juga tahan banting! Cek saja video berikut:

Kemudian mengenai harga, memang sebelum CES 2013 ada yang menyebutkan bakal dijual seharga US $660, walaupun update terbaru malah meningkatkan nilainya menjadi £528, atau sekitar Rp. 8 jutaan! Dan kini ada sumber yang lebih otentik, karena Amazon Denmark sudah membuka layanan pre-order dengan harga 649 Euro (atau sekitar Rp. 8.4 jutaan). Sepertinya harga yang pantas untuk sebuah smartphone premium, yang memberi kita layar Reality 5.0-inchi beresolusi full HD 1920×1080-pixel, kamera 13.1- megapixel, Snapdragon S4 Pro 1.5GHz, 2GB RAM, 16GB internal dengan slot microSD, 4G LTE, dan OS Android 4.1 Jelly Bean yang dibalut casing anti air dan debu.

Sumber: Bestboyz.de


SHARE
Previous articleFilm Assassin’s Creed Telah Dapatkan Penulis Naskah
Next articleDmC: Devil May Cry, Mengenali Limbo, Demon Berukuran Jumbo!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.