Novo 7 Venus, Tablet Terbaru Ainol, Bak Pinang Dibelah Dengan Nexus 7

Nama Ainol pasti banyak dikenal di Indonesia, terutama oleh mereka yang hobi berburu tablet Android lokal dengan harga terjangkau. Walaupun murah, namun spesifikasi yang ditawarkan Ainol tidak murahan. Dan produsen asal China tersebut kembali merilis seri tablet terbarunya, Novo 7 Venus.

Tablet pertama Ainol di tahun 2013 ini sepertinya mencoba menarget Nexus 7. Mulai dari penampilan luarnya, hingga antar muka yang digunakan juga mencoba semurni mungkin stock ROM Android 4.1 Jelly Bean. Ditambah lagi harganya juga sangat terjangkau,  yang ditawarkan hanya US $139.90 saja!

Apa yang kamu dapatkan dengan Rp. 1.4 jutaan? Sekilas memang mengesankan produk yang inferior dibandingkan Nexus 7, walaupun sebenarnya tidak… Venus ini juga mengajukan layar kapasitip multi-touch 7-inchi dengan material IPS, yang diklaim memiliki sudut pengoperasian hingga 178°. Resolusi maksimal yang bisa masuk ke layar tersebut juga sama, 1280×800-pixel seperti Nexus 7. Kemudian bedanya, inti penggeraknya diserahkan pada chipset keluarga OWL dari Action Semiconductor, yaitu Actions ATM7029 dengan empat inti prosesor ARM Cortex A9/A5 yang bisa dioperasikan hingga 1.5GHz.

Well, harus diakui nama chipsetnya asing, namun ternyata chipset tersebut cukup mumpuni. Selain mendukung upgrade hingga Android 4.2 Jelly Bean, chipset Actions tersebut juga didukung GPU quad-core Vivante GC1000, yang mampu melakukan aktivitas encode/decode video hingga full HD 1080p, hingga integrasi USB2.0/3.0 (yup, kamu bisa colokkan hard disk USB 3.0).

Keseluruhan tablet ini memiliki tebal 10.8-milimeter dan dimensi panjang-lebar 186.2×126.9-milimeter, juga ada RAM 1GB, serta 16GB internal storage yang bisa diperbesar hingga 32GB melalui slot microSD (dan Nexus 7 tidak memilikinya). Fitur lainnya, Wireless LAN 802.11 b/g/n, kamera depan berkualitas VGA untuk video call, dan kamera utama 2-megapixel (ini juga tidak dimiliki Nexus 7). Selain itu, tablet seberat 320-gram ini mampu aktif antara 5-10 jam bergantung pengoperasian dalam sekali charge, melalui baterai 4,000mAh.

Semoga saja si Venus ini juga segera masuk Indonesia ya, karena secara spesifikasi sepertinya lumayan. Dan seharusnya kalau masuk, harganya hanya sekitar Rp 1.5 jutaan saja. Cukup worthed dengan konfigurasi yang ditawarkan.

Sumber: Ainol


SHARE
Previous articleReal Racing 3 Mendapatkan Dukungan Dari Nissan dan Ford Motor
Next articleRumor: Monster Hunter 4 Juga Dirilis untuk PS Vita?!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.