Sony Xperia Z dan ZL Segera Dirilis di Indonesia

Masalah selera, namun menurut kami desain Xperia ZL lebih cantik.

Bagaimana kabar Xperia Z dan Xperia ZL? Dua smartphone Sony Mobile yang dikonfirmasikan selama CES 2013 lalu sudah menunjukkan ketahanan fisiknya dengan pengujian dalam air dan benturan keras. Kini kami mendapatkan beberapa kabar baru sehubungan dengan dua smartphone raksasa yang banyak diperbincangkan seminggu belakangan tersebut.

Pertama mengenai kepastian hadirnya di Indonesia, kami mengecek ke website Ditjen Postel Indonesia, dan memang disana keduanya sudah masuk sertifikasi tingkat SP3, jadi tinggal menunggu uji coba sebelum akhirnya dirilis di pasaran. Sedangkan menurut kabar dari sumber luar kami, melalui Xpariablog disebutkan jika di Indonesia, termasuk juga Malaysia, Singapura, Filipina dan Vietnam, bakal menerima Xperia Z dan Xperia ZL pada kuartal pertama.

Xperia Z memiliki casing yang durable, anti air dan debu, bahkan tahan benturan…

Jadi nantinya kita bisa mendapat pilihan diantara keduanya yang memang memiliki ciri khas masing-masing. Seperti dengan Xperia ZL yang memang lebarnya lebih kecil Xperia Z, membuatnya enak digenggam, serta posisi kamera sekundernya yang memudahkan selama video call. Sedangkan Xperia Z dibuat dengan tambahan fitur anti air dan debu membuatnya lebih tanggung, meskipun keseluruhan juga lebih tipis dibandingkan Xperia ZL. Berikut detail warna yang bakal kamu dapatkan sebagai pilihan:

Indonesia

Xperia Z (Black, White and Purple)
Xperia ZL (Black and White)

Malaysia

Xperia Z (Black, White and Purple)

Philippines

Xperia Z (Black, White and Purple)
Xperia ZL (Black and White)

Singapore

Xperia Z (Black, White and Purple)
Xperia ZL (Black and White)

Vietnam

Xperia Z (Black, White and Purple)
Xperia ZL (Black)

Xperia Z juga tersedia dalam pilihan warna ungu, sedangkan Xperia ZL warna merah.

Soal harga memang belum disebutkan, namun dari beberapa informasi sebelumnya yang menyebutkan bakal dijual seharga €649 euro atau £528 Pound Sterling, atau sekitar Rp. 8 jutaan Rupiah! Itu harga di wilayah Eropa, dan biasanya untuk wilayah Asia Tenggara lebih rendah. Semoga saja, setidaknya Rp. 6-7 jutaan seperti beberapa flagship lain yang dirilis tahun 2012 lalu. Kemudian perilisannya diprediksi Februari 2013 ini untuk sebagian besar Eropa, dan Maret untuk Inggris Raya. Seharusnya Asia Tenggara menyusul setelah region tersebut.

Oh ya, mengenai warna, untuk Xperia ZL yang menawarkan layar Reality 5.0-inchi beresolusi full HD 1920×1080-pixel, kamera 13.1- megapixel, Snapdragon S4 Pro 1.5GHz, 2GB RAM, 16GB internal dengan slot microSD, 4G LTE, dan OS Android 4.1 Jelly Bean tersebut memang sudah dikonfirmasikan memiliki tiga pilihan warna. Dari pertama kali dikonfirmasikan selama CES 2013, disebutkan hitam, putih dan merah (ungu untuk Xperia Z). Namun selama CES 2013, hanya hitam dan putih saja yang terlihat. Namun kemarin kami menjumpai pilihan warna merahnya melalui sumber yang sama Xperiablog. Bisa kamu lihat detailnya di bawah. Sayangnya, dari konfirmasi di atas, warna merah tidak termasuk yang bakal dijual di Indonesia.

[nggallery id=332]

Untuk OS-nya, memang Sony masih menggunakan Android 4.1, namun mereka mengklaim bakal langsung meng-updatenya ke Android 4.2 Jelly Bean sesaat setelah resmi dijual. Informasi tersebut didapat melalui percakapan Twitter di blog resmi Sony, yang sumbernya langsung dari pernyataan Product Manager mereka, Lego Svardsater. Bisa kamu baca di bawah kutipannya.

Xperia Z launches on JB 4.1, but will receive 4.2 shortly after launch. As always, we’ll share more info on this over the coming weeks on the blog.

Lalu kemarin melalui akun Sony Electronic, kami mendapatkan video yang memperlihatkan tiga produk consumer Sony dirangkai dari kondisi part kecil, menjadi utuh, hanya dalam waktu 5 menit. Dua produk lainnya adalah Cyber-shot RX1 dan camcorder Handycam. Yang jelas orang yang merangkainya sangat ahli, karena dia bisa melakukannya dengan cepat. Lihat saja videonya di bawah:

Exclusive Construction of New Sony CES Products

Cukup dengan yang resmi, sebagai bonus, berikit yang sedikit underground. Kami dapatkan info ini melalui salah satu forum teknologi terbesar, yaitu XDA Developer. Salah satu developer di sana (ThilinaC) berhasil memport aplikasi launcher yang digunakan Sony pada Xperia Z, dan bisa diterapkan pada Android lain — dengan syarat OS Ice Cream Sandwich atau Jelly Bean, dan akses ROOT tentunya, suapaya kamu bisa meng-install launchernya via CMW. Fitur launcher tersebut antara lain:

  • Super smooth launcher
  • Xperia Beautiful widgets
  • 6×4 app drawer for xhdpi
  • 5×4 app drawer for hdpi
  • 4×4 app drawer for mdpi
  • 7 Home screen add/remove support
  • Folders in App drawer
  • Nice UI
  • Re-size widgets

Walaupun hasil port, namun terbukti launcher tersebut bisa digunakan di banyak Android, seperti Samsung mulai Galaxy S hingga Galaxy S III, kedua Galaxy Note, HTC Desire HD, Sensation, One S, One V dan keluarga One X, Xperia yang mencakup Arc, Pro, Live with Walkman, Neo (dan Neo V), Play, Ray, Acro S, Ion, P, T, TX, Sola dan bahkan Xperia Sola, sedangkan LG yang sudah mencobanya bisa untuk Optimus 4X HD serta Optimus Black. Berikut video yang menunjukkan launcher/interface Xperia Z digunakan untuk Galaxy S II.

Sony Xperia Z Launcher and Widgets in Samsung Galaxy SII

http://youtu.be/d1uK_Yh9NtE

  • Download: Xperia Z Home Port (install melalui CMW), atau alternatifnya…
  • Download: Xperia Launcer (jika Androidmu tidak dalam kondisi ROOT dan tanpa CMW, install launcher ini saja, yang walaupun minus beberapa widget seperti versi CMW, namun lebih mudah karena dalam bentuk file .apk)

Satu lagi, makin membuat Android non-Xperia Z/ZL-mu menjadi seperti Xperia Sony tersebut, kamu tinggal download wallpaper dan gambar lock screen resmi yang didapatkan dalam kedua smartphone tersebut, melalui link berikut:


SHARE
Previous articleTrailer Perdana Red 2
Next articleLode Runner Dirilis Untuk Android, Nostalgia Game Klasik Era Konsol 8-bit
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.