Selamat Tinggal Megaupload, Selamat Datang Mega!

Tentu Citizen masih ingat dengan kasus ditutupnya situs file sharing, Megaupload. Situs file sharing yang memberikan fasilitas unggah dan unduh file secara gratis, memang sudah secara resmi ditutup oleh penegak hukum di Amerika Serikat.  Server-server yang menjadi tempat-tempat penyimpanan file-file yang diunggah oleh para penggunanya di seluruh dunia juga telah disita oleh pihak yang berwajib. Kim Dotcom pemilik Megaupload seperti tidak bisa dihentikan. Setelah berurusan dengan pemerintah Amerika Serikat yang menghentikan situsnya, pada tanggal 19 Januari 2013 dia mengumumkan situs baru yaitu Mega seperti yang dia tulis melalui akun twitternya.

KimDotcom di akun twitternya yang menyatakan situs baru, Mega.

 Apakah sistem kerja situs Mega ini akan sama dengan  pendahulunya? Seperti yang dilansir pada majalah Wired, situs ini akan memiliki sistem kerja yang sedikit berbeda dari MegaUpload. Pengguna akan tetap diizinkan untuk mengunggah, menyimpan dan berbagi data dan Dotcom sendiri mengatakan bahwa situs ini kebal dari serangan / gangguan. “Jika servernya hilang, jika pemerintah datang ke sebuah data center dan mengacaukannya, jika seseorang meretas server atau mencurinya, hal itu tidak akan berarti apa-apa,” ujar Dotcom. “Tanpa memperoleh kuncinya, apapun yang diunggah ke dalam situs tersebut akan tetap tertutup dan pribadi,” imbuhnya.

Dia menjelaskan bahwa Mega akan memiliki aturan yang mengizinkan pemegang hak cipta untuk mengirimkan pernyataan Digital Millenium Copyrigths Act untuk menghapus data yang melanggar hak cipta. Selain itu, beberapa entitas seperti studio film akan diizinkan langsung menghapus materi yang melanggar hak cipta.

Fitur yang ingin Kim Dotcom hadirkan di situs mega. Gambar ini muncul pertama kali melalui akun Twitternya. “Look at this @MPAA. Lets talk! pic.twitter.com/9oM2C152”

Yang menarik dari peluncuran situs ini yaitu Kim Dotcom mengadakan jumpa pers di kediamannya pada tanggal 20 Januari 2013. Banyak tamu yang ia undang dan ia sendiri secara jujur mengatakan ingin mengadakan jumpa pers lain dari pada yang lain . Ia sendiri terkejut karena dalam 1 jam sudah 100.000 orang yang mendaftarkan diri di Mega bahkan sempat membuat website ini tidak dapat diakses.

Jumpa pers dikediaman Kim Dotcom.

Dotcom mengatakan bahwa pengguna akan mendapatkan 50GB secara gratis. Selain itu, situs ini juga memberikan layanan cloud-storage mengagumkan tentunya akan melindungi privasi pengguna dengan menawarkan tiga pilihan harga, ruang penyimpanan tambahan dan bandwith, dikutip dari Cnet. Situs ini dibuat dalam HTML5 ini sebabnya kenapa situs Mega saat ini hanya didukung oleh browser Chrome. Menurut saya pribadi, Kim Dotcom bukanlah orang yang akan diam saja setelah kasus tersebut dan mengadakan jumpa pers di kediamannya merupakan ide yang luar biasa. Berikut ini dokumentasi yang saya ambil dari media The Next Web dan lihat juga video jumpa pers di kediaman Kim Dotcom.

[nggallery id=337]

httpv://www.youtube.com/watch?v=3XqoikREVJs

Seperti apa fitur yang akan diberikan Mega? Kita lihat saja nanti. Akhir kata, selamat tinggal Megaupload dan selamat datang untuk Mega.

sumber : Cnet, The Next Web, Okezone


SHARE
Previous articleFoto Perdana Kick-Ass 2 Tampilkan Jim Carrey Sebagai Colonel Stars and Strips
Next articleX-Men: Days of Future Past Menjadi Tempat Reuni Semua Pemain Film X-Men
Mahasiswa ITS yang mempunyai interest besar dalam dunia fotografi. Selain itu sangat suka dengan manga, anime, game online dan kucing. Manga yang selalu ditunggu-tunggu adalah One Piece. Fans berat majalah OMEGA, karena majalah inilah memberikan saya pengalaman baru sebagai kontributor di Duniaku.net.