Sony Merubah Desain Kontroler PlayStation 4, Integrasikan Layar Sentuh ala PS Vita

Terhitung sejak dikenalkan melalui PlayStation pertama, usianya sudah 16 tahun…

Tidak bisa dipungkiri, tren perkembangan game mobile dan pengendalian melalui layar sentuh juga banyak mempengaruhi game konsol. Mulai Nintendo Wii yang akhirnya memilih kontroler mirip tablet dengan layar kedua, rumor penerus Xbox yang juga mengajukan layar sentuh untuk mengendalikan gamenya, dan kini Sony juga dipercaya bakal membuang desain Dual Shock yang selama ini kita kenal sejak era PlayStation dengan desain kontroler baru yang mengintegrasikan layar sentuh plus sensor biometric untuk PlayStation4. Sepertinya Sony mau mengetahui sisi emosional para pemain gamenya dengan mendeteksi detak jantung mereka selama memainkan game!

Setelah menjadi ikon PlayStation selama 16 tahun, akhirnya Sony memutuskan untuk mengganti desain Dual Shock yang sudah familiar di mata para gamer. Hal ini diungkapkan oleh seorang pekerja studio game senior yang sedang mengembangkan sebuah game baru Sony. Sumber tersebut menyebutkan jika kontroler baru Sony bakal mengalami perubahan desain, namun masih tetap menyisakan sedikit ciri khas DualShock yang dikenal identik PlayStation.

Sumber tersebut juga menyebutkan, jika saat ini Sony dipercaya melakukan rset luas untuk mendukung pengembangan kontroler baru PlayStation4, dan salah satu ide yang diduga bakal diterapkan adalah sensor biometric (berguna untuk mendeteksi detak jantung gamer) pada bagian pegangan kontroler tersebut, sekaligus sebuah LCD layar sentuh.

Kontroler baru PlayStation 4 nantinya akan memadukan fitur terbaik DualShock dengan interface touchscreen PS Vita.

Sumber kedua yang menangani industri lain namun masih berhubungan dengan Sony, menyebutkan jika saat ini para PlayStation teknisi PlayStation berusaha mengemulasikan pengalaman antar muka yang sama dari PS Vita untuk kontroler baru PlayStation 4. Dugaan itu mengarah pada adanya opsi touch screen pada handheld PlayStation tersebut, dan ada petunjuk jika Sony bakal cukup dalam mengintegrasikan PS Vita dengan PlayStation 4 mereka nantinya, sebagai usaha untuk menangkis langkah Nintendo dengan GamePad berlayar kedua, atau dugaan Microsoft yang juga mengembangkan tablet khusus untuk mengendalikan Xbox 720.

Sepertinya kita perlu menunggu kabar resmi dari Sony sehubungan dengan PlayStation 4, yang sejauh ini diketahui memiliki kode nama Orbis. Kabar yang berhembus, mereka bakal mengkonfirmasikannya dalam beberapa minggu ke depan.

Desain mirip bumerang ini juga sempat diajukan Sony sebagai penerus DualShock, bahkan ada versi purwarupanya yang didemokan…

Kembali pada DualShock, dengan rencana perubahan tersebut, yang beberapa waktu lalu sempat kita ulas juga perkiraan desainnya untuk PlayStation 4, nantinya tidak akan menjadi kontroler utama PlayStation baru. Bisa jadi, DualShock yang selama ini membantu kita berinteraksi dengan PlayStation3 masih bisa digunakan, walaupun sebagai kontroler sekunder, seperti bagaimana Nintendo masih bisa menerapkan Wii Remote/Nunchuk lama dengan Wii U.

Kalau seperti ini desain kontrolernya, jelas bisa menjadi handheld yang berdiri sendiri… Gambar tersebut merupakan rumor desain konsep kontroler Wii U sebelum kita mengenalnya sebagai GamePad.

Selain dugaan perubahan desain, kita juga tahu satu fakta dari tahun 2007 lalu yang mungkin menjadi alasan Sony merubah desain kontroler mereka. Pada 2002 lalu, Immersion yang menjadi pemegang hak paten teknologi rumble yang digunakan Sony pada DualShock, mengajukan tuntutan atas kerugian selama teknologi tersebut digunakan tanpa ijin. Dan pada Maret 2007 lalu, Immersion dan Sony memperoleh kesepakatan, dengan Sony harus membayar lebih dari US $150 juta. Walaupun Sony masih boleh menggunakan teknologi tersebut dengan lisensi yang berakhir pada 2017 mendatang, namun kami yakin Sony sudah berkipir untuk mendesain kontroler baru.

Bagaimana menurut kalian Citizen? Seperti apa kira-kira desain kontroler baru Sony PlayStation 4 nantinya? Semoga saja jika menerapkan layar sentuh di tengah kontroler, tidak sebesar yang ditawarkan Nintendo melalui GamePad-nya Wii U. Yah, yang jelas jangan sampai nanti mewujudkan desain mirip bumerang, namun sekadar ditambah layar sentuh… hehe! Berikut ada beberapa desain konsep kontroler PlayStation 4 yang banyak beredar di dunia maya. Ayo, dipilih, kira-kira mana yang cocok untuk PlayStation4 nantinya…

[nggallery id=336]

Bagaimana pun nanti bentuk kontroler PlayStation 4, asal jangan seperti yang di bawah ini deh…

Sumber: CvG


SHARE
Previous articleDari Bethesda Hingga Square Enix, Inilah Daftar Rumor Game untuk Xbox 720!
Next articleGTA V Siap Dirilis Juga untuk PC?
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.