BlackBerry 10 Menjelang Perilisannya, Kembali Diadu Dengan iPhone 5

Dengan harga BlackBerry 10 tipe teratas yang dipatok Rp. 7 jutaan oleh RIM, apa yang bakal kita dapatkan? Sistem operasi yang sarat dioperasikan dengan sentuhan, BlackBerry Messenger dan desain yang high class!

Kemarin kami memberikan informasi mengenai perkiraan harga BlackBerry Z10, salah satu varian BlackBerry 10. Kini mari kita lihat detail versi retail gadget yang menjadi senjata andalan baru RIM tersebut. Satu yang pasti sejak versi developernya dikenalkan setengah tahun belakangan, smartphone dengan label BlackBerry 10 menarik banyak perhatian. Satu alasan adalah modelnya. Selama ini BlackBerry dikenal membosankan. Batasan harus adanya keypad QWERTY seakan menjadi batasan. Memang sempat muncul tipe yang full touch, namun dengan basis software BlackBerry lama, kenyamanan touchscren tertinggal jauh dengan iOS atau Android. Selain itu, desainnya masih belum bisa dikatakan classy.

Namun kini BlackBerry 10, khususnya tipe L-Series melalui BlackBerry Z10 yang menjadi andalan RIM dan menjadi duta untuk mengenalkan sistem operasi baru mereka yang banyak menuntut aktivitas swipe / menyapukan jari pada layar, terlihat begitu cantik dan elegan. Kita memang beberapa kali sudah melihat penampilannya, namun itu versi developer. Berikut penampakan komparasi yang dibuat oleh Martin Hajek berdasarkan data fisik dan juga desain aslinya, walaupun memang hanya sebatas render saja, namun BlackBerry Z10 terlihat lebih meyakinkan diadu dengan iPhone 5 yang memang dianggap sebagai direct competitor.

Sekadar refreash. BlackBerry Z10 yang bakal dikonfirmasikan besok oleh RIM mengadopsi prosesor dual core 1.5 GHz dari Texas Instruments OMAP 4470 processor dengan GPU PowerVRSGX544 (Qualcomm MSM8960 dengan prosesor dual core Snapdragon S4 Plus untuk pasar US dan Kanada karena mendukung 4G LTE), layar 4.2-inchi dengan resolusi 1280×768-pixel pada 356 ppi, konektivitas NFC, Bluetooth 4.0, 3G, 4G LTE dan Wi-Fi (802.11 a/b/g/n), kamera 8-megapixel auto focus dan kamera sekunder 2-megapixel yang mampu merekam video full HD 1080p, dukungan port microHDMI, 2 GB RAM serta slot microSD yang mendukung kapasitas hingga 32 GB.

Selain L-Series melalui BlackBerry Z10, melalui galeri di bawah kamu juga bisa melihat seperti apa kira-kira desain BlackBerry N10 yang masih membawa ciri khas BlackBerry lama melalui integrasi keyboard QWERTY. Oh ya, info baru lainnya, di Ingrris Raya BlackBerry Z10 mulai dijual besok, 30 Januari 2013 dengan pilihan warna hitam, dan yang putih menyusul pertengahan Februari. Sepertinya untuk Indonesia juga baru yang hitam saja yang akan dijual perdana awal Februari nanti, Made in Canada lho!

[nggallery id=351] 

Sumber: Flickr, 3D Export


SHARE
Previous articlePantech Vega No 6 Untuk Korea, Jelly Bean Dengan Ukuran Layar 6-inchi
Next articleGeorge Lucas Sudah Meramal Akuisisi Disney Terhadap Star Wars Sejak 30 Tahun Lalu?

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY – yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi “ngoprek” smartphone.