Komik Interaktif Garuda Riders Menembus Pasar iTunes Jepang!

Setelah sukses di pasar domestik, kali ini komik interaktif Garuda Riders hasil kolaborasi tiga studio asal Surabaya akhirnya berhasil menembus pasar iTunes Jepang!

Komik Interaktif Garuda Riders Menembus Pasar iTunes Jepang!

Komik Interaktif Garuda Riders Menembus Pasar iTunes Jepang!

Sekitar pertengahan November lalu, Mechanimotion Entertainment bekerja sama dengan Elven Games dan Moon Eclipse merilis sebuah komik interaktif  Garuda Riders volume pertama, The Runaway di Google Play Store. Nah, setelah dua bulan berlalu, komik interaktif yang dikembangkan berdasarkan dunia The Adventures of Wanara ini berhasil menembus pasar Jepang dan bisa diunduh oleh para pengguna iPhone di iTunes negara tersebut!

Komik Interaktif Garuda Riders Menembus Pasar iTunes Jepang!

Untuk bisa menembus pasar Jepang, tiga studio yang sama-sama berasal dari Surabaya menggandeng Deluizon yang merupakan salah satu software developer yang berbasis di Tokyo, Jepang. Tugas dari Deluizon ini bukan sekedar mentranslasikan komik ini dari bahasa Indonesia ke bahasa Jepang, tetapi juga melakukan pengaturan ulang tata letak komik untuk menyesuaikan dengan cara membaca komik atau manga di Jepang. Setelah proses translasi dan tata letak ini selesai, masih dibutuhkan waktu satu bulan untuk melewati Quality Control dari pihak iTunes Store Jepang.

"Komik ini mengajak pembaca mengikuti petualangan seru Naradja di Bumi Varadwipa, yakni era 1000 tahun setelah kisah Ramayana," papar A.R Wirawan, pendiri Mechanimotion Entertainment dalam pernyataan resminya. The Adventures of Wanara sendiri bercerita mengenai Naradja, bocah dari keturunan 3 ras yaitu mannusa (Rama), asura (Rahwana), dan wanara (Hanoman). Kisah ini berputar mengenai usahanya untuk mencegah kebangkitan raja iblis dari dalam dirinya dengan mengumpulkan 8 elemen dewa atau Hastabrata. 

Komik Interaktif Garuda Riders Menembus Pasar iTunes Jepang!

Karena Garuda Riders adalah komik interaktif, maka tentu kamu bisa berinteraksi dengan halaman-halaman komik tersebut sembari membaca kisah yang ada di dalamnya. Banyak mini game yang disediakan dalam komik ini, seperti mini game QTE (Quick Time Event) saat kamu harus menghindari keris Uloseni dengan menyapukan jari kamu di layar smartphone atau tablet ke kiri dan ke kanan atau bagaimana kamu harus mencari hint-hint tersembunyi untuk melanjutkan membaca halaman selanjutnya, seperti harus menyentuh kalung yang bercahaya. Selain itu, komik ini juga sangat kental dengan budaya Bali mulai dari concept art hingga musiknya, karena berdasarkan riset yang telah dilakukan, masyarakat Jepang kabarnya sangat menyukai Bali.

Selamat dan sukses buat Garuda Riders!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU