Jepang Persiapkan Penayangan Acara TV Resolusi Ultra HD di Tahun 2014

Pemerintah Jepang rupanya ingin membangkitkan industri pertelevisian. Caranya adalah mencanangkan program penayangan acara televisi dengan resolusi 3840×2140 atau 2160p alias ultra HD, yang direncanakan mulai tayang pada musim panas tahun 2014.

Kementerian Urusan Dalam Negeri dan Komunikasi Jepang sebelumnya berencana untuk mengenalkan generasi baru dari HDTV di tahun 2016, tapi kemudian memajukannya menjadi Juli 2014, yang sengaja dilakukan agar bertepatan dengan acara World Cup di Brazil.

Program penayangan “Ultra Hi-Vision” 2160p ini akan dimulai pada channel BS dan CS yang berbasis satelit, dan nantinya akan dikembangkan untuk digital TV. Diprediksikan Jepang akan menjadi salah satu negara yang pertama memperkenalkan UHDTV (Ultra HD TV), meski mungkin butuh bandwidth yang sangat besar untuk bisa melakukannya, terkait dengan pemancar dan frekuensi yang dibutuhkan sebelum semua channel tersedia untuk resolusi baru ini.

Sebelumnya NHK mengindikasikan bahwa proses upgrade ini lebih baik langsung mengubah resolusinya menjadi 8K UHD (4320p, atau resolusi 7680×4320) karena biaya yang besar serta kompleksitas proses perubahan terkait penyiaran televisi dan infrastruktur penerima yang butuh dua kali lebih banyak.

Penjualan dari industri televisi di Jepang pada tahun 2012 mengalami penurunan sebanyak sekitar 66%. Meski dengan adanya TV stereoskopik 3D dan layar TV yang lebih besar tidak berpengaruh banyak terhadap penjualan. Jadi diperkirakan, generasi selanjutnya dari resolusi HD yang bisa meningkatkan industri televisi di Jepang.

Diperkirakan, menurunnya minat masyarakat Jepang terhadap menonton TV tak lain karena kualitas TV mainstream yang dianggap begitu-begitu saja. Dan diharapkan dengan adanya Ultra HD TV ini, masyarakat Jepang kembali menjadikan aktivitas menonton TV sebagai salah satu pelepas penat. Tak ketinggalan tentunya para penggemar anime yang bisa menikmati anime dengan resolusi yang lebih lega ini, serta acara super sentai maupun tokusatsu yang memiliki tempat di hati penggemarnya masing-masing.

[ Sumber : Sankaku Complex, Crunchyroll ]


SHARE
Previous articleCameo Misterius Man of Steel Muncul di Lokasi Syuting!?
Next articlePengguna LINE Mencapai 100 Juta User, Lebih Cepat Daripada Twitter atau Facebook
Pecinta game (terutama RPG) yang dulunya merupakan fans dari Zigma - sekarang adalah Feature Editor Zigma Omega hingga saat ini. Sekarang Reyner telah menjadi apoteker lulusan salah satu fakultas negeri di Surabaya. Selain game, Reyner juga mengikuti update mengenai anime dan manga terbaru, dan juga sedikit melirik dunia gunpla.