Vandaria Newsletter #13: Menggebrak 2013!

Para penggemar Vandaria pastinya sudah tidak sabar bukan Vandaria Newsletter terbaru yakni edisi ke-13? Di sini kamu bisa membaca ringkasan apa saja isi Vandaria Newsletter terbaru ini. Banyak bocoran novel, komik, dan game Vandaria!

Pertama adalah Vandaria Insider, dengan judul Mengupas Langkah Vandaria 2013. Di rubrik ini, kamu bisa membaca langkah-langkah apa saja yang akan dilakukan Vandaria di tahun 2013 ini, langsung dari dapur kreatif mereka. Dimulai dari sisi novel, dimana judul-judul lama yang akan dirampungkan di tahun ini (penutup Trilogi Elir), beberapa judul baru yang ada dalam lingkup seri Kristal Merah seperti Telinga Rashnu, Putri Teranala, Musafir Bedina (yang tertunda tahun lalu), Tabir Nalar II (masih judul sementara), dan Winterflame.

Kemudian juga ada flagship title alias judul yang diunggulkan, yakni Pandora (judul sementara). Dan terakhir adalah Fantasi+, branding baru bagi novel-novel Vandaria yang dipadukan dengan sastra Indonesia berkualitas tinggi. Untuk itu, Vandaria menggandeng Penerbit Dolphin, yang menerbitkan karya sastra seperti Pengantin Surga, Gadis Pakarena, dan novel sejarah best-seller, Sabda Palon.

Dari sisi komik, Vandaria juga sudah mempersiapkannya tahun lalu namun merasa timing-nya kurang pas. Tahun ini sebenarnya mereka sudah memiliki satu tabungan komik, yakni Linimasa karya Trident’henry yang sudah rampung.

Berlanjut ke sisi game, tahun lalu juga Vandaria berhasil mengeluarkan game Lords of Vandaria yang bekerjasama dengan Toge Productions. Tahun ini Vandaria akan bekerjasama dengan beberapa developer Indonesia, salah satunya adalah Sleipnir Studio yang tengah mengembangkan game tower defense berjudul Destroy the Deimos.

Selanjutnya adalah Vandaria Reader, yang menjadi produk utama Vandaria tahun ini. Idenya sederhana, yaitu membuat sebuah portal bacaan online yang terfokus pada semua produk bacaan Vandaria. Tempat di mana pembaca bisa menemukan novel digital, komik, codex, concept art, kumpulan cerpen, dan lainnya. Disusul dengan ide kebangkitan kembali Vandaria Wars, yang memang selama ini diserukan oleh para anggota komunitasnya. Dan terakhir adalah ide untuk mewujudkan film dari dunia Vandaria. Semoga semuanya tercapai ya!

Rubrik berikutnya adalah Apa Kabar Vandaria, yang mengulas novel Tabir Nalar. Penulis ulasan tersebut tak lain adalah Jody Setiawan (Dunia Buku), yang menganggap perguliran plotnya sangat menarik, cepat dan tangkas. Dilanjutkan dengan Novel Grafis Harta Vaeran, proyek Tugas Akhir salah seorang mahasiswa ITS bernama Inday Paramytha Putri.

Rubrik selanjutnya adalah Codex, yang mengisahkan Valta, provinsi XIII dari Kerajaan Blackmoon. Kamu bisa membaca seluk beluk tentang Valta, mulai dari sejarah, struktur pemerintahan, wilayah-wilayah pentingnya, hingga agama dan kepercayaan para masyarakat Valta.

Dilanjutkan dengan rubrik Cerita Pendek berjudul Pegangan, yang ditulis oleh Pratama Wirya (penulis novel Harta Vaeran). Vandaria Newsletter edisi ini pun ditutup dengan Kalender Komunitas. Bagi kamu yang penasaran untuk membacanya, langsung saja baca di Wayang Force.


SHARE
Previous article“Let’s Go Kill Some Scumbags”, Klip Terbaru A Good Day to Die Hard
Next articleTujuh Poster Karakter dari Escape from Planet Earth
Pecinta game (terutama RPG) yang dulunya merupakan fans dari Zigma - sekarang adalah Feature Editor Zigma Omega hingga saat ini. Sekarang Reyner telah menjadi apoteker lulusan salah satu fakultas negeri di Surabaya. Selain game, Reyner juga mengikuti update mengenai anime dan manga terbaru, dan juga sedikit melirik dunia gunpla.