Nintendo Bantu Para Developer Game Jepang untuk Membawa Game-nya ke Barat

Seperti yang kita tahu, Nintendo 3DS benar-benar meroket penjualannya di Jepang, bahkan sampai melebihi 10 juta unit yang ludes terjual dalam kurun waktu dua tahun saja! Tapi sebaliknya, penjualan 3DS bisa dibilang lesu di pasar Amerika dan Eropa. Nintendo ingin membenahi hal ini dengan program barunya. Presiden Nintendo, Satoru Iwata, mengkonfirmasikan hal tersebut dan berencana merilis sekitar sepuluh judul kunci untukUS, sehingga menaikkan pamor 3DS disana.

“Kita berencana untuk menjual secara aktif dan intensif sekitar sepuluh judul kunci untuk mengubah peran sistem Nintendo 3DS, dari sebuah device handheld yang hanya memainkan game-game serial Mario menjadi device yang memainkan beragam game menyenangkan,” ungkap Iwata saat menginformasikan rekap finansial Nintendo di kuartal ketiganya.

Beliau menambahkan, “Seterusnya, kita akan tetap menjaga momentum dari judul-judul yang telah dirilis dengan potensial penjualan tinggi, semisal dengan mendistribusikannya secara digital.”

Selanjutnya beliau mengatakan bahwa para developer pihak ketiga di Jepang telah menunjuk tim-tim top mereka untuk mengembangkan game-game hebat di 3DS, dan Nintendo akan membantu mereka mendistribusikannya ke seluruh dunia.

Iwata mengungkapkan, “Dari sekian banyak judul yang dikembangkan oleh para developer pihak ketiga di Jepang, akan ada beberapa game yang telah dirilis oleh Nintendo di Eropa, semisal serial Professor Layton. Kita akan meningkatkan jumlah game-game tersebut untuk pasar Amerika dan juga Eropa. Kita juga ingin bisa membantu para developer pihak ketiga di jepang untuk mendistribusikan judul-judul game mereka yang berharga ke seluruh belahan dunia.”

Wah dengan ini, berarti ada harapan ya bagi kita yang tidak menguasai bahasa Jepang untuk menikmati game-game berbahasa Jepang. Meski ada fitur region lock yang diberlakukan oleh Nintendo untuk 3DS, kalau ada upaya baik dari Nintendo melakukan pendistribusian seperti ini bukan tidak mungkin game-game Jepang yang eksklusif bisa dimainkan nantinya. Kalau saya? Jelas ingin sekali bisa memainkan Bravely Default: Flying Fairy, Dragon Quest Monsters: Terry’s Wonderland 3D, Dragon Quest VII, Fantasy Life, Danball Senki Baku Boost, dan tidak ketinggalan Inazuma Eleven Go serta Inazuma Eleven Go 2: Chrono Stone! Hehe.

[ Sumber : Siliconera, Gematsu ]


SHARE
Previous articleMasa Depan Justice League Terletak di Tangan Man of Steel
Next articleTembus Pasar China, Infinite Sky Dapatkan 100.000 Download dalam Seminggu!
Pecinta game (terutama RPG) yang dulunya merupakan fans dari Zigma - sekarang adalah Feature Editor Zigma Omega hingga saat ini. Sekarang Reyner telah menjadi apoteker lulusan salah satu fakultas negeri di Surabaya. Selain game, Reyner juga mengikuti update mengenai anime dan manga terbaru, dan juga sedikit melirik dunia gunpla.