Update Preview Dead Space 3: Detail Cerita, Weapon Crafting dan Empat Mode Tambahan

Developer: Visceral Games
Publisher: Electronic Arts
Composer: Jason Graves, James Hannigan
Engine: Visceral Engine
Platform: Microsoft Windows, PlayStation 3, Xbox 360
Release Date: 5 Februari 2013
Genre: Survival Horror
Rating: M (Mature)

Meskipun resminya baru dirilis Electronics Arts 5 Februari 2013 besok, namun sudah banyak versi leak Dead Space 3 dijual bebas. Sepertinya memang kasus game yang bocor sebelum tanggal rilis resminya makin marak terjadi ya akhir-akhir ini. Dan menjelang perilisan resminya, Electronics Arts merilis satu trailer story gameplay, yang bisa kamu nikmati di akhir tulisan ini.

Mungkin kamu sudah sedikit lupa bagaimana pertautan cerita sekuel ini dengan sebelumnya (atau malah belum pernah memainkan game sebelumnya dan bingung bagaimana seorang Insinyur bisa terlibat secara fisik melawan alien), silahkan kembali me-refresh ingatan melihat video berikut:

Dead Space 3 – The Story so Far

Menyusul peristiwa Ishimura, dimana kekasih Isaac, Nicole, terbunuh dan pikirannya dirusak oleh Marker, Isaac ditangkap dan diteliti oleh EarthGov selama tiga tahun. Dia berhasil lolos berkat Unitologists, sebuah perkumpulan yang ditujukan untuk memuja Markers selama serangan besar pada Sprawl oleh Necromorphs. Namun niat Unitologists tidak murni, dan mereka menunjukkan motif aslinya, walaupun sekali lagi, Isaac berhasil kabur, sambil melawan gerombolan Necromorphs dan juga delusi dan halusinasinya atas Nicole, Isaac berhasil mencapai sektor Government, dimana dia melawan Marker. Dan berhasil menang, walaupun Sprawl juga hancur karena perintah self-destruct. Akan tetapi Isaac berhasil lolos dengan Ellie Langford, seorang survivor lainnya…

Dua bulan pasca meloloskan diri dari Sprawl, Isaac Clarke dan Ellie Langford bertemu Sgt. John Carver, seorang survivor insiden Necromorph di planet Uxor, dan juga mengetahui keberadaan Tau Volantis, sebuah planet membeku dimana reruntuhan koloni dari masa 200 tahun silam ditemukan. Dan di sana Isaac mengetahui bahwa ternyata ada seseorang yang bisa menghentikan invasi Necromorph, kemudian mereka bertiga mencoba mendarat di planet dingin tersebut untuk mencari jawabannya. Hanya saja sterjadi musibah, dan pesawat yang mereka gunakan hancur begitu masuk ke dalam planet, dan Ellie terpisah dengan yang lain. Karena itulah kini Isaac berusaha menyelamatkannya sambil terus mencari tujuannya datang ke planet tersebut, untuk menghentikan Marker.

Kembali Hadapi Necromorph

Dead Space 3 kembali menghadapkan Isaac Clarke melawan Necromorph, mayat manusia yang diwujudkan kembali hidup melalui sinyal Marker. Untuk itu Visceral Games memberikan beberapa bekal bagi Isaac, seperti kostum Resource Integration Gear (RIG) yang kembali, dan kamu masih bisa menggunakan tampilan hologram dari kostum dan senjata karaktermu untuk menunjukkan berapa jumlah health dan amunisi yang tersisa. Data lain yang bisa tampil adalah selama berada di area yang vakum, akan ada timer yang muncul di atas pundak karakter, menunjukkan berapa banyak oksigen yang masih tersisa.

Hal baru lainnya adalah ability roll dan cover yang bisa dilakukan Isaac serta rekan barunya, Sergeant John Carver. Berkat kedua gerakan tersebut, karaktermu menjadi lebih responsif, karena memang kesan horornya juga dibuat lebih dinamis. Selain itu sistem covernya pun dibuat sedikit berbeda dengan tipikal cover. Karaktermu tidak perlu harus bergerak ke suatu titik tertentu dan kemudian menekan cover, namun mereka langsung melakukan cover ketika berada di situasi dimana perlu melakukan cover.

Dead Space 3 memiliki fitur co-op drop-in/drop-out (walaupun bukan yang pertama, sebelumnya sudah ada melalui Dead Space: Extraction), dimana ketika dimainkan, mode ini bakal membuka detail story tambahan dan gameplay yang hanya terjadi selama karakter co-op, John Carver dimainkan. Menurut Visceral Games, pihaknya selalu ingin memasukkan mode co-op ke dalam Dead Space. Dan ketika kamu memilih bermain sendirian, John Carver juga bakal tetap muncul di sepanjang permainan sebagai NPC. Bagian penting dari mode co-op disebut Asymmetrical Dementia. Karena Carver masih kurang berpengalaman menghadapi Marker seperti halnya Isaac, maka ketika rekanmu bermain sebagai karakter kedua, dia akan mengalami halusinasi dan delusi, seperti uang dialami Isaac dalam game sebelumnya, dan itu pun tanpa diketahui pemain pertama yang mengendalikan Isaac.

Dead Space 3 Launch Trailer – Take Down the Terror

Masuk Akal, Isaac Adalah Seorang Insinyur

Benar, masuk akal, karena dia seorang ahli teknik, Isaac mahir merangkai senjata yang lebih besar dan lebih hebat dengan resource yang tepat. Kamu bisa bisa memanfaatkan robot pencari untuk memburu part yang diperlukan, resource, dan blueprint untuk membangun senjata custom. Ada banyak kombinasi yang bisa kamu temui, dan hasilnya bisa mempengaruhi status dan fungsi senjata primary dan secondary. Jika weapon crafting terlalu rumit, kami tinggal mencari blueprint yang bisa langsung menghasilkan senjata standar. Kemudian kamu juga bisa membeli resources secara online melalui microtransaction jika terlalu malas mencari semua yang diperlukan untuk merangkai senjata. Coba lihat video berikut yang menjelaskan mengenai weapon crafting. Dan mengenai microtransaction, berikut detail item yang bakal ditawarkan. Apa kalian mau membayar $0.99 hanya untuk membuat weapon crafting-mu lebih mudah?

  • Bot Capacity Upgrade $4.99
  • Bot Personality Pack $4.99
  • First Contact Pack Free
  • Marauder Pack $4.99
  • Sharpshooter Pack $4.99
  • Tundra Recon Pack $4.99
  • Witness the Truth Pack $4.99
  • Bot Accelerator $4.99
  • Epic Weapon & Resource Pack $2.99
  • Online Pass $9.99
  • Ultra Weapon & Resource Pack $1.99
  • Resource Pack $0.99

Dead Space 3 Weapon Crafting Gameplay

Dead Space 3 Dev Team Edition

Selain bonus pre-order yang membuat karaktermu superior dibandingkan musuh, Electronic Arts juga menawarkan Dead Space 3 ‘Dev Team Edition.’ Di bundel eksklusif ini ada patuk Marker setinggi 8-inchi (artifak alien yang ditemukan di Bumi pada tahun 2214), data pad aluminum, botol air yang bentuknya seperti med pack, custom notebook, beberapa kartu pos Peng, poster SCAF dan mini art book, yang semuanya tercakup dalam kotak metal khusus yang dihiasi angka yang menjadi urutan edisi Dev Tem tersebut dari 5,000 yang tersedia. Dibuat terbatas, hanya 5,000 yang disediakan, dan termasuk di dalamnya juga diberikan kopian Dead Space 3 untuk PC, Xbox 360 atau PS3. Harganya? Bisa kamu tebus seharga US $160 dan bisa kamu pesan dari sini. Namun jika kamu ingin isinya saja, tanpa gamenya, Electronic Arts men-charge US $100 yang bisa kamu cari dari sini.

Dead Space 3 Dev-Team Edition – Release Announcement

Dead Space 3 Dev Team Edition

DEAD SPACE 3 DEV-TEAM EDITION (US $160)

Contents:

  • 13″ SCAF Tin Crate
  • 8″ Ployresin Black Marker Statue
  • Aluminum Data Pad
  • Med Pack Water Bottle
  • Bound SCAF Jotter
  • 3 SCAF Posters
  • 6 Peng Postcards
  • 96 Page Mini Art Book
  • Kopi Dead Space 3 untuk platform pilihanmu (untuk PC hanya dalam bentuk disc)
  • DLC: Bundel First Contact (termasuk kostum First Contact Suit dan senjata Negotiator untuk gerakan memotong yang lebih presisi)
  • DLC: Bundel Witness the Truth (termasuk kostum Witness the Truth dan senjata Evangelizer). Lebih detail kedua bonus DLC tersebut, cek artikel kami sebelumnya di sini, atau video di bawah. Jika kamu ingin pre-order, kami sarankan memilih dari Amazon, karena selain mendapatkan US $20 untuk dibelanjakan untuk microtransaction dalam game, juga termasuk mendapat senjata keren Tesla Ennervator.

Dead Space 3 Limited Edition Gameplay Trailer

DEAD SPACE 3 DEV-TEAM EDITION ADD-ON (US $100)

Contents:

  • 13″ SCAF Tin Crate
  • 8″ Ployresin Black Marker Statue
  • Aluminum Data Pad
  • Med Pack Water Bottle
  • Bound SCAF Jotter
  • 3 SCAF Posters
  • 6 Peng Postcards
  • 96 Page Mini Art Book

[nggallery id=358]

Electronic Arts belum cukup menawarkan godaan bagi para penggemar game-game mereka. Dan menjadi bagian strategi cross item seperti yang pernah diterapkan Electroni Arts melalui Kingdom of Amalur: Reckoning dan Mass Effect 3, kamu bisa mendapatkan varian armor N7 yang digunakan Commander Shepard untuk game ini.

Caranya mudah, hanya dengan menyimpan data save Mass Effect 3 saat memainkan game ini. Dengan catatan, tentu saja data save-nya dari platform yang sama, entah itu data save yang tersimpan di Xbox 360, PlayStation 3 dan PC. Mau tahu bagaimana armor tersebut selama permainan? Cek saja video berikut!

Dead Space 3 – Mass Effect N7 Armor

Bonus Empat Mode Tambahan 

Dan sebelum kamu menikmati trailer terbaru yang dirilis kemarin, info terakhir yang kami dapatkan, setelah kamu menamatkan game ini sekali, akan ada empat pilihan baru nantinya. Pilihan tersebut adalah: New Game+, Classic Mode, Pure Survival Mode, dan Hardcore Mode.

New Game+ seperti namanya, memberimu kesempatan memainkan ulang game sambil membawa kembali semua upgrade dan weapon dari data save sebelumnya. Classic Mode yang hanya bisa dimainkan secara single-player, menghapus opsi crafting, dan menerapkan metode aiming klasik yang mengingatkan pada Dead Space original. Sedangkan Pure Survival menuntut resource management yang baik, karena hanya musuh saja yang bakal menjatuhkan resourde. Selain itu, tidak ada amunisi, health atau weapon pack.

Kemudian untuk Hardcore, kamu hanya memiliki satu life saja sepanjang permainan. Dan jangan harap ada kemudahan kembali ke check point terdekat, karena begitu kamu tewas selama bermain, maka kamu bakal kembali dari awal… benar-benar hardcore!! :)

Ok, cukup dengan chit-chatnya, berikut trailer terbaru yang penulis sebutkan di awal tulisan ini! Selamat menikmati… awas, ada sedikit spoiler di sana!

Dead Space 3 – Story Gameplay Trailer


SHARE
Previous articleUltralist: 10 MMOG Paling Dinanti di Tahun 2013
Next articleYuk Intip Komik Tomb Raider: The Beginning
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.