Penggalangan Dana untuk Membangun Death Star di Kickstarter Sudah Dimulai!

Mungkin kamu masih ingat, sekitar pertengahan Desember tahun lalu, ada seseorang bernama John D. Longmont yang mem-posting sebuah petisi di White House. Petisinya terdengar sedikit nyeleneh sih, dimana dia mendesak pemerintah Amerika Serikat untuk mengalokasikan dana guna membangun Death Star mulai tahun 2016. Tujuannya adalah untuk memperkuat pertahanan nasional, dan juga mempermudah eksplorasi luar angkasa jika dibutuhkan.

Meskipun petisi ini agak nyeleneh, namun banyak orang yang mendukung sehingga target dukungan 25.000 orang pun bisa dipenuhi. Tentu saja, karena sudah mencapai target dukungan, pihak White House pun harus menanggapi petisi ini. Melalui Chief of the Science and Space Branch at the White House Office of Management and Budget (panjang juga gelarnya) Paul Shawcross, pihak Gedung Putih memastikan proyek ini tidak akan dilaksanakan dan membeberkan beberapa alasannya yang bisa kamu simak di halaman responnya.

Nah, baru beberapa bulan petisi ini mereda, desakan lain untuk segera membangun Death Star pun kembali muncul. Kali ini melalui situs crowdfunding Kickstarter yang sukses mewujudkan beberapa proyek seperti OUYA dan GameStick. Ya, proyek pembangunan Death Star akhirnya muncul juga di Kickstarter, dan sama seperti proyek lainnya, proyek pembangunan Death Star ini pun membutuhkan dukungan orang-orang untuk memenuhi target dana sehingga proyek ini bisa terlaksana.

Adalah GNUT, salah satu member dan juga backer untuk beberapa proyek Kickstarter yang mem-posting proyek super ini. Untuk membangun Death Star, GNUT menuliskan bahwa mereka membutuhkan sekitar 20 Juta poundsterling, atau jauh lebih murah dari petisi sebelumnya yang membutuhkan dana $852 Quadrillion! Kenapa lebih murah? GNUT menjelaskan bahwa nanti proyek ini akan menggunakan seluruh sumber daya Open Source sehingga menekan biayanya. Tidak tanggung-tanggung, baru beberapa hari saja proyek ini tampil di Kickstarter, tercatat sudah ada 347 orang yang bersedia menjadi backer dan menyumbangkan dana total sekitar 50.000 poundsterling!

Pertanyaannya, apakah proyek ini benar-benar akan diwujudkan jika sudah mendapatkan target dana yang dibutuhkan? Jawabannya tidak, jika menilik pernyataan GNUT di akhir halaman Kickstarternya. Di akhir halaman, GNUT menuliskan bahwa tantangan utama dalam membangun Death Star ini adalah meyakinkan Kickstarter kalau ini adalah proyek main-main. Itulah sebabnya mereka mengatur target dananya setinggi mungkin, agar mustahil bisa dicapai dan berakibat mereka tentu harus susah payah untuk pergi ke luar angkasa guna membangun Death Star ini. :D

Hmm, anggap saja ada seorang investor yang benar-benar tertarik dengan proyek ini dan bersedia menyandang semua dananya. Kira-kira bagaimana ya reaksi GNUT? Atau mungkin kamu tertarik untuk menjadi salah satu penyandang dananya? Hehehe.. :D

[Sumber: Kickstarter]