BlackBerry Z10 Bisa Jalankan Aplikasi dan Game Android 4.1 Jelly Bean

Seperti PlayBook yang bisa menjalankan aplikasi Android, salah satu fitur pendukung BlackBerry 10 adalah opsi untuk menjalankan aplikasi Android. Jadi mereka developer aplikasi Android bisa memasukkan dan menjual aplikasi Android mereka ke toko aplikasi BlackBerry di BlackBerry World bersama semua aplikasi native BlackBerry 10.

Namun sayangnya, dari banyak laporan mereka yang telah mencoba BlackBerry Z10, aplikasi Android yang berjalan di sistem operasinya BlackBerry ini sangat lambat, tidak berhubungan langsug dengan sistem utama OS BlackBerry 10. Wajar saja, karena juga seperti aplikasi Android yang berjalan di tablet BlackBerry PlayBook, aplikasi Android yang bisa dijalankan di BlackBerry 10 sekadar emulasi saja. Bahkan aplikasi tersebut juga dibatasi maksimal sampai aplikasi Android Gingerbread, atau versi 2.3 saja, yang usianya sudah 2 tahun lalu. Dan memang dari sekitar 70 ribu aplikasi yang diklaim sudah eksis di BlackBerry 10, ada banyak aplikasi Android (sekitar 28 ribuan) yang bisa dikatakan tidak layak dijalankan melalui BlackBerry 10.

Kemudian melalui developer conference yang digelar kemarin, BlackBerry berusaha lebih memperhatikan fitur menjalankan aplikasi Android tersebut. Mereka akan mengusahakan agar emulator tersebut bisa mendukung aplikasi Android 4.1 Jelly Bean. Namun tidak disebutkan kapan langkah tersebut terelealisasi, apalagi Google sudah mulai berbeban dengan Android 4.2, dan juga aplikasi Android Gingerbread yang dijalankan pun juga tidak berjalan sempurna. Bersamaan dengan konfirmasi dukungan Android tersebut, BlackBerry juga mulai memberikan pada para developer BlackBerry 10 Dev Alpha C, yang kita kenal sebagai BlackBerry Q10 ber-keyboard QWERTY, dengan harapan ketika dirilis nanti sudah banyak aplikasi yang akan mendukung pengoperasian keyboard-nya.

Mengenai proses bagaimana bisa di dalam BlackBerry 10 ter-install aplikasi Android, seperti pada PlayBook, prosesnya agak rumit. Bukan sekadar mengambil file .apk dan kemudian meng-installnya, namun ada langkah khusus untuk men-sideload aplikasi Android berbasis .apk tersebut ke BlackBerry 10. Sayangnya tidak semua aplikasi Android bisa di sideloading. Hanya yang dikembangkan berbasis Java atau Adobe Air bakal bekerja, dan aplikasi yang menggunakan framework proprietary seperti milik Rovio atau Gameloft tidak bisa di sideloading.

Berikut langkah melakukan sideloading. Pertama kamu memerlukan BlackBerry Z10 yang sudah diaktifkan Development Mode-nya (ada di menu “Security and Piracy”). Kemudian hubungkan BlackBerry Z10 ke PC menggunakan kabel microUSB, siapkan aplikasi Android yang sudah di-convert dari ekstensi .apk ke .bar menggunakan BBHTool (langkah ini sama seperti ketika mau memasukkan aplikasi Android ke PlayBook). Atau jika tidak mau repot dengan proses merubah .apk ke .bar, langsung saja kamu masuk ke website Good Reader di sini, untuk menemukan semua aplikasi Android yang kompatibel dengan PlayBook dan juga BlackBerry 10 — tinggal download saja dan simpan di PC. Kamu juga perku download dan install program DDPB di PC — dan bisa juga membaca panduan install-nya di sini. Setelah siap, kamu bisa memilih aplikasi yang kamu inginkan dan memulai proseso sideloading file .bar ke BlackBery 10. Berapa lama proses instalasinya bergantung pada ukuran aplikasinya. Lebih jelasnya, bisa kamu lihat video berikut:

How to Load Android APPS on Blackberry Z10

Melengkapi informasi ini, memang BlackBerry 10 melalui tipe pertamanya Z10 baru dirilis di beberapa negara saja. Sedangkan di Indonesia, melalui data terbaru di Ditjen Postel, ada beberapa distributor yang sertifikatnya dicetak. Sementara distributor lainnya, yang makin bertambah banyak saja, masih mengajukan sertifikasi. Kapan dijualnya? Belum ada yang memberi kepastian. Memang sudah ada beberapa yang menjual melalui forum jual-beli online, di luar garansi distributor, dengan harga yang tidak masuh akal, di atas Rp. 10 jutaan.

Sumber: Good Reader


SHARE
Previous articleTunggangi Prinny dan Monster Lainnya di Disgaea Dimension 2
Next articleFilm Hitman Di-Reboot, Kini Agent 47 Diperankan Oleh Paul Walker
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.