Sony Belajar Dari Pengalaman PS3, PlayStation 4 Akan Dijual Dengan Harga yang “Wajar”

Sebelumnya kami sudah mengetahui jika Sony diprediksi bakal mengumumkan PlayStation 4 pada event PlayStation Meeting yang digelar 20 Februari 2013 mendatang. Belum juga event digelar, kembali muncul rumor baru sehubungan konsol generasi kedelapan dari kubu Sony tersebut.

PlayStation 4 nantinya bakal dijual dengan harga 40,000 yen (atau sekitar Rp. 4,2 jutaan), menurut laporan harian Jepang Asahi Shimbun. Ini bisa menjadi indikasi jika Sony berusaha mengambil langkah yang tidak terlalu agresif soal harga, seperti yang doterapkan oleh Nintendo melalui Wii U yang dianggap terlalu over priced jika dibandingkan dengan teknologi yang ditawarkan. Sony juga melihat kenyataan masa lalu, ketika mereka pertama kali merilis PlayStation 3 dengan harga US $599, banyak respon negatif langsung bermunculan menganggap harganya itu terlalu tinggi, apalagi dibandingkan rival terdekatnya, Xbox 360 yang sudah lebih dulu melihat matahari Bumi.

Sebagai perbandingan lagi, setelah dirilis pertama kali pada tahun 2006 lalu dengan harga $599, kini PlayStation 3 selama 6 tahun masa produktifnya sudah berkurang nilainya menjadi 24,980 yen di Jepang untuk tipe termurahnya, atau sekitar Rp. 2,5 jutaan. Jika benar PlayStation 4 bakal muncul dengan harga 40,000 yen di Jepang, semoga saja di wilayah lain juga tidak jauh meroket di atas Rp. 4 jutaan nantinya.

Asahi Shimbun juga menambahkan dari kabar yang sudah kita dengar sebelumnya. Seperti peluncurannya tahun 2013 ini di Jepang dan Amerika Serikat, dan Eropa meskipun tidak disebutkan, kemungkinan menyusul pada 2014 mendatang. Dan kita juga sudah tahu, jika kontroler PlayStation 4 bakal mengadopsi teknologi layar sentuh seperti PS Vita, namun agak kontradiktif dengan rumor sebelumnya, ukuran kontroler tersebut bakal tidak jauh berbeda dari Dual Shock 3.

Dari sisi Microsoft, memang masih adem ayem, belum ada kabar lanjutan kecuali yang sempat membuat geger beberapa hari lalu, bahwa Microsoft bakal menerapkan sistem satu portal ala online store seperti App Store-nya Apple yang terbukti manjur menekan pembajakan (ini berdasar permintaan developer dan publisher). Bahwa nantinya next Xbox-nya Microsoft  menuntut kita untuk selalu online, dan men-download dulu, buat satu akun profil ala iTunes dan Google, satu kali membeli gamenya, dan satu portal untuk kita mendapatkan gamenya. Jika rumor itu benar, maka khususnya di negara luar dengan masih bertebaran retailer yang menjalankan bisnis jual-beli game 2nd, mereka tidak akan laku lagi, karena gamenya bisa tinggal di-download saja seperti sistemnya Steam, dan langsung mainkan, asal kamu sudah membelinya dan terdata melalui profil yang kamu buat di Microsoft.

Kembali ke PlayStation 4, selain kabar mengenai standar harganya, kami juga mendapatkan beberapa gambar konsep render terbaru PlayStation 4, yang bisa kamu lihat di artikel ini. Memang bukan versi finalnya, namun setidaknya bisa menjadi bagian imajinasi kita dalam menggambarkan bakal seperti apa wujud konsol tersebut nantinya.

Sumber: Asahi


SHARE
Previous articleSerial Animasi Angry Birds Siap Mengudara Tahun Ini!
Next articleThe Next Xbox: Harus Selalu Online dan Anti Game Bekas!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.