The Next Xbox: Harus Selalu Online dan Anti Game Bekas!

Awal tahun ini, kita terus mendapatkan berita, baik yang masih rumor maupun yang sudah resmi mengenai bagaimana penerus X360 dan PS3 yang kabarnya akan memiliki nama X720 (atau Durango) dan PS4 (atau Orbis). Detail spesifikasi dari kedua konsol next gen ini pun sudah beredar di dunia maya. Bahkan, Sony sudah memberikan teaser bakal memperkenalkan PlayStation generasi baru ini di PlayStation Meeting 2013 yang akan berlangsung mulai 20 Februari 2013 yang akan datang.

Nah, kali ini kabar tidak kalah menariknya datang dari pesaing PS4, X720 atau yang banyak disebut sebagai The Next Xbox karena Microsoft belum mengkonfirmasikan namanya secara resmi. Dikutip dari Edge Online, X720 nantinya membutuhkan koneksi internet untuk menggunakannya, alias harus selalu online. Hal ini disebabkan karena nantinya Xbox Live akan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari konsol. Karena kewajiban harus selalu online ini pula, nantinya X720 tidak bisa memainkan game-game bekas meskipun nanti kabarnya game-game-nya juga akan hadir dalam bentuk fisik selain download. Setiap game fisik nantinya akan dikemas dalam kepingan Blu Ray berkapasitas 50GB, dimana masing-masing kopi game memiliki satu kode aktivasi yang hanya bisa diaktifkan satu kali dan terus “melekat” di profil gamer yang membeli kopi game tersebut.

Masih menurut sumber Edge Online yang kabarnya adalah salah satu orang pertama yang “menyentuh” The Next Xbox ini, beberapa spesifikasi yang sudah bocor di internet hampir semuanya benar. Itu artinya, X720 ini nantinya akan menggunakan kekuatan delapan core dari CPU AMD X64 1.6 GHz, kartu grafis D3D11.x 800 MHz, dan menggunakan RAM DDR3 sebesar 8GB. Untuk kapasitas HDD-nya, sumber tersebut menyebutkan bahwa sampai saat ini Microsoft belum menentukannya.

Meskipun baik PS3 maupun X720 menggunakan arsitektur hardware yang berbasis PC, namun untuk sistem operasinya sendiri beberapa developer kabarnya merasakan bahwa sistem operasi di X720 lebih memberatkan dibandingkan PS3. Selain itu, untuk mengembangkan game-game X720, developer juga tidak bisa menggunakan sembarang library, hanya diperbolehkan menggunakan library-library atau SDK (Software Development Kit) yang sudah disetujui oleh Microsoft. Microsoft kabarnya juga sudah menginvestasikan banyak untuk mengembangkan Kinect, yang kabarnya kali ini jauh lebih responsif dibandingkan Kinect generasi pertama. Kinect ini nantinya akan terpisah dari unit konsol, namun masih dalam satu paket jika kamu membeli X720. Mengenai motion controller, kabarnya Sony juga menyiapkan sistem kamera mirip dengan Kinect dan akan dipresentasikan dalam PlayStation Meeting 2013 nanti bersamaan dengan (rumornya) PS4. 

[Sumber: Edge Online]