Sebelum Xperia TX Muncul di Indonesia, Sony Mobile Ajukan Xperia V Lebih Awal

Bagi yang menunggu Xperia T LT30at (yang beken dengan nama Sony Mint) atau Xperia TX LT29i (nama lainnya Sony Hayabusa), bisa segera menyiapkan dananya… karena Sony Mobile Indonesia segera menjual Xperia TX di Indonesia. Selain itu, Xperia V LT25i, alias Sony Tsubasa, yang awalnya tidak diduga masuk ke Indonesia, ternyata malah hadir lebih awal.

Bahkan di website Sony Mobile Indonesia sama sekali tidak ada data Xperia V disana… jangan-jangan perilisan Xperia V ini hanya langkah untuk mengisi pasar saja ya :)

Xperia™ T – The Bond phone has arrived 

http://youtu.be/sGUlBr5Y4Y4

Awalnya kami menduga Xperia T atau Xperia TX yang akan masuk lebih dulu ke Indonesia. Kemudian Oktober 2012 lalu, dengan mulai dijualnya Xperia TX di Hongkong, kami makin yakin Xperia TX yang akan terpilih masuk Indonesia. Apalagi permohonan sertifikatnya di Ditjen Postel pun sudah diajukan lama, dan juga sudah dicetak, seharusnya Xperia TX yang lebih dulu hadir di Indonesia dibandingkan saudara selevelnya, Xperia V.

Data dari Ditjen Postel, Xperia Z dan Xperia ZL sudah didaftarkan sertifikatnya. Xperia TX yang sudah dicetak malah belum dijual sampai sekarang. Sedangkan Xperia V yang juga rencananya tidak masuk Indonesia, malah sudah dirilis.

Padahal Xperia V sendiri menjadi Xperia yang paling tidak diperhitungkan diantara ketiga Xperia yang menggunakan prosesor Snapdragon S4 Plus tersebut, sampai peluncurannya pun ditunda dimana-mana, meskipun akhirnya jadi dirilis awal Desember 2012 lalu di Singapura. Dan Indonesia, sebagai negara terdekatnya, baru merilisnya resmi minggu ini. Xperia V dijual dengan harga Rp. 5,499,000. Sedangkan Xperia TX, yang masih belum juga hadir, rencananya akan dijual dengan harga Rp. 5,6 jutaan. Harganya berdekatan, karena memang keduanya hanya memiliki beberapa perbedaan (cek di sini perbedaannya), dengan Xperia T atau Xperia TX layarnya 4.55-inchi, sedangkan Xperia V 4.3-inchi. Kemudian Xperia Z dan ZL yang juga sudah didaftarkan di website Ditjen Postel Indonesia, dan promosinya begitu gencar dimana-mana, ukurannya 5-inchi, atau setara dengan kelas “smartphone raksasa.”

Harga yang dipatok Sony Indonesia untuk Xperia TX tidak jauh beda dengan harga di luar, yang jatuhnya sekitar Rp. 5.800.000. Sedangkan untuk Xperia Z nanti diprediksikan akan muncul dengan harga antara Rp. 6,5 – 7,5 jutaan. Demikian Xperia V ini bisa menjadi opsi yang paling murah untuk mereka yang berharap kinerja. Namun penulis tetap beranggapan kombinasi Snapdragon S4 Play, desain yang cakep, dan ukuran layar yang nyaman, membuat Xperia TX lebih menarik daripada Xperia V! Kecuali kamu berharap mendapatkan smartphone anti air dan debu, namun juga mendukung koneksi 4G LTE, pilihannya tetap pada Xperia V.

Xperia™ V – The Water Resistant Smartphone from Sony

Kembali ke Sony Xperia V, si Tsubasa mulai dijual minggu ini di gerai Sony Mobile dengan harga Rp. 5,499,000. Beberapa spesifikasi dari Xperia V, layar Reality berukuran 4.3-inchi dengan resolusi HD 1,280 x 720-pixel, prosesornya dual-core 1.5GHz Snapdragon S4, RAM 1GB, 8GB internal storage, microSD, kamera utama 13-megapixel, kamera sekunder VGA, WiFi a/b/g/n, Bluetooth 4.0, NFC, port infrared, dukungan koneksi 4G LTE, baterai kapasitas 1,750mAh yang bebas bisa digonta-ganti, dan casing dengan ketahanan goncangan, goresan, debu, dan air untuk kedalaman 1 meter selama 30 menit — walaupun desain casingnya sama sekali tidak memperlihatkan ketahanan untuk dicelupkan ke air (penulis sempat mencobanya dan penutup baterainya bisa dibuka dengan mudah).

Xperia V dirilis dengan tiga pilihan warna. Namun penulis baru mendapati warna hitam dan putih saja di gerai Sony Mobile Indonesia.

Info terbarunya, walaupun Tsubasa dirilis di Indonesia dengan Android 4.0 Ice Cream Sandwich, namun Sony sudah menyiapkan update Android 4.1.2 Jelly Bean, dan saat ini sudah di-push ke user di Denmark, Swedia, Norwegia, dan Swiss, jadi seharusnya pengguna di Indonesia juga akan segera mendapatkan update Jelly Bean tidak lama lagi. Firmware baru ini berkode 9.1.A.0.490, yang sama dengan versi firmware Jelly Bean untuk Xperia T (versi 9.1.A.0.489). Demikian Sony sudah memenuhi janji update Jelly Bean untuk keluarga Xperia. Memang untuk Xperia V rencana updatenya selama Februari dan Maret 2013.

Xperia™ V – The ultimate LTE Smartphone experience

Xperia™ T – The ultimate HD experience

Xperia™ V – 3D View

Xperia™ T – 3D View


SHARE
Previous articleReaksi Cinta Laura Terpilih di Resident Evil 6
Next articleMonsters University Extended Preview Bersama Dan Scanlon
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.