Duniaku Recap: Top Trending Articles of the Week!

Awal Februari 2013 sepertinya mulai mereda, pasca Januari yang penuh dengan event, dengan terakhir Research in Motion, produsen smartphone BlackBerry, yang mulai akhir Januari lalu juga merubah namanya menjadi BlackBerry, mereka mengkonfirmasikan sistem operasi BlackBerry 10 dengan wakil pertamanya BlackBerry Z10. Tidak sebelum sepekan mendatang, yang sudah dijadwalkan oleh Sony Computer Entertainment mengadakan event yang diduga akan menguak misteri PlayStation4. Dan menyusul kemudian pada 25 Februari, kembali ajang bergengsi si dunia ponsel dunia berlangsung, Mobile World Congress 2013. Tim Duniaku sudah bersiap menyambut beberapa “gawe” menarik tersebut, dengan memberi lebih banyak bumbu pada rumor yang selalu muncul. Toh setiap rumor yang beredar pasti ada asapnya… So, sebelum kita kembali memperbesar “api” rumor tersebut menjelang beberapa ajang besar yang terjadi selama Februari 2013 ini, mari kita lihat kembali artikel apa saja yang menjadi highlight di Duniaku minggu sebelumnya.

Dan yang paling menghebohkan tidak lain adalah… Cinta Laura! Penulis pribadi mengenalnya melalui lagu “Oh Baby,” dan suara ringtone yang khas, “mana ujan, becek, gak ada ojek!” Kalau kalian mungkin lebih familiar mengetahui dara bernama lengkap Cinta Laura Kiehl itu sebagai salah satu artis muda berbakat dari Indonesia, blasteran  Jerman – Indonesia, penyanyi, dan juga model. Sama sekali tidak pernah terpikirkan dia bisa masuk daftar artis yang membintangi film sekaliber Resident Evi 6l…. yup, kehebohan di awal pekan kemarin adalah karena namanya bertengger di IMDB bersama Chad Michael Collins, Mary Elizabeth Winstead dan Sean Roberts untuk membintangi seri baru film Resident Evil. Kok bisa? Bukanya bermaksud meremehkan Cinta Laura, namun kami sendiri sudah curiga, karena ada beberapa kejanggalan pada daftar cast tersebut. Dan ternyata benar, apa yang tertera di halaman IMDB tersebut tidak lain hasil rekayasa hacker yang mengacak-acak website IMDB. Yang menjadi pertanyaan, kenapa yang dipilih Cinta Laura? Jangan-jangan hackernya dari Indonesia ya :) Jangan ketinggalan membaca reaksi si Cinta atas “keterlibatan” dirinya dalam tragedi Resident Evil 6 tersebut.

Masih dari figur dari Indonesia, yaitu Touchten, yang Desember 2012 tahun lalu mulai membawa game mereka Infinite Sky ke Jepang dan China. Untuk menembus pasar China dan Jepang ini, Touchten bekerja sama dengan salah satu publisher di China, Yodo1. Dan yang membanggakan, game karya developer Indonesia tersebut bisa diterima dengan baik di China.  Di sana, Infinite Sky yang berubah judul menjadi Sky Beauty berhasil meraup lebih dari 100.000 download hanya dalam minggu pertama saja! Sebuah awal yang baik mengingat begitu banyaknya pilihan game lain di App Store China.

Suasana ketika komunitas game di PENS mengadakan pelatihan.

Sepertinya prospek pengembangan game begitu besar ya, dan makin banyak minat para pemuda Indonesia yang ingin mempelajari lebih jauh detail teknologi pengembangan video game. Jangan kuatir, ada wadahnya kok. Jika di cerita sebelumnya, untuk menanggapi banyaknya peminat dalam dunia pengembangan game, Binus akan membuka jurusan pengembangan game di Jakarta, maka kali ini di Surabaya juga tidak kalah cepat, karena Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) juga akan membuka program diploma 4 jurusan teknologi game.

Ultrash, game beat ’em up dari Ulin yang mengikuti CREATE Game Jam

Dan mungkin artikel ini bisa membuatmu lebih tertarik pada prospek dunia game, khususnya mobile gaming. Duniaku berkesempatan mewawancarai Ulin Gameworks, salahsatu studio game asal Indonesia yang ikut serta dalam ajang kompetisi pengembangan game dalam waktu singkat yang diadakan OUYA, yaitu  CREATE Game Jam. Dalam ajang tersebut Ulin Gameworks mengembangkan satu game berjudul Ultrash untuk mengikuti kompetisi dengan hadiah total US $45.000. Duniaku berkesempatan untuk mewawancarai Primawan Satrio Bindono, CTO dari Ulin Gameworks. Dia banyak berbagi tentang alasan mereka mengikuti CREATE Game Jam, dan kiat dalam pengembangan game, khususnya untuk OUYA. Sangat menarik dan bisa menjadi inspirasi kalian yang juga ingin bergelut di dunia game!

Kemudian mengiringi rumor yang juga banyak disinggung beberapa minggu belakangan adalah kabar Sony (dan juga Microsoft) yang sudah siap-siap meluncurkan konsol next-gen mereka. Sony memulai langkah pertama, dengan memberi petunjuk bahwa mereka akan mengungkapkan penerus PlayStation 3 di acara PlayStation Meeting yang bakal digelar 20 Februari mendatang. Kebenarannya memang belum bisa dipastikan, namun melihat keadaan yang mulai memanas akhir-akhir ini, dan rumor yang terus bermunculan, mulai dari berapa perkiraan harga PlayStation 4 nantinya yang kabarnya hanya dijual dengan harga Rp 4-5 jutaan, dan juga rumor baru yang menyebutkan teknologi dual-camera yang akan diterapkan pada sensor kamera baru PlayStation Eye… sepertinya kita harus mengucapkan selamat datang pada penerapan teknologi augmented reality untuk video game, dimana penggunaan kamera (atau proyektor jika disamakan dengan rencana IllumiRoom-nya Microsoft) tambahan bakal berperan dalam membuat video game dan ruangan di sekitar kita memainkannya menjadi lebih nyata. Kemungkinan penerapan teknologi lainnya, konsol next gen sepertinya akan dibuat untuk selalu online untuk membatasi pembajakan…

Kemudian dari kategori game, sesuai dengan banner yang terpasang di halaman depan Duniaku, kamu para penggemar Dead Space 3 bisa masuk ke dua ulasan khusus kami untuk game tersebut, yaitu update preview yang menjelaskan banyak mengenai keseluruhan cerita dan mode permainan yang bisa kamu temui selama memainkannya, sepuluh fakta menarik seputar serial Dead Space, kumpulan artwork Dead Space 3, dan tak ketinggalan artikel rutin Nonton Yuk, yang mengumpulkan beberapa film animasi dari Dead SpaceDead Space: Aftermathdan Dead Space: Downfall, untuk melengkapi pengetahuanmu akan serial game – animasi fiksi ilmiah yang memang saling berhubungan satu sama lain.

Dan jika kamu memang tidak mau ketinggalan beberapa suguhan menarik kami seminggu kemarin, akan kurang jika tidak membuka ulasan mengenai remake Resident Evil: Revelations, yang juga menyertakan sedikit proyeksi seperti apa masa depan serial game horor tersebut. Berita penundaan rilis Grand Theft Auto V, game dengan budget di Hollywood kelas atas tersebut juga sempat menjadi trending topic tersendiri, karena memang sudah banyak penggemarnya yang menanti kehadirannya. Kemudian yang tak kalah menarik adalah kepastian Marvel yang akan memperluas Universe-nya, dengan memasukkan Planet Hulk untuk ke dalam The Avengers 2. Ia kemudian mengatakan kalau Planet Hulk kemungkinan akan dibuat filmnya, bersama dengan alur cerita World War Hulk. Sisi baik dibalik campur tangan Disney untuk ikon-ikon Marvel, akan ada banyak film spin-off bisa kita nikmati. Seperti kabar mengenai film spin-off pertama serial Star Wars yang akan dibintangi oleh Yoda.


SHARE
Previous articleIkuti Closed Beta MayaPadha, Game Bernuansa Lokal dari Agate Jogja!
Next articleHTC One Menjadi Nama Resmi HTC M7, Menantang Nokia PureView Dengan Ultrapixel
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.