Real Racing 3 Dirilis Akhir Februari 2013, Gratis Untuk iOS dan Android

Banyak yang sudah menunggu hadirnya Real Racing 3, game racing yang dianggap sebagai manifestasinya Gran Turismo untuk kelas mobile. Setelah terakhir kami mengetahui detail mode multiplayer-nya, kini berita terbaru menyinggung mengenai kepastian harganya.

Kabar ini kami dapatkan dari dua sumber. Pertama melalui forum resmi FireMonkeys selaku developer, yang menyebutkan kapan bakal dirilis dan statusnya yang ternyata menjadi game free-to-play. Yup, game dengan grafis yang mengagumkan ini bakal bisa dinikmati tanpa sepeser duit pun (kecuali paket data untuk men-downloadnya). Di thread yang di-post oleh FireMonkeys disebutkan tanggal rilisnya 28 Februari 2013 nanti untuk iOS dan Android, serta bisa diakses melalui Apple iTunes, Google PlayStore atau Amazon App Store.

Sedangkan kabar gratisnya game ini diungkapkan langsung oleh Electronic Arts selaku publisher (karena merekalah yang berhak menentukan harga). Melalui wawancara Bloomberg kepada Nick Earl, senior vice president EA untuk divisi mobile dan  social game development, disebutkan jika EA ingin Real Racing 3 menjangkau pasar casual yang lebih luas, dan membuatnya gratis.

Seperti diungkapkan Nick Earl, “Electronic Arts akan lebih menarik bagi pengguna yang casual yang lebih luas dengan membuat game multiplayer “Real Racing 3” gratis.” Earl menambahkan, “Jumlah gamer yang pindah ke platform mobile sangat luar biasa, dan belum ada tanda migrasi ke mobile itu akan melambat.”

Wajar EA melakukan langkah ini. Mereka berusaha membuat game mobilenya untuk lebih dikenal dahulu, agar menarik para pemain konsol, atau mereka yang sekadar memiliki smartphone dan tablet, namun ingin mencoba game yang bermutu. Satu alasan, berdasarkan penelitian NPD Group, angka penjualan game konsol justru turun  21 persen dibandingkan tahun lalu. Sebaliknya, penjualan game mobile meningkat sekitar 18 persen dibandingkan periode sebelumnya.

Dirilis gratisan, kami yakin bakal ada banyak item in-app-purchase yang pasti bisa menyedot banyak uangmu. FitreMonkeys sendiri menyebutkan, jika saat dirilis nanti Real Racing 3 menyediakan 46 kendaraan berlisensi melalui 3 kelas 22 car grid, lintasan nyata, 8 event yang bervariasi untuk total lebih dari 900+ event. Mereka juga akan rutin mengupdate game tersebut dengan content baru. Sedangkan detail in-app-purchasenya belum kita ketahui. Bisa jadi, tidak semua mobil dan lintasannya bisa diakses, atau ada elemen modifikasi yang memaksa kita berbelanja di App Store.

Sumber: Bloomberg


SHARE
Previous articleAnime: Para Karakter di Pra-Rilis Devil Survivor 2!
Next articleSmartphone Termewah Vertu Ti, Handmade In England. Powered by Android
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.