Rumor: Pentingnya Install Game dan Penggunaan Kinect di Xbox 720 Durango

Setelah kemarin kita mendapatkan rumor terbaru dari PS4 tentang PlayStation Eye generasi baru yang siap menemaninya, kali ini rumor datang dari pesaingnya, The Next Xbox atau yang sering disebut dengan X720 atau Durango. Rumor kali ini terkait dengan detail dari spesifikasi Durango yang bocor dari development kit-nya dan juga menyangkut pentingnya Kinect dalam konsol baru yang dirumorkan bakal dirilis akhir tahun 2013 ini.

Pertama tentang pentingnya Kinect untuk Durango. Nantinya, setiap Durango akan dijual langsung satu paket dengan Kinect, sehingga nantinya Kinect bukan hanya sekedar aksesoris melainkan bagian yang terintegrasi dengan Durango. Kinect ini sangat penting untuk menggunakan Durango, dimana sebelum menggunakan Durango, kamu diharuskan terlebih dahulu untuk melakukan kalibrasi terhadap Kinect ini. Kinect generasi baru ini akan mendeteksi jumlah pemain yang ada di ruangan tersebut, yang disebut-sebut bisa mengakomodasi maksimal enam pemain dalam satu ruangan. Pemain-pemain inilah yang nantinya bisa menggunakan Durango untuk bermain, dan yang bisa dideteksi pergerakannya oleh Kinect saat masuk dalam gameplay. Kinect generasi baru ini diklaim lebih canggih dari Kinect sebelumnya, dimana kali ini Kinect bisa mendeteksi pergerakan jempol, melihat apakah telapak tangan kamu terbuka atau tertutup, dan membaca emosi wajah. Selain itu, Kinect baru ini juga akan memiliki sudut pandang yang lebih besar dibandingkan Kinect yang kita kenal saat ini.

Inikah bentuk development kit dari Durango?

Fitur penting kedua dalam Durango adalah HDD-nya. Menurut sumber bernama SuperDae yang sempat diduga menjual beberapa development kit dari Durango di Ebay ini, semua Durango yang dijual akan memiliki kapasitas HDD sebesar 500 GB, yang dibutuhkan untuk meng-install semua game Durango. Ya, Durango mengharuskan kamu untuk meng-install game kamu ke HDD sebelum menggunakannya untuk bermain. Berbeda dengan fitur instalasi dalam PS3, fitur instalasi dari Durango bisa berjalan dalam beberapa bagian, sehingga di satu titik saat meng-install, kamu bisa memainkan game tersebut sembari menunggu Durango menyelesaikan instalasinya. Jadi, Durango tidak bisa membaca game dari disc yang kabarnya menggunakan Blu Ray 50GB ini, melainkan hanya bisa membacanya dari HDD.

Durango disebut juga memiliki RAM 8GB DDR3 yang siap untuk dijejali dengan multitasking. Artinya, saat bermain nanti kamu bisa menghentikan permainan kamu sementara, lantas berganti ke aplikasi lainnya secara cepat dan tidak perlu khawatir data-data permainan kamu yang terhenti tadi hilang. Seperti yang sudah bocor sebelumnya, Durango akan menggunakan kekuatan prosesor delapan core 64-bit dengan kecepatan 1,6 Ghz untuk masing-masing core-nya, GPU DirectX 11.x dengan kecepatan 800 Mhz, memiliki dukungan untuk WiFi dan port ethernet, serta kecepatan baca dari HDD yang mencapai 50MB setiap detiknya.

Blok diagram dari Xbox 720 Durango seperti dikutip dari Kotaku

Rumor detail lainnya adalah untuk kontrolernya. Masih menurut sumber yang sama, kontroler untuk Durango akan mirip dengan kontroler X360 dalam segi bentuk, namun menggunakan teknologi wireless yang berbeda sehingga kamu tidak bisa menggunakan kontroler X360 untuk Durango. Selain itu, Durango juga aka mendapatkan dukungan Smart Glass memanfaatkan teknologi kombinasi antara motion sensor dalam tablet atau smartphone kamu dengan Kinect, sehingga nanti penggunaan Smart Glass ini akan sedikit mirip dengan penggunaan Gamepad di Wii U.

Apakah semua rumor ini menjadi kenyataan? Kita tunggu saja konfirmasi resmi dari Microsoft yang akan memperkenalkan Durango ini di E3 2013 yang akan datang menurut teaser yang diberikan oleh Major Nelson. Sembari menunggu E3 2013, kemungkinan besar kita akan tahu lebih dulu tentang PS4 yang menurut kabar akan diperkenalkan Sony dalam acara PlayStation Meeting 2013 pada 20 Februari 2013 yang akan datang.

[Sumber: Kotaku, VG247]


SHARE
Previous articleCapcom: Lebih Penting IP Baru Dibandingkan Reboot
Next articleMenyeringai Bisa Mengubah Jalannya Pertarungan di Shin Megami Tensei IV
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.