Android 4.2.2 Jelly Bean Mulai “Didorong” Masuk ke Dalam Ketiga Nexus Google

Mereka pengguna LG Nexus 4, yang sudah dirilis di Indonesia sejak 12 Januari 2013 lalu, seharusnya sudah mendapatkan notifikasi update Android versi 4.2.2 Jelly Bean yang dirilis Google per 11 November 2013 kemarin. Jelas kita pengguna Android non Nexus harus menunggu lama untuk merasakan pembaruannya, namun ada baiknya kita tahu apa saja revisi yang dilakukan Google untuk versi baru tersebut.

Versi 4.2 masih Jelly Bean? Memang penamaan Google untuk versi baru Android mereka agak membingungkan ya. Sedikit mengingatkan, Google pertama kali menggunakan nama Jelly Bean untuk Android 4.1, yang muncul bersama Asus Nexus 7 yang dirilis 13 Juli 2012 — di Indonesia baru dirilis 1 November 2012, dan saat ini varian 32 GB-nya bisa didapatkan dengan harga 2.9 jutaan. Bisa kamu baca impresi kami di sini, Android 4.1 tersebut menawarkan kinerja dan fungsi keseluruhan Android meningkat melalui “Project Butter,” menghasilkan animasi yang halus dan mampu merespon sentuhan jari dengan lebih sigap, plus memperbaiki masalah frame rate Android yang sebelumnya tidak stabil pada 60 bingkai-per-detiknya.

Berlanjut kemudian dengan Android 4.2, yang dirilis oleh Google pada 13 November 2012 lalu, dengan wakil perdananya adalah LG Nexus 4 dan Samsung Nexus 10. Bisa kamu baca impresinya di sini, Android 4.2 yang sebelumnya dirumorkan menggunakan julukan Key Lime Pie tersebut menawarkan beberapa fitur tambahan yang melengkapi kelembutan antar muka Prohect Butter. Beberapa diantaranya seperti kamera “Photo Sphere” yang menciptakan efek panorama 360 derajat, default keyboard yang mendukung sapuan jari ala Swype, serta yang penulis sukai adalah Quick Setting di area panel notifikasi yang menawarkan akses setting yang lebih dalam.

Sebelum Google memberikan update Android 4.2.2 pada 11 Februari 2013 lalu, terakhir pada 27 November 2013 lalu, Google menawarkan Android 4.2.1, dengan perbaikan pada aplikasi People (dimana kamu mencari kontak), dan menambahkan gamepad serta joystick Bluetooth sebagai jembatan mengoperasikan perangkat HID semacam keyboard dan mouse. Kemudian untuk Android 4.2.2 ini, beberapa perubahan yang diterapkan Google antara lain:

  • Memperbaiki bug Bluetooth audio streaming
  • Sentuh dan tahan ikon Wi-Fi dan Bluetooth di Quick Settings untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fungsi bersangkutan
  • Kini notifikasi download menunjukkan indikator prosentase dan estimasi kapan berakhirnya download tersebut
  • Edek suara notifikasi baru untuk aktivitas wireless charging (memerlukan perangkat docking tambahan) dan low battery
  • Menghapus opsi yang menunjukkan semua calls di aplikasi Phone
  • Ada animasi baru di aplikasi Gallery yang memungkinkan loading yang lebih cepat
  • Whitelist USB Debug, jadi ketika menghubungkan Nexus 4 melalui adb ke PC pertama kali, kamu diperintahkan untuk mengijinkan koneksi tersebut. Sistem keamanan kecil ini menghindarkan bootloader-mu terkunci seandainya kamu kehilangan smartphone-mu (jadi tidak mungkin jika ada yang berusaha mereset-nya melalui koneksi adb, karena hanya mau berhubungan dengan PC yang sudah kamu daftarkan di bootloader).
  • Bug fixes dan perbaikan kinerja

Berikut di bawah ada dua gambaran lebih jelas melalui screenshot dari pembaruan tersebut, yang filenya memang masih dalam proses di-push oleh Google ke semua region, jadi belum semua Nexus 4 akan segera mendapatkan notifikasi update-nya. Update dengan build JDQ39 ini berukuran 54MB, dan didorong secara OTA, walaupun bisa kamu download langsung melalui Google di sini dan meng-install secara manual melalui custom recovery atau sideloading — sayangnya setelah proses upgrade tersebut jika kamu sudah memasukkan custom recovery, maka recovery akan hilang, jadi harus flash ulang custom recovery-nya.

Tampilan notifikasi download di atas menunjukkan prosentase dan juga estimasi kapan selesainya download.

Kemudian Quick Setting, kini kamu bisa menahan di kolom Bluetooth dan Wi-Fi untuk men-toggle on atau off.

Oh ya, update dengan build JDQ39 ini juga sudah tersedia untuk Nexus 7 dan Nexus 10. Update ini selain membawa pembaruan antar muka seperti di atas, juga memperbaiki ketahanan baterai untuk kedua perangkat tersebut. Nexus 7 diklaim mampu bertahan aktif lebih lama dua jam menjadi 10 jam. Bisa kamu install secara manual dengan men-download file-nya dari sini untuk Nexus 7, dan untuk Nexus 10 dari link ini.


SHARE
Previous articleUniversal Pictures Luncurkan Trailer Kedua Oblivion!
Next articleDie Hard Infographics, ‘Prestasi’ John McClane Sepanjang Sejarah Die Hard
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.