Kabar Terbaru Xbox 720 dan PlayStation 4, Mulai Asisten Pribadi Hingga Kontroler Unik

Tinggal menghitung hari dimulainya genderang “perang” konsol next-gen, dengan dugaan kuat Sony akan mengkonfirmasikan PlayStation 4 selama PlayStation Meeting 20 Februari 2013 besok, dan Microsoft yang juga diprediksi menyusul selama event Electronics Entertainment Expo 2013 yang berlangsung 11 Juni 2013 mendatang. Keduanya berusaha mencapai target merilis kedua konsol tersebut selama liburan akhir tahun 2013 ini. Bagaimana langkah keduanya dalam membangun momentum sebelum konfirmasi resminya? Berikut beberapa berita info sehubungan Sony, Microsoft dan konsol mereka yang muncul minggu ini.

Microsoft Xbox

Pertama dari Microsoft, mereka memulau awal pekan dengan milestone baru yang dicapai perangkat gamenya. Melalui akun Twitter-nya, Lawrence “Larry” Hryb atau juga dikenal di Xbox Live dengan gamertag Major Nelson, mengungkapkan jika penjualan Xbox 360 sudah melampauin 76 juta unit. Pernyataan ini juga didukung press release Microsoft di link ini.

Achievement baru ini disebarkan Larry Hryb melalui akun Twitter-nya. Selain itu, dia juga menyebutkan jika penjualan Kinect sudah mencapai 24 juta unit, dan Xbox Live kini memiliki 46 juta pelanggan tetap. Saat ini Microsoft Xbox 360 tercatat sebagai konsol video game keempat terlaris dunia, yang sementara masih dipimpin oleh Sony PlayStation 2, PlayStation dan kemudian Nintendo Wii.

Kemudian rumor baru sehubungan dengan “the next Xbox” yang memiliki kode nama Durango, atau kita gamer familiar menyebutnya sebagai Xbox 720, bakal menerapkan engine pendeteksi suara yang natural. Aplikasi dan hardware tersebut memungkinkan Xbox 720 memproses tangkapan suara natural manusia, seperti yang banyak diterapkan pada banyak engine speech-to-text atau asisten pribadi smartphone pada umumnya, contohnya gampangnya Siri-nya Apple iPhone atau S Voice-nya Samsung Galaxy. Jadi nantinya, bukanya menyuarakan perintah “Xbox, play 3,” kamu bisa berkata “Xbox, where can I watch The X-Files?“, maka AI pendeteksi suaranya yang cerdas akan memikirkan maksud perkataannmu dan mencari jawaban atau solusi yang tepat.

Dan berkat penerapan teknologi ini, yang sebenarnya juga sejalan dengan konsep IllumiRoom yang didemokan Microsoft selama ajang CES 2013 Januari lalu. kita bakal bisa mengendalikan Xbox 720 dengan hanya perintah suara. Fungsi speech-to-text pun juga mungkin dilakukan, yang bisa mempermudah kita dalam menuliskan pesan, tanpa harus bergantung pada keyboard. Misalnya, ketika menyusun pesan Xbox Live dengan perintah suara — hanya saja untuk gamer di wilayah tertentu, apakah Microsoft menyediakan engine bahasa lokal itu yang menjadi kendala. Selain itu hardware pendeteksi suara tadi juga membuka kemungkinan Kinect mendeteksi berapa banyak orang yang berada di dalam ruangan, dan menyarankan permainan multiplayer yang sesuai.

Sejauh ini kita juga sudah mengetahui jika versi upgrade Kinect, yang sebelumnya dikenal sebagai Project Fortaleza, bakal disematkan ke dalam Xbox 720. Baca saja di artikel ini untuk lebih jelasnya. Jika benar adanya, maka seharusnya Kinect terbaru itu menerapkan voice recognition yang jauh lebih baik, selain juga sensor kameranya yang makin meningkat kemampuannya, sampai bisa menangkap detail jari-jari kita.

Sony PlayStation

Untuk Sony, kami mengetahui awal pekan ini jika PlayStation 4 nantinya bakal langsung memaketkan PlayStation Eye yang juga lebih advance secara teknologi. Mungkin Sony sudah membaca rencana ke depan Microsoft dengan Kinect barunya, maka Sony pun menerapkan dua kamera dengan lensa wide-angle yang resolusinya HD 720p, demikian memiliki area jangkauan yang lebih luas dari kamera sebelumnya. Dual Camera tersebut nantinya juga didukung 4 buah microphone, untuk mengadopsi fitur yang sudah kamu baca di atas melalui Kinect baru. Belum jelas apakah microphone tersebut mampu mendeteksi suara yang natural.

Sony juga diketahui akan mencoba memasukkan metode permainan baru yang khas, bukanya mengajukan spesifikasi hardware yang tinggi. Sepertinya Sony sudah capek “beradu otot” dengan Microsoft, dan mereka memilih strategi Nintendo dengan GamePad-nya Wii U untuk PlayStation 4 mereka. Belum jelas juga apa maksud cara permainan baru tersebut, apakah ada hubungannya dengan fungsi touch pad pada kontroler barunya nanti? Ada dugaan cara permainan baru tersebut lebih menekankan pada fungsi koneksi dengan perangkat lain. PS Vita jelas masuk hitungan, namun Sony sepertinya akan menarget platform yang lebih luas, yaitu mobile (khususnya Sony Xperia) dengan smartphone dan tablet Android. Yah, mirip-mirip lah dengan apa yang sudah disiapkan Microsoft dengan Xbox SmartGlass mereka.

Kemudian hari ini, kami mendapatkan kabar baru, sebuah foto yang diduga menunjukkan versi purwa rupa dari kontroler baru PlayStation 4. Banyak detail desainnya ternyata masih sama seperti tipikal DualShock, yang sebelumnya oleh Sony berencana akan diganti desainnya. Pada foto itu terlihat juga beberapa perbedaan dari DualShock yang kita kenal sebelumnya, seperti stick analog yang berbeda (lebih cekung seperti pada analog Xbox 360, PS3 analognya cembung), dan juga D-pad yang bentuknya mirip dengan yang dipasang pada PS Vita.

Sedangkan beberapa hal baru yang sejalan dengan rumor sebelumnya, seperti apa yang terlihat di bagian tengah, bidang sentuh yang ukurannya lebih kecil dari bidang sentuh pada tubuh belakang PS Vita, ada speaker di bawah bidang sentuhnya, dan di atas bidang sentuh ada semacam kotak yang bersinar. Lampunya sih mirip seperti yang digunakan Sony untuk PlayStation Move, dan bisa jadi kontroler ini langsung mengusung sensor gerakan ala PS Move. Bidang bersinar itu pun bisa ditekan lho!

Sumber gambar: IGN

Oh ya, di sebelah kiri bidang sentuh ada tombol lain, yang sementara ini diduga sebagai tombol share, fungsinya seperti tombol share pada tipikal smartphone/tablet, untuk membangukan konten, seperti screenshot atau video klip ke media lain, atau jejaring sosial. Plus yang agak aneh, tombol Start dan Select-nya hilang, yang ada tombol berlogo PS di bawah speaker.

Jika benar ini adalah versi purwa rupa, dan benar diambil dari markas R&D Sony, kita bisa mempercayai kebenarannya. Desainnya memang sedikit berbeda dengan Dual Shock yang kita kenal, oke masuk dengan rencana perubahan desain. Dan di sana ada beberapa fitur yang sudah direncanakan sebelumnya oleh Sony, oke, itu juga masuk. So, kita bisa simpulkan, inilah desain kontroler PlayStation 4 nantinya. Apakah kalian puas dengan perubahan tersebut?

Untuk kabar lain mengenai kedua konsol next-gen tersebut, pastikan kamu mengklik tag PlayStation 4 dan Xbox 720 dari kami.

Sumber: IGN


SHARE
Previous articleMenjaga Kebersihan ala Titok dan Kawan-kawan!
Next articleDebut Screenshot Resmi Ninfia, Evolusi Baru Eevee di Pokemon X & Y
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.