Backward Compatibility di PlayStation 4, Game-game Sony Bisa Dinikmati via Streaming

Ketika kami mengetahui jika ternyata Sony bakal menggunakan prosesor AMD untuk PlayStation 4 mereka, yang kabarnya akan diungkapkan pada 20 Februari besok, satu yang terbesit adalah, bagaimana nasib prosesor Cell? Dengan beralih ke hardware yang baru, dukungan backward compatible jelas hilang. Apa hadirnya PlayStation 4 ini sama saja “menghabisi” kakaknya, PlayStation 3?

Bisa ya, namun bisa juga tidak secepat itu. Karena pasca Sony mengakuisisi Gaikai dengan biaya sekitar US $380 juta, layanan online berbasis cloud yang memungkinkan kita men-streaming game melalui internet secara real time melalui remote server, dan mengirimkannya ke kita melalui frame video yang telah di-compress, ada satu asa untuk tetap menjalankan game PlayStation 3 di konsol next-gen — dengan syarat koneksi internet cepat tentunyta. Mengutip berita dari  The Wall Street Journal, adalah dugaan yang sudah berhembus pasca Sony mendapatkan Gaikai Juni 2012 lalu: Sony akan memanfaatkan layanan tersebut untuk men-streamingkan game ke PlayStation 4.

Selain itu, Sony juga tidak harus menggunakan Gaikai untuk menawarkan game baru, karena kita masih bisa mendapatkannya melalui media Blu-ray, khususnya mereka yang masih memainkan game tersebut melalui PlayStation 3. Hanya PlayStation 4 saja dengan prosesor AMD-nya yang secara hardware “disunat” opti backwark compatibility-nya akan menggunakan layanan streaming untuk memainkan game-game PlayStation 3.

Tentu saja rencana ini akan membuang salah satu fitur yang dibanggakan Sony sebelumnya, karena sistem baru mereka selalu memasang chip khusus untuk bisa memainkan game dari platform sebelumnya. Kamu bisa menempatkan CD PSone di disc tray PS2, dan terakhir game PS2 juga bisa berjalan di beberapa varian awal PS3. Hanya PlayStation 4 yang memang dibuat untuk lebih mendekati arsitektur sebuah PC, dengan modal chip AMD x86, jelas tidak kompatibel dengan arsitektur PlayStation lama. Jadi walaupun menggunakan chip AMD, PlayStation 4 masih bisa memainkan game PlayStation lawas secara streaming.

Sejauh ini dipercaya Sony membatasi streming game sampai PlayStation 3 saja, karena memang tipikal layanan streaming game seperti Gaikai dan OnLive maksimal mengirimkan resolusi 720p, dan itu pun memerlukan koneksi internet yang sangat cepat dengan server yang cukup dekat dengan lokasi kita mengaksesnya. Namun jika Sony dan Gaikai mampu mewujudkannya, apalagi melihat pengalaman Gaikai yang sebelumnya hanya menawarkan streaming game PC, seharusnya makin membuka peluang game-game mereka dinikmati lebih luas. Misalnya, melalui PlayStation Vita, atau bahkan perangkat mobile seperti tablet dan smartphone.


SHARE
Previous articleEvernote Indonesia Meet-Up!
Next articleEye Candy: Beragam Kartu Valentine Unik dari Berbagai Game
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.