Optimus G, Smartphone Terkuatnya LG Akhirnya Dirilis di Indonesia

Sesuai dugaan kami sebelumnya, pasca mulai menjualnya di Singapura akhir Januari 2013 lalu, LG Indonesia memasukkan flagship mereka, LG Optimus G ke Indonesia. Masa preordernya dibuka per hari ini hingga 27 Februari 2013 mendatang dengan potongan harga selama preorder mencapai Rp. 1 jutaan!

Yup, diskonnya lumayan besar, cocok bagi mereka yang ingin icip-icip Android tercanggih Indonesia di kelas layar di bawah 5-inchi ini saat dirilis nanti per 1 Maret 2013. Harga normalnya Rp. 6,499,000, namun selama preorder kamu bisa mendapatkannya hanya dengan Rp. 5,499,000. Sayang tidak ada bonus tambahan seperti ketika LG Indonesia merilis Optimus 4X HD, yang memaketkan external charger, baterai tambahan dan stylush capacitive. Namun LG menawarkan bonus lain. Dengan preorder seharga Rp. 6,999,000, kamu sekaligus mendapatkan gadget tambahan, LG Pocket Photo.

Setelah LG Nexus 4, kini Optimus G, atau yang juga memiliki kode nama LG Gee. Secara hardware keduanya setara, walaupun Optimus G menurut penulis menawarkan beberapa kelebihan. LG Indonesia jelas memilih memasukkan tipe LG E975 dari Optimus G, yang menjadi varian internasionalnya. Memang ada beberapa tipe Optimus G, dan berbeda-beda wilayah peredarannya. Seperti LG E970 untuk wilayah Amerika Utara, atau LG E973 untuk wilayah Korea, dan juga ada LG E 977 untuk wilayah Amerika Latin. Sayangnya, dibandingkan beberapa tipe Optimus G lainnya, LG E975 tidak memiliki slot memory eksternal. Namun dengan internal 32GB, rasanya cukup untuk mengakomodir kebutuhanmu. Kameranya pun sudah 13-megapixel. Dibandingkan dengan Nexus 4, dua poin tersebut, storage dan kamera menjadi keunggulan Optimus G. Namun pengguna Nexus 4 boleh bangga karena selalu mendapatkan update software tercepat melalui Google.

Optimus G dikenal menjadi smartphone pertama dunia yang menerapkan keluarga prosesor super Snapdragon S4 Pro. Prosesor tersebut mampu melahap semua task Android dengan cepat, terbukti dari beberapa hasil benchmark-nya yang mengungguli semua chipset lain yang eksis tahun 2012 lalu. “Monster” cantik LG ini menyerahkan kendali antar muka melalui layar berukuran 4.7-inchi dari material True HD IPS Plus yang beresolusi 1280 x 768 pixel dengan kerapatan 320ppi serta aspect ratio 15:9. Tiap inti prosesor Snapdragon-nya masing-masing bisa dipacu hingga 1.5GHz. Jatah RAM hingga 2GB pun sangat membantu ketika Droid yang datang langsung dengan Android 4.1.2 Jelly Bean ini diajak ber-multi tasking. Kemudian menjadi salah satu target LG yang memiliki jatah paten LTE terbesar dunia, mereka juga memberikan dukungan koneksi 4G LTE untuk Optimus G ini, untuk menemani fitur konektivitas seperti NFC, Bluetooth 4.0, dan Wi-Fi ber-DLNA. Sayang ya, koneksi 4G LTE belum diterapkan di Indonesia.

Di bagian belakang kamu bisa menemukan kamera beresolusi 13-megapixel (atau 8-megapixel, pada tipe lainnya) yang dilengkapi lampu flash LED. Seperti layarnya yang sudah HD, kamu bisa merekam video dengan kualitas full HD 1080p melalui kamera utamanya itu. Dan kemudian di balik casing belakangnya tersembunyi baterai 2,100 mAh yang diklaim mampu memberi impresi waktu bicara hingga 15 jam non-stop, atau waktu standby hingga 335jam. Menganut desain L-Style seperti beberapa Optimus terbaru mereka (Optimus L7, L5 dan L3), smartphone ini masih mampu mempertahankan dimensi yang kompak meskipun layarnya cukup lebar, dengan ukuran 131.9 x 68.9 x 8.45mm dan berat 145gram. Kemudian default internal storage-nya juga lumayan besar, mencapai 32GB, yang sayangnya tidak seperti beberapa tipe Optimus G lainnya, tidak bisa diperbesar lagi melalui slot microSD.

Kemudian mengenai Pocket Photo, perangkat tambahan yang dikonfirmasikan LG selama event Consumer Electronic Show 2013 lalu itu merupakan printer mini yang memanfaatkan koneksi NFC untuk saling berhubungan dengan smartphone LG. Ukurannya sangat kompak, bahkan kamu bisa mengantongi Pocket Photo ini melalui kantong belakangmu. Printer ini menggunakan teknologi Z-ink (atau Zero ink, atau familiar juga dengan sebutan ZINK) untuk memprint foto tanpa tinta basar dengan ukuran kertas 2×3-inchi atau sekitar 5.08×7.62-centimeter.

Dan berkat “kekuatan sihir” NFC, kamu tinggal menyentuhkan Optimus G ke Pocket Photo ini, maka dalam waktu 30 detik file kameramu akan berubah menjadi foto. Selain NFC, kamu juga bisa mentransfernya ke Pocket Photo melalui Bluetooth dan USB. Kemudian kamu bisa men-download aplikasi LG Pocket Photo melalui PlayStore, dan sebelum filenya di-print, bisa lebih dulu ditambahkan skin, teks dll. Ketika dikenalkan setahun tahun lalu, printer dengan teknologi ZINK ini harganya sekitar US $170, dan LG sendiri menjualnya dengan harga US $169. Sedangkan melalui sebagai bonus Optimus G, LG Indonesia mengklaim harga normal Pocket Photo tersebut Rp. 1,999,000 jika dijual terpisah. Awalnya Pocket Photo diduga hanya akan dipasarkan di Korea saja. Namun kami senang karena juga melihat ketersediaannya di pasar Indonesia kali ini.

Untuk informasi lain sehubungan dengan preorder Optimus G tersebut, kamu bisa langsung mengakses retailer elektronik Erafone atau Global Teleshop.

[cb type=”company”]LG[/cb]


SHARE
Previous articlePelatihan Unity3D Bersama PENS !
Next articlePresiden Obama Ingin Pemrograman Game Mulai Diperkenalkan Sejak di Sekolah
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.