Pelatihan Unity3D Bersama PENS !

Berita sebelumnya mengenai pembukaan jurusan baru teknologi game di kampus PENS menjelaskan salah satu fakta dan bukti awal berkembangnya game di dunia pendidikan Indonesia. PENS sekali lagi sedikit mendobrak lebih awal dengan melakukan pelatihan membangun sebuah game 3D dengan game engine yang sudah cukup populer, Unity3d.

Tidak tanggung-tanggung, sebanyak 60 peserta hadir untuk mengikuti pelatihan ini. Peserta-peserta ini juga berasal dari berbagai universitas di Surabaya, bahkan ada seorang peserta berasal dari Universitas Indonesia (UI). Rupanya upaya mengenalkan teknologi game di Kota Pahlawan terdengar hingga ke Ibukota.

Antusiasme peserta terlihat dari pertanyaan-pertanyaan yang dilemparkan kepada sang pelatih.  Pelatihan yang diadakan selama dua hari ini terlebih dahulu memperkenalkan mengenai teori-teori dasar dari suatu Engine Game. Konsep awal seperti ini memang perlu dibangun diawal pelatihan untuk membuka pemahaman peserta, apalagi yang masih awam dalam pengembangan game, sebelum benar-benar melakukan pembuatan game dari awal. Didukung dengan laboratorium modern dan software yang memadai, serta aset-aset untuk game yang juga disediakan karena sebagian peserta memiliki dasar programming, pelatihan berjalan sangat lancar tanpa ada halangan.

Game yang ditargetkan untuk dapat dibuat oleh para peserta merupakan salah satu game klasik dari konsol NES, yakni Battle Tank. Game shooting ini cukup sederhana dan dipilih sebagai materi untuk diajarkan kepada para peserta oleh sang pelatih, yang juga masih merupakan mahasiswa D4 di PENS yang tergabung dalam satu komunitas Gamekita. Yang membedakannnya tentu saja tampilan game ini akan full dengan 3D.

[nggallery id=406]

Tertarik untuk belajar mengenai game di PENS?