Melihat Lebih Dekat Spesifikasi Resmi Dual Shock 4 dan PlayStation Eye dari Sony!

Setelah beberapa bulan terakhir rumornya semakin kencang, akhirnya Sony menepati janjinya dengan memperkenalkan secara resmi PlayStation 4 dalam event PlayStation Meeting 2013 yang baru saja berakhir semalam (tadi pagi WIB). Pengenalan PS4 ini sekaligus kembali mengingatkan kita kepada acara serupa dua tahun silam, dimana Sony juga memanfaatkan PlayStation Meeting 2011 untuk memperkenalkan PS Vita. Konfirmasi ini sekaligus mengakhiri rumor-rumor yang beredar, termasuk bagaimana nantinya desain dari Dual Shock 4 dan PlayStation Eye.

Dari segi hardware, otomatis dalam acara semalam Sony hanya memperkenalkan Dual Shock 4 dan PlayStation Eye. Bahkan, mereka sama sekali tidak menyinggung bagaimana desain dari konsol tersebut nantinya, ataukah berbentuk kotak, menggunakan desain yang hampir mirip dengan PS3, atau mungkin berbentuk bulatan mengingat sebelumnya PS4 juga memiliki kode Orbis (Orbis = Orb). Mengenai kontroler, Mike Cerny, Lead System Architect dari PS4 mengungkapkan bahwa kontroler ini didesain dengan banyak mendapatkan feedback dari para developer. DualShock 4 ini sekilas memiliki lekukan tubuh yang mirip dengan DualShock 3, namun Cerny mengungkapkan bahwa kontroler ini memiliki banyak peningkatan dari pendahulunya, seperti jack headphone yang ada di bagian bawah kontroler, touchpad ala touchpad belakang miliki PSVita, motion sensor dan bisa digunakan bersamaan dengan PlayStation Eye.

Konsol baru ini juga memiliki fitur hemat energi, yang bisa kamu nyalakan atau matikan dengan satu tombol melalui kontroler. Bahkan, kamu juga bisa menyalakan dan mematikan fitur ini saat kamu berada di dalam game. Satu hal yang menarik lagi, jika kamu perhatikan lebih jauh tidak ada perbedaan yang signifikan antara foto yang dirilis Sony ini dengan dua foto Dual Shock 4 yang bocor beberapa hari lalu. Hehe..

[nggallery id=408]

Berikut ini adalah spesifikasi resmi dari Dual Shock 4 seperti dikutip dari pernyataan resmi Sony:

Dimension: 162mm x 52mm x 98mm (width x height x depth)
Weight Approx. 210g (tentative)
Keys / Switches PS button, SHARE button, OPTIONS button,
Directional buttons (Up/Down/Left/Right),
Action buttons (Triangle, Circle, Cross, Square),
R1/L1/R2/L2 button, Left stick / L3 button, Right stick / R3
button, Pad Button
Touch Pad 2 Point Touch Pad, Click Mechanism, Capacitive Type
Motion Sensor Six-axis motion sensing system (three-axis gyroscope, threeaxis accelerometer)
Other Features Light Bar, Vibration, Built-in Mono Speaker
Ports USB (Micro B), Extention Port, Stereo Headset Jack
Wireless Communication Bluetooth® Ver2.1+EDR
Battery Type Built-in Lithium-ion Rechargeable Battery
Voltage DC3.7V (tentative)
Capacity 1000mAh (tentative)

Dari Dual Shock 4 kita beralih ke PlayStation Eye. Simak di halaman selanjutnya.