LG Mulai Garap Pasar 4G LTE Menengah, Ajukan Optimus F5 dan Optimus F7

Mobile World Congress 2013 makin mendekat, dan vendor smartphone terus bersiap menghadapi event seluler paling bergengsi tersebut dengan mengajukan jagoan mereka sepanjang 2013 ini. Kali ini dari LG, yang sudah menyiapkan beberapa lineup kelas menengah barunya melalui F Series.

LG dikenal melalui L Style-nya yang  sudah terjual lebih dari 10 juta unit sampai akhir tahun 2012 lalu. Kita mengenalnya melalui Optimus L3, L5, L7 dan Optimus L9, dan rencananya juga akan segera mendapat penerusnya.  Sedangkan untuk F-Series ini, yang muncul perkenalannya melalui teaser beberapa hari lalu. Melalui teaser tersebut kita mengetahui bahwa LG mulai mengelompokkan Optimus mereka melalui beberapa seri, L, F, V dan G. Huruf tersebut mewakili identitas setiap serinya, dengan L untuk “style”, F untuk “freedom”, V untuk “view” dan G yang menjadi flagship untuk”greatness.” Dua seri diantaranya sudah kita kenal, dengan G melalui Optimus G, serta L pada empat wakil L-Style yang cukup laris di pasaran. Untuk yang V sepertinya menunggu selama MWC 2013 berlangsung. Sedangkan untuki F-Series, dua anggotanya yang diketahui adalah Optimus F5 dan Optimus F7.

MWC 2013 : Closer to Barcelona!!

Desain Optimus F5 dan F7 mengingatkan kami pada Optimus 4X HD dan Optimus G, memperlihatkan kelasnya yang mendekati menengah atas. Kemudian identitas “freedom” dari namanya mewakili pada dukungan koneksi 4G LTE, salah satu fitur yang paling LG kuasai karena begitu banyaknya paten LTE yang mereka miliki. Seperti diungkapkan oleh CEO-nya, Jong-seok Park, bahwa koneksi 4G LTE akan mulai mewabah pada tahun 2013 ini, dan LG sudah bersiap dengan memberikan pesan pada pasar melalui Optimus F series, bahwa smartphone LTE bukan sekadar mengandalkan konten dan teknologi, serta menyasar segmen atas, namun LTE bisa untuk semua kalangan dengan F Series.

LG Optimus F7 menjadi tipe teratasnya, dengan layar berukuran 4.7-inchi dari jenis True HD IPS yang juga mereka terapkan pada Optimus G, beresolusi HD 720p 1280×720-pixel dengan 312ppi, serta prosesor dual-core 1.5GHz (kemungkinan dari keluarga Snapdragon S4 Play) yang didukung leganya 2GB RAM. Kameranya 8MP dengan LED flash dan auto focus, ada internal stoeage 8GB plus bisa ditambah melalui slot microSD. Dimensinya sendiri juga tidak terlalu besar, 131.7 x 68.2 x 9.6-mm.

LG Optimus F5

Sedangkan Optimus L5, menggunakan layar 4.3-inchi bermaterial IPS yang resolusinya qHD alias 540×960-pixel dengan kerapatan 256ppi, prosesor dual-core dengan kecepatan 1.2GHz, dengan 1 GB RAM dan kamera utama 5-megapixel plus LED flash dan auto focus. Internal memorynya sama, 8GB dan bisa diperbesar melalui slot microSD. Ukuran F5 lebih kompak, dengan dimensi 126.0 x 64.5 x 9.3-mm.

Keduanya langsung datang dengan Android 4.1.2 Jelly Bean, dan juga mendapat banyak fitur yang saat ini diterapkan untuk kelas flagship seperti pada Optimus G, Optimus LTE2 dan Optimus Vu II. Fitur itu seperti kemampuan multitasking QSlide,k yang memungkinkan kita menjalankan dua aplikasi bersamaan pada satu layar, dan aplikasi yang saat ini kamu interaksikan bisa di-resize, dan digerakkan window-nya yang transparan. Selain bisa diterapkan pada aplikasi video player, QSlide kini juga mendukung aplikasi browser, memo, calendar dan calculator. Kemudian aplikasi lainnya seperti Live Zooming juga bisa ditemukan melalui dua F-Series ini, yang memungkinkanmu melakukan pinch zoom saat melihat video.

LG Optimus F7

Salah satu kelemahan smartphone LTE adalah baterainya yang tidak bisa diajak berkompromi. LG mengantisipasi hal itu dengan dukungan kapasitas baterai yang besar. Optimus F7 mendapatkan jatah 2,540mAh, sedangkan untuk F5 walaupun hanya 2,150mAh, seharusnya bisa lebih baik karena ukuran layar dan prosesor yang lebih kecil. Sayangnya, kapasitasnya tetap tidak sebaik Optimus L7 II yang mencapai 2,460mAh, apalagi Optimus L7 II juga tidak memiliki koneksi 4G LTE.

Keduanya direncanakan akan mulai dijual kuartal kedua tahun ini. Semoga saja melalui MWC 2013 besok kita bisa mendapatkan beberapa detail lain yang belum diungkapkan LG saat ini.

Optimus F5 Key Specifications:

  • – Operating System: Android Jelly Bean 4.1.2
  • – Processor: 1.2 GHz Dual-Core
  • – Display: 4.3-inch IPS (256 ppi)
  • – Size: 126.0 x 64.5 x 9.3mm
  • – Memory: 8 GB / 1 GB RAM / microSD (up to 32GB)
  • – Camera: 5.0 MP AF / 1.3 MP
  • – Battery: 2,150mAh

Optimus F7 Key Specifications:

  • – Operating System: Android Jelly Bean 4.1.2
  • – Processor: 1.5 GHz Dual-Core
  • – Display: 4.7-inch True HD IPS (312 ppi)
  • – Size: 131.7 x 68.2 x 9.6mm
  • – Memory: 8 GB / 2 GB RAM /microSD (up to 32GB)
  • – Camera: 8.0 MP AF / 1.3 MP
  • – Battery: 2,540mAh

[cb type=”company”]LG[/cb]

Sumber: LG


SHARE
Previous articlePemilik 3DS Bisa Bermain Multiplayer Monster Hunter 3 Ultimate Secara Online!
Next articlePenawaran Menarik Dari PopCap Games, Plants vs. Zombies Kini Gratis di iOS
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.