MWC 2013: LG Membawa Empat Pasukan Optimus; G, Vu, F dan LII Series

 

Dari kiri ke kanan, Optimus G Series, Vu Series, F Series dan L Series.

Setelah mengenalkan dua tipe seri F, LG Electronics (LG) selama Mobile World Congress 2013 membawa pasukan lengkap Android mereka. Sepertinya LG sudah menemukan formula yang tepat, dan mereka membagi jajaran Android-nya dalam empat tingkatan yang jelas segmennya — seperti yang diterapkan Samsung dengan Galaxy-nya, dan HTC dengan seri One dan Desire. Strategi empat tingkatan Optimus tersebut bisa didapatkan melalui tipe G, Vu, F dan LII.

LG berambisi meraup angka penjualan hingga 10 juta unit setiap kuartal melalui strategi empat tingkat Optimus tersebut, serta mengisi pasar dengan pilihan smartphone yang terfokus pada koneksi 4G LTE. Mulai dari kelas flagship G dan Vu yang ditujukan untuk segmen premium, sedangkan F dan L lebih banyak menyasar pengguna yang lebih luas dengan wilayah cakupan koneksi 4G LTE dan 3G.

Untuk LG Optimus G Series, diposisikan sebagai flagship yang memiliki hardware kelas atas. Optimus G menjadi paket lengkap dari semua kelas Optimus, mulai layar berkualitas tinggi, dukungan 4G LTE, serta antar muka terbaru LG yang lebih banyak ditujukan untuk kemudahaan penggunaan para user (user xperience atau UX), dan memiliki fasilitas seperti QSlide, QuickMemo dan Live Zooming — men-zoom video selama menontonnya. Anggota pertama G Series, Optimus G juga menjadi smartphone pertama di dunia yang menerapkan chipset terkuat Qualcomm Snapdragon S4 Pro Quad-Core. Kemudian masih membawa layar terbaik LG saat ini, True HD IPS Plus dengan teknologi Zerogap Touch, menghadirkan kualitas warna yang natural dan respon sentuhan yang sangat sensitif.

Dan ketika Optimus G baru akan dijual di Indonesia, menyusul debutnya untuk 50 negara lain, LG juga sudah mengenalkan penerusnya selama MWC 2013 ini melalui Optimus G Pro. Pada dasarnya seperti Optimus G, namun dengan tambahan kata Pro kita mendapatkan layar IPS yang lebih besar, yaitu 5.5-inchi dengan resolusi Full HD 1080p, yang sangat pas memvisualisasikan fitur UX terbarunya seperti Dual Recording dan opsi mengambil foto dengan mode Virtual Reality (VR) Panorama.

Tingkatan kedua adalah dari LG Optimus Vu: Series, dengan ciri khasnya layar yang besar untuk pengalaman berinteraksi dengan layar smartphone yang lebih baik. Selain opsi koneksi data 4G LTE yang menjadi andalan LG (wajar, LG pemegang paten LTE terbesar di dunia), seri Vu ini memiliki ukuran layar 5-inchi dengan aspect ration 4:3, yang pasti familiar bagi mereka pengguna iPad, dan pasti sangat nyaman ketika digunakan browsing website dan juga membaca dokumen, e-book. Dengan anggota terbaru Optimus Vu II di Korea, dan di Indonesia baru Optimus Vu pertama saja yang dijual, tipe yang satu ini pun memiliki ciri khas lain melalui antar mukanya dengan aplikasi Vu: Talk dan QRemote.

LG Optimus L5

Sedangkan tingkatan F Series diposisikan sebagai smartphone yang ideal untuk digunakan sebagai pendamping surfing di jaringan 4G LTE. LG juga membuatnya sebagai smartphone yang cocok untuk siapa saja. Baik Optimus F5 dan Optimus F7 didesain khusus untuk konsumen yang mau beralih dari koneksi 3G ke 4G — sayangnya, di Indonesia jaringan 3G saja masih belum merata. Keduanya juga pertama kali muncul selama MWC 2013.

Untuk spesifikasinya, Optimus F7 mengajukan bidang 4.7-inchi dengan material True HD IPS beresolusi 720p dan kerapatan 312ppi, menggunakan chipset Snapdragon S4 Plus dengan prosesor 1.5GHz dual-core, 2 GB RAM, kamera 8-megapixel dan internal storage 8GB — plus slot microSD. Dimensinya 131.7 x 68.2 x 9.6mm. Keseluruhan, bisa dikatakan Optimus F7 adalah versi internasional dari LG Optimus LTE II yang eksklusif Korea. Untuk Optimus F5, layarnya 4.3-inchi dengan material IPS, resolusi 540×960-pixel dengan kerapatan 256ppi, prosesor 1.2GHz dual-core, 1GB RAM dan kamera 5-megapixel. Internalnya 8GB plus microSD, dan dimensinya 126.0 x 64.5 x 9.3mm.

Dari kiri ke kanan, Optimus L7II, Optimus L5II dan Optimus L3II

Dan tingkatan terakhir yang menyasar pangsa low dan middle adalah Optimus LII Series. Tipe ini kembali membawa bahasa desain L-Style yang banyak diterima oleh pasar. Kini Optimus LII Series dikembangkan berdasar empat elemen desain: Seamless Layout, Laser Cut Contour, Radiant Rear Design dan tombol home yang dilengkapi pencahayaan Smart LED, sekaligus berperan menjadi media notifikasi. Optimus L3II, Optimus L5II dan Optimus L7II sebagai anggota tingkatan ini juga pertama kali didemokan melalui MWC.

Ketiganya pernah kami ungkapkan sekilas spesifikasinya. Optimus L7 II menggunakan layar 4.3-inchi IPS dengan resolusi WVGA, chipset Qualcomm MSM8225 Snapdragon S4 Play dengan prosesor 1GHz dual-core, GPU Adreno 203, 768MB RAM, kamera 8-megapixel dengan LED flash, 4GB internal storage dengan slot microSD, kamera depan VGA, Android 4.1 Jelly Bean, dan baterai 2,460 mAh. Pendek kata, spesifikasinya sama persis dengan Smartfren Andromax U. Optimus L7 II juga akan mendapatkan varian dual-SIM yang disebut L7 II dual. Kemudian merevisi informasi kami sebelumnya, Optimus L5 II, Optimus L5 II dual, Optimus L3 dan Optimus L3 dual ternyata menggunakan prosesor 1GHz dari chipset MediaTek MT6575. Keduanya juga langsung menjalankan Android 4.1 Jelly Bean.

[cb type=”company”]LG[/cb]

Sumber: LG


SHARE
Previous articleDebut Screenshot Digimon World Re: Digitize Decode
Next articleEA Siapkan Battlefield 4 untuk PlayStation 4 dan Xbox 720!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.