MWC 2013: One Touch Idol X, Dari Alcatel Untuk Kelas Android Berlayar 5-inchi

Nama Alcatel selama ini bukan dikenal sebagai produsen smartphone papan atas. Namun mereka berusaha merubahnya, dengan mengkonfirmasikan flagship barunya selama Mobile World Congress 2013 melalui One Touch Idol X.

Idol X selaras dengan trend yang akhir-akhir ini makin mewabah, yaitu pilihan smartphone dengan layar raksasa berstandar 5-inchi. Android 4.2 Jelly Bean ini menggunakan layar 5-inchi full HD 1080p (1,080×1,920-pixel), dengan konsep bezel edge-to-edge yang begitu tipis, sehingga layar seakan begitu merapat di sisi kiri-kanannya. Spesifikasi dasar lainnya, seperti prosesor quad-core 1.2 GHz dari chipset MediaTek MT6589 (Cortex-A7 dengan teknologi 28 nm), 16GB internal storage yang bisa diperbesar melalui slot microSD, kamera 13-megapixel (atau 8-megapixel, bergantung wilayah pemasaran), dan baterai 2,000 mAh.

Idol X nantinya akan dijual dalam beberapa pilihan warna, seperti cara Nokia dan HTC’s memasarkan seri Windows Phone 8 mereka. Selain itu, Alcatel pun mampu memampatkan tubuhnya menjadi begitu tipis, dengan ketebalan hanya 7.1-mm. Koneksi datanya sendiri hanya mendukung sebatas  3G HSDPA saja. Alcatel berencana menjualnya mulai Juli 2013, dengan harga yang belum diungkapkan.

Selain flagship Idol X, Alcatel juga membawa serta One Touch Star, smartphone Android terjangkau mereka, yang meskipun murah namun desainnya sama sekali tidak terlihat murahan. Vendor asal Prancis ini meracik kombinasi layar AMOLED seluas 4-inch dengan resolusi WVGA (480×800-pixel ), kamera 5-megapixel autofocus dengan LED flash dan mode HDR, quad-band GSM dan juga support 3G HSDPA, serta diperkuat prosesor dual-core 1GHz (kemungkinan dari MediaTek MT6577 yang banyak diterapkan oleh Lenovo). Internal storage Android 4,1 Jelly Bean ini hanya 4 GB (available 2.4 GB), yang masih bisa ditambah slot micro SD hingga 32 GB.

Apa yang menari dari Star adalah desainnya, dari depan mengingatkan pada iPhone, hanya ada beberapa modifikasi di keempat sisinya, dan tubuh yang sedikit gendut untuk mengakomodir baterai 1500-mAh serta dua slot kartu SIM. Fitur lainnya, seperti layarnya mendukung 10 titik sentuhan, berpelindung Gorilla Glass, selain sensor proximity, accelerometer, dan light sensor juga ada kompas digital (absen di semua smartphone Lenovo), dan yang menarik, layarnya juga dilapisi lapisan Oleophobic ala iPhone 4/4S dan Galaxy Nexus (membantu membersihkannya dari bekas minyak, dan menjaga sensitifitas layar). Kami juga menyukai pilihan warna casing dari smartphone berdimensi 117.9×60.8×9.7-milimeter dan berat 119.5-gram ini. Meskipun berbahan plastik, namun ada beberapa bagian mendapat finishing berkesan metal. Kabarnya Alcatel mulai memasarkannya Maret 2013 nanti.

ALCATEL ONE TOUCH Star – Presentation

Sumber: Alcatel


SHARE
Previous articleSquare Enix Mengerjakan Versi Translasi Kingdom Hearts HD 1.5 ReMIX
Next articleUpdate Roster Injustice: Gods Among Us; Shazam, Sinestro dan Hawk Girl
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.