SuWec Meet Up, Ketika Blackberry, Intel, dan Adventure of Wanara Dalam Satu Pertemuan

Ketiga narasumber duduk bersama

Tepatnya pada malam Senin 18 Februari 2013, salah satu komunitas di Surabaya bernama Surabaya Web Community mengadakan pertemuan yang mengundang berbagai macam developer yang bergerak di bidang IT dan diisi oleh orang-orang Intel, Blackberry, dan The Adventures of Wanara. Banyak pula mahasiswa dari berbagai universitas di Surabaya datang menghadiri pertemuan yang dilaksanakan di salah satu restoran di Surabaya.

Acara dibuka dengan terlebih dahulu acara makan. Jumlah peserta yang datang pun cukup banyak sehingga kursi yang tersedia tidak cukup banyak untuk menampung orang-orang yang datang terlambat. Namun acara tetap berlanjut dengan lancar.

Pembicara pertama tidak lain tidak bukan adalah CEO Mechanimotion yang juga merupakan pencipta kisah The Adventures of Wanara, Adhicipta Wirawan. Seorang dosen akuntansi yang memiliki passion dalam dunia game ini merupakan salah satu orang dibalik kebesaran The Adventure of Wanara yang telah melanglang buana hingga ke Jepang.

Sedikit banyak Adhicipta bercerita mengenai awal kesuksesannya hingga mencapai seperti sekarang ini. Dengan membawakan presentasi berjudul Kepak Sayap Impian, ia menjelaskan berbagai macam hal yang bisa menjadi pertimbangan ketika ingin membangun suatu industri kreatif, yang ia perlihatkan melalui perjalanannya dalam membangun mechanimotion. Usaha yang diawali dari sebuah ruangan kecil bekas wartel telah mendapatkan kepercayaan dan pendanaan melalui program Telkom Indigo Fellowship  2011 untuk memulai pembuatan proyek besar the Adventure of Wanara, proyek ambisius yang saat ini telah menghasilkan berbagai macam produk games, novel, dan komik interaktif.

Beberapa saran yang diberikan oleh Adhicipta adalah seperti melakukan riset pasar yang bagus. Riset sangat perlu dilakukan untuk membidik pasar yang ingin kita target sebagai konsumen produk kita nantinya. Produk yang dibuat pun bisa menyesuaikan pasar tersebut. Terkadang banyak yang terjebak oleh passion mereka sendiri, sehingga lupa bahwa produk tersebut salah satu orientasinya adalah para konsumen. Usahakan bahwa produk kita mampu bertahan dan kita lah yang harus terus berkreasi untuk keberlangsungan produk kita tersebut.

Beberapa produk yang telah berhasil dikembangkan oleh Mechanimotion sendiri cukup berhasil di pasaran karena riset yang mendalam dilakukan sebelumnya. Seperti game di platform Android, Mechanimotion bekerja sama dengan studio ElvenGames untuk menciptakan game The Adventures of Wanara. Setelah itu mereka melirik pasar d Jepang dan bekerja sama dengan Native disana untuk membawa game mereka ke platform iOS dan memasarkannya di Jepang. Lalu di bulan Maret ini, mereka juga akan merilis versi Korea untuk game mereka ini. Sebuah terobosan berkelanjutan yang cukup mengesankan dari Mechanimotion. Di tahun ini pun mereka sedang dalam proses penggarapan film animasi dari the Adventures of Wanara. Dan di acara Meetup kali ini, Adhicipta membocorkan video trailer kedua dari proyek animasi ini.