MWC 2013: Asus Fonepad, Tablet 7-inchi Dengan Fungsi ala Smartphone

Selain PadFone Infinity, panggung Asus menjadi salah satu yang paling menarik selama Mobile World Congress 2013 berkat hadirnya Asus Fonepad. Tablet dengan ukuran 7-inchi memang sudah biasa. Namun di sini Asus membuat tablet tersebut juga begitu nyaman digunakan untuk bertelepon.

Asus Fonepad memiliki beberapa poin yang membuatnya menarik. Menggunakan layar 7-inchi yang oleh banyak pengguna tablet menjadi ukuran paling nyaman, dan langsung menjalankan Android 4.1.2. Namun ada satu yang tidak ditawarkan tipikal tablet 7-inchi, bisa langsung digunakan sebagai smartphone dan nyaman pengoperasiannya. Langkah yang sama juga diambil Samsung yang mengkonfirmasikan Galaxy Note 8.0 dengan kemampuan yang setara. Walaupun banyak pengguna gadget pasti malas bertelepon menggunakan tablet 7-inchi, namun penulis merasa masih banyak yang menyambut langkah Asus ini.

Ukuran nyaman tidaknya, pasti berbeda untuk setiap orang. Namun keseluruhan Fonepad tidak beda jauh ukurannya dengan Nexus 7, namun di sini Asus mendesainnya lebih solid dengan ornamen metal hitam. Fonepad ukurannya 196.4mm x 120.1mm x 10.4mm dengan berat 340. Resolusi layarnya pun sama, 1280 x 800-pixel dengan material IPS dan pencahayaan LED, mendukung 10 titik sentuhan, dan sudut pandangan 178-derajat.

Apa yang membedakan, Asus justru lebih memilih mengintegrasikan chipset Intel Atom Z2420 SoC. Konfigurasinya, single-core + mendukung Hyper Threading, kecepatan prosesor 1.2GHz, dikembangkan dengan teknologi 32nm, serta didukung GPU PowerVR SGX 540. Single core saja? Pasti banyak yang penasaran bagaimana kinerja prosesor Intel tersebut dibandingkan solusi mobile lainnya, khusunya pada Nexus 7. Selain chipset tersebut, apa yang disumbangkan Intel untuk menggerakkan semua fungsi komunikasinya adalah baseband Intel XMM 6265, yang mendukung aktifnya jaringan 850/900/1900/2100MHz WCDMA dan 850/900/1800/1900MHz EDGE/GSM, selain juga bisa menjalankan WiFi 802.11b/g/n dan Bluetooth 3.0.

Melengkapi konfigurasi hardware-nya, Fonepad ditandemkan dengan RAM LPDDR2 sebesar 1GB dan internal storage 8GB atau 16GB, ada slot micro SD, dan baterai 16Wh yang setara dengan Nexus 7. Kameranya sendiri 3-megapixel dengan opsi merekam video 720p, dan ditambah kamera depan 1.2-megapixel untuk video chat. Asus juga melengkapinya dengan teknologi software SonicMaster dan pemrosesan MaxxAudio 3 dari Waves, untuk kualitas suara yang jernih. Keseluruhan Asus menawarkan Fonepad ini dengan pilihan warna titanium gray dan champagne gold (warna yang sama seperti Transformer Prime).

Dan seperti Nexus 7, daya jual utama Fonepad tidak lain adalah harganya, yang rencananya akan dijual $249 untuk varian termurahnya dengan storage 8GB, atau sekitar Rp. 2,4 jutaan saja, atau €219 (atau sekitar Rp. 2,7 jutaan) untuk varian 16GB, namun tanpa kamera belakang. Cukup murah untuk sebuah tablet 7-inchi yang memiliki fitur smartphone.

Introducing ASUS Fonepad

ASUS Fonepad: Fun & Call in one

[cb type=”company”]Asus[/cb]


SHARE
Previous articleMWC 2013: Asus Hadirkan Penerus Hibrida Smartphone-Tablet PadFone Infinity
Next articleNintendo Umumkan Varian Warna 3DS Baru untuk Jepang
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.