Kojima Membuka Kemungkinan untuk Mengembangkan Spin Off Lain dari Metal Gear!

Kesuksesan Platinum Games dalam mengimplementasikan Metal Gear Rising (MGR): Revengeance ternyata membuat Hideo Kojima cukup senang. Buktinya, Kojima mengungkapkan bahwa dia sangat terbuka jika ada ide-ide lain untuk mengembangkan spin off Metal Gear lainnya. Hal ini diungkapkan Kojima dalam sebuah wawancara dengan IGN pasca perilisan MGR: Revengeance minggu lalu.

“Awalnya, kami berpikir bahwa spin off MGR ini adalah sebuah ketidak harusan, karena ini adalah hal yang baru bagi kami,” ungkap Kojima seperti dikutip dari IGN. “Namun saya bisa mengatakan, game ini benar-benar bagus, dan bekerja sama dengan Platinum Games membuat kami bisa mencapai sebuah sinergi dimana produk akhir jauh lebih hebat dibandingkan penggabungan tiap-tiap bagiannya,” ungkapnya lebih lanjut.

Ketika ditanya apakah selanjutnya Kojima akan “merelakan” serial Metal Gear untuk dikembangkan oleh developer barat, Kojima menegaskan bahwa region bukanlah batasan seorang developer untuk bekerja sama dengannya. Kojima akan bekerja sama dengan developer dari region manapun, asalkan cocok dan paham dengan dunia Metal Gear. “Sejujurnya, bukan menjadi masalah untuk memilih developer dari Jepang ataupun barat. Ini juga bukan tentang timur melawan barat,” tegasnya. “Yang diperlukan hanyalah untuk menemukan seseorang yang bisa memahami dunia dan setting Metal Gear. Kami harus memilih seseorang yang bisa memahami nuansa dan aspek kultural dari franchise ini. Jika kami bisa menemukan seseorang yang bisa memahaminya dan juga menanganinya dengan baik, maka hal tersebut (spin off) tentu adalah sebuah kemungkinan,” pungkasnya.

Meskipun dia membuka kesempatan kolaborasi dengan studio luar untuk mengerjakan spin off, namun kembali dia menegaskan bahwa untuk seri utama Metal Gear masih akan tetap ditanganinya sendiri bersama timnya. “Beberapa judul utama Metal Gear akan selalu kukerjakan sendiri, atau paling tidak dikembangkan di Kojima Productions,” ungkapnya lebih lanjut.

Menunggu kiprah Ground Zeroes

Setelah sukses dengan MGR: Revengeance, kini para penggemar Metal Gear sedang menunggu bagaimana kiprah game selanjutnya, Metal Gear Solid: Ground Zeroes yang dikonfirmasikan saat perayaan 25 tahun usia Metal Gear tahun lalu. Hmm, kira-kira jika benar nanti ada spin off Metal Gear lagi, kira-kira siapa karakter yang kalian inginkan untuk menjadi protagonis utamanya? Share pendapat kamu di kolom komentar ya!

[Sumber: IGN]