Nintendo WII Terbukti Tingkatkan Performa Para Dokter Bedah!

Ternyata studi membuktikan bahwa bermain WII akan meningkatkan kemampuan teknik para ahli bedah. Bagaimanaka penjelasan mengenai hal tersebut?

Nintendo WII Terbukti Tingkatkan Performa Para Dokter Bedah!

Nintendo WII Terbukti Tingkatkan Performa Para Dokter Bedah!

Penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari Universitas Roma, Italia, mengungkapkan bahwa ternyata dokter bedah yang rutin bermain game-game Nintendo WII dapat meningkatkan kemampuan teknis mereka. Studi ini melibatkan para ahli bedah laparoscopic, yakni sebuah teknik bedah menggunakan alat elektronik khusus, dimana alat ini berupa kamera yang dimasukkan ke dalam bagian tubuh pasien dan dokter bedah melakukan operasi sembari melihat rekaman kamera di monitor TV.

Seperti yang dilansir oleh Sciencedaily dan dikutip oleh Okezone, ahli bedah laparoscopic yang memainkan Wii memperlihatkan peningkatan yang signifikan ketika dilakukan simulasi bedah pasien. Laparoscopic dikenal juga dengan sebutan MIS (minimally invasive surgery), di mana dokter bedah melakukan tugasnya dengan meninggalkan luka bedah kecil pada pasien.

Pada hasil penelitian yang telah dirilis, menunjukkan bahwa Wii yang mengusung permainan berbabasis koordinasi gerak anggota tubuh dan ketelitian ini mampu meningkatkan kinerja dokter bedah ketika melakukan operasi. Hasil ini dilakukan setelah pengambilan analisis dari para ahli bedah yang rutin memainkan Nintendo Wii selama 4 minggu lamanya.

Nintendo WII Terbukti Tingkatkan Performa Para Dokter Bedah!

Penelitian diawali dengan pembagian partisipan ke dalam dua grup, yakni grup yang memainkan Wii selama 4 minggu dan grup yang tidak memainkan game Wii. Ternyata setelah 4 minggu dihasilkan bahwa keterampilan bedah mereka yang rutin bermain Wii akan meningkat di beberapa aspek, seperti aspek gerakan instrumen serta efisiensi cauter (teknik bedah minor)

"Nintendo Wii menjadi bagian untuk membantu, murah dan menghibur dari pelatihan para ahli laparoscopic muda," ungkap salah satu peneliti, Gregorio Patrizi. Ia mengatakan, Nintendo Wii bisa berguna untuk membantu para dokter bedah muda untuk mengasah kemampuan motoriknya, disamping pengetahuan umum yang mereka dapatkan selama bersekolah.

sumber: Okezone

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU