MWC 2013: Galaxy S III Smartphone Terbaik, Galaxy S4 Dikonfirmasikan 14 Maret 2013

Selama Mobile World Congress 2013 Samsung memang tidak membawa banyak Galaxy-nya. Hanya Galaxy Note 8.0 yang menjadi unggulan, mendemokan Galaxy Grand (smartphone 5-inchi pertama mereka, yang akan segera dirilis di Indonesia), dan tanpa kehadiran Galaxy S IV yang sebelumnya dirumorkan muncul kabarnya selama MWC 2013. Namun menjelang MWC berakhir, Samsung sudah mengirimkan undangan pada banyak media, dan mengkonfirmasikan melalui fanpage Facebook dan Twitter mereka sebuah event Samsung Unpacked 2013 yang berlangsung di New York pada 14 Maret 2013 mendatang jam 7 malam waktu setempat, atau 15 Maret pagi waktu Indonesia. Banyak yang menduga event tersebut mereka gunakan untuk mengkonfirmasikan Galaxy S IV, karena pada undangan yang disebarkan tertera jelas angka 4 berukuran besar.

Jika benar Galaxy selanjutnya yang dimaksud dalam undangan di atas adalah Galaxy S IV, masuk juga pada banyak rumor sebelumnya, yang menyebutkan flagship tersebut akan diluncurkan antara Maret – Mei 2013. Dan apa yang menarik, Galaxy S IV menjadi flagship pertama mereka yang pertama kali diumumkan di luar Eropa selama 3 tahun belakangan, karena sebelumnya Galaxy S III diumumkan pada 3 Mei 2012 di London dan Galaxy S II selama Mobile World Congress 2011 (tepatnya tanggal 13 February 2011). Sedangkan Galaxy S dikonfirmasikan selama event Samsung Unpacked di Las Vegas pada 23 Maret 2010. Bisa jadi alasan Samsung memilih Times Square, New York adalah karena Amerika menjadi basis user iPhone yang cukup besar, dan mereka ingin mencuri perhatian pasar iOS tersebut melalui konfirmasi dan peluncuran perdana Galaxy S IV.

Sementara ini yang kami ketahui, Galaxy S IV dikabarkan bakal menggunakan chipset Exynos 5 Octa (8-Core), GPU Mali-T678 (8-Core), layar 4.99-inchi SuperAMOLED Full HD, 2GB RAM, kamera 13-megapixel dengan kemampuan merekam video full HD 1080p pada 30FPS, 2-megapixel untuk kamera depan dengan opsi merekam video 720p HD, dan Android 4.2.2 Jelly Bean.

Selain itu, disebutkan juga jika Galaxy S IV akan menggunakan jenis chipset yang berbeda. Walaupun belum dipastikan dari brand mana (sebelumnya terdengar chipset Exynos 5450 Quad Core dengan prosesor Cortex-A15) , banyak yang menunjuk pada nama Qualcomm, tepatnya Qualcomm Snapdragon 600. Dipilihnya Snapdragon 600 karena chipset tersebut sudah terintegrasi dengan modem 4G LTE, sesuatu yang tidak dimiliki chipset Exynos selama ini. Jadi Galaxy S IV dengan Snapdragon 600 hanya akan dijual di negara dengan koneksi LTE merata, seperti di US. Dan yang menggunakan Exynos 5 Octa untuk versi internasional. Seperti Galaxy S III, untuk beberapa wilayah kita mendapatkannya menggunakan chipset Snapdragon S4 Plus dengan dua inti prosesor Krait.

Galaxy S III Sebagai Smartphone Terbaik 2013

Selain berita udangan Samsung Unpacked, dari panggung MWC 2013 Samsung juga mendapat kehormatan. Melanjutkan estafet yang diraih kakaknya Galaxy S II, Galaxy S III mereka mendapatkan penghargaan sebagai smartphone terbaik di tahun 2013 oleh GSM Association sebagai pihak penyelenggara MWC 2013. Alasan terpilihnya Galaxy S III adalah karena inovasi, angka penjualan, dan lebih banyak terbebas masalah dibandingkan rivalnya iPhone 5. Selain itu, Samsung juga mendapat penghargaan sebagai produsen smartphone terbaik dunia.

Tablet terbaik 2013, Asus Google Nexus 7.

Penghargaan lainnya bisa kamu lihat daftarnya di sini, dengan nama besar seperti Nokia menyabet penghargaan Feature Phone (ponsel kelas bawah) terbaik melalui Nokia Asha 305. Lalu Asus juga kebagian kue melalui tablet terbaik dunia tahun 2013 dengan wakilnya Nexus 7. Dan dari sisi software, client Facebook untuk mobile menjadi pemenang consumer app terbaik, sementara Evernote menyabet aplikasi terbaik untuk kelas enterprise.

Sumber: Facebook Samsung