Hasil Benchmark nVidia Tegra 4, Buktikan Kemampuan Project Shield Menjalankan Game PS3

Sejak pertama kali diperkenalkan selama ajang Consumer Electronic Show 2013 awal Januari 2013 lalu, Project Shield-nya nVidia sudah menuai banyak reaksi positif dan banyak yang tidak sabar menantikannya. nVidia terus menggoda menunjukkan kemampuan gamenya. Seperti melalui Real Boxing, yang sepertinya diposisikan sebagai software yang mendemokan kemampuan grafisnya. Dan kini satu lagi dengan Burn Zombie Burn! yang menunjukkan kemampuan Shield dalam menerima game hasil port platform lain.

Sebagai handheld yang diperkuat chipset mobile terkini nVidia Tegra 4, Project Shield (belum menjadi nama finalnya) memiliki kemampuan yang bisa disetarakan dengan konsol generasi ketujuh. Tidak heran jika game PlayStation3 pun (walaupun sekadar game download PSN) bisa dikonversikan ke Shield dan berjalan lancar, bahkan lebih bagus. Seperti Burn Zombie Burn! dari Doublesix terlihat lebih baik dengan banyak penambahan efek grafis.

Project SHIELD: Burn Zombie Burn

nVidia sendiri mendemokan Shield bersama game zombie tersebut selama Mobile World Congress 2013 lalu di Barcelona, dengan rencana rilisnya kuartal kedua 2013 di Amerika Serikat dan Kanada. Selama MWC 2013 tersebut nVidia juga menegaskan kembali jika nama dan desain Shield belum final, termasuk juga konfigurasi hardwarenya, kecuali Tegra 4 yang menjadi penggerak utama dan Android 4.2 Jelly Bean sebagai sistem operasi.

Seperti yang pernah beberapa kali kami ulas, Shield ini seakan menggabungkan kontroler Xbox 360 dengan layar lebar 5-inchi model flip. Kontrolernya sangat nyaman digenggam, dengan dua speaker di bawah layarnya. Sepertinya nVidia memang memfokuskan Shield pada kontrolernya, yang memiliki latency 100-150ms, atau setara dengan kontroler wireles-nya Xbox 360.

Kemudian masih secara hardware, Tegra 4 yang digunakan dalam Shield menjanjikan kemampuan yang sangat tinggi untuk kelas mobile. Bisa kamu lihat di bawah hasil benchmark tablet yang didemokan nVidia selama MWC 2013 lalu, dan menjalankan Tegra 4. Kemudian di bawah, kami juga ada data komparasi beberapa chipset mobile yang memajang booth khusus selama MWC 2013.

Hasil benchmark Quadrant Tegra 4
Hasil benchmark Antutu Tegra 4
NVIDIA Qualcomm Renesas Intel
Chipset Tegra 4 Tegra 4i Snapdragon 800 MP6225 MP6530 Keluarga Atom Z 2580
Diterapkan di smartphone/tablet mulai Kuartal kedua 2013 Akhir tahun 2013 Akhir tahun 2013 Kuartal kedua 2013 Lenovo  K900
Target utama Tablet Smartphone Tablet Gadget kelas bawah Gadget kelas menengah hingga atas Gadget kelas menengah hingga atas
Tipe core prosesor A15 A9 A15 Krait A15 dan A7 A15 dan A7 Clovertail
Clockspeed Hingga 2.3 GHz Hingga 2 Ghz
Jumlah core 4+1 4+1 4 4 8 2 dengan hyperthreading
GPU 72 core 60 core Adreno 330 (diklaim meningkat dari Adreno 320 hingga 60% Power VR SGS Series 6 Imagination SGX 544
Teknologi silikon 28 nm 28 nm 28 nm 28 nm 28 nm 32 nm
Fitur unggulan Opsi modem LTE, komfigurasi prosesor 4+1, mengunggulkan game yang mendukung GPU nVidia Ada inti untuk menghemat tenaga, output resolusi 4K dan Dolby 7.1 LTE, terfokus pada penggunaan tenaga yang minim untuk kebutuhan LTE, serta solusi ARM big.LITTLE Transistor yang efisien dan core yang lebih kuat

[cb type=”company”]nvidia[/cb]


SHARE
Previous articleTrailer Perdana Assassin’s Creed IV: Black Flag Bocor Lebih Awal!
Next articleDevil Survivor 2: Break Code Telah Diumumkan
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.