PS3 Underground: Atasi “Freeze” di Ni No Kuni

Dari beberapa issue yang sering muncul di PS3 bajakan atau PS3 yang menggunakan Custom FirmWare pada saat memainkan Ni No Kuni adalah terjadi random “Freeze” yang benar-benar membuat PS3-mu tidak bergerak dan tidak dapat kamu shut down secara manual ataupun menggunakan tombol PS di Dual Shock 3-mu. “Biasanya freeze terjadi ketika battle, memasuki kota, atau ketika save.”

Kebanyakan dari mereka akan melakukan hal yang sangat berbahaya yaitu mencabut kabel power dari mesin PS3 yang sedang menyala. Hal ini sebenarnya merupakan hal yang salah, dan akan membuat PS3-mu menjadi rentan untuk rusak atau error. Jika hal ini terjadi, maka kamu akan kehilangan semua data-datamu (baik save game maupun data instal dan data game dalam HDD Internal) karena terjadi error dan harus mengambil tindakan “system restore”.

Nah, jangan takut.. Kamu masih bisa menyelamatkan PS3-mu dan masih dapat terus untuk memainkan Ni No Kuni dengan copy game saja tanpa harus membeli BD -nya (saya pernah depresi dan hampir membeli BD aslinya karena hal ini). Berikut ini merupakan cara yang harus kamu lakukan jika kamu mengalami Freeze pada saat memainkan Ni No Kuni:

1. Hard Shutdown PS3 kamu dengan menekan tombol power, jangan dilepaskan!! Memang sedikit lama (mungkin sekitar 10-15 detik) untuk mematikan paksa PS3 kamu.. Biasanya terdengar suara “bbeepp” pertanda bahwa mesin PS3-mu sudah berhenti beroperasi.

2. Nyalakan kembali. Dan muncul peringatan tentang “not shutdown properly, bla..bla..bla.. data will corupted.. blaa..blaa..” Abaikan saja, peringatan ini memang muncul jika kamu melakukan shutdown dengan cara paksa seperti mencabut kabel power dan Hard Shutdown diatas.

3. Masuk Data Utility, hapus data install Ni No Kuni yang kamu miliki..

4. Masuk Multiman, colok HDD Eksternal.. Nah, kini kamu harus memainkannya dengan copy game dari USB eksternal. Meskipun kamu memainkan copy game Ni No Kuni dengan pilihan “Eksternal” yang tercentang maka kamu akan masih mengalami Freeze yang sama..

5. Jangan hapus save data yang kamu miliki, kamu masih bisa melanjutkan perjalanan Oliver dari save data sebelumnya. Dan.. Selamat, kamu dapat mamainkan game Ni No Kuni tanpa adanya issue freeze lagi.. Hehe..

Hingga saat ini, problem Freeze ini tidak dapat dibenahi, jika kamu merasa memainkan di HDD eksternal sangat lambat, maka saya sarankan untuk membeli BD-nya. Hanya saja hingga saat ini, saya sudah 15 jam di dunia Ni No Kuni tanpa ada bug atau glitch atau freeze apapun yang menghampiri saya.