Ubisoft: Assassin’s Creed IV: Black Flag Tidak Seperti Brotherhood atau Revelations

Saat Ubisoft memperkenalkan Assassin’s Creed (AC) IV: Black Flag beberapa hari lalu, reaksi beragam ditunjukkan oleh para penggemar AC. Ada yang antusias menyambut AC baru dengan setting bajak laut ini, namun ada juga yang sentimen dan beranggapan bahwa AC IV: Black Flag ini nantinya akan senasib dengan AC: Brotherhood atau AC: Revelations dalam AC II lalu, alias hanya akan menjadi spin off dari AC III saja. Menanggapi hal ini, Lead Content Manager Ubisoft, Carsten Myhill membantah hal tersebut, dan mengatakan bahwa konten hingga skala yang dimiliki AC IV: Black Flag cukup besar untuk menjadikannya seri baru, dan bukan hanya sekedar spin off dari AC III.

“Saya pikir tidak ada kesamaan dalam semua hal,” tegas Myhill seperti dikutip dari CVG. “Game ini menggunakan setting bajak laut, kita akan memiliki hero yang benar-benar berbeda dengan kepribadian yang juga jauh berbeda dengan Connor. Edward adalah seorang bajak laut yang nakal, kasar dan juga seorang pemabuk,” ungkapnya. Selain menampilkan hero dan setting yang berbeda, pengalaman bermain yang ditawarkan dalam AC IV: Black Flag nantinya juga akan semakin menegaskan bahwa game ini bukan hanya sekedar spin off dari AC III. “Semua aspek dalam game ini benar-benar fresh dan baru. Game ini akan terasa sangat berbeda dengan AC III. Saya rasa hal tersebut akan menjadi garansi nama AC IV, tidak hanya dengan nama dan setting baru, tetapi juga suasana dan pengalaman yang ditawarkan,” ujarnya lebih lanjut.

Mengenai embel-embel judul Black Flag setelah AC IV, Myhill mengungkapkan bahwa hal tersebut adalah keputusan Ubisoft untuk memperjelas dan membedakan tema bajak laut yang ditawarkan dalam game ini dengan game-game AC lainnya. “Kami ingin memperjelasnya kepada fans, dan juga kepada mereka yang belum pernah memainkan AC sebelumnya bahwa ini adalah sebuah game bajak laut. Black Flag sudah hadir, dan kami ingin menyampaikan kepada gamer bahwa inilah game action adventure ber-setting open world dengan tema bajak laut yang sudah kalian tunggu-tunggu,” papar Myhill.

http://youtu.be/HPvx7G-EqDU

Sejak dikonfirmasikan hari Senin lalu, Ubisoft sudah banyak membeberkan detail dari game ini, mulai dari trailer dan deretan screenshot perdana yang sempat bocor sehari sebelumnya, preview tentang gameplay dan juga setting game, hingga konfirmasi naval battle yang tidak akan muncul dalam fitur multiplayer, meskipun mendapat porsi yang cukup banyak dalam single player-nya. AC IV: Black Flag sendiri menurut rencana akan dirilis pada 29 Oktober 2013 untuk US dan 1 November 2013 untuk Eropa di X360, PS3, PC dan Wii U. Selain itu, Ubisoft juga mengkonfirmasikan bahwa game ini akan menyusul hadir juga untuk PS4 dan juga konsol next gen lainnya (mungkin X720) beberapa bulan kemudian.

[Sumber: CVG]