Acer Liquid C1 Dirilis di Indonesia, Kini Intel Tidak Hanya Untuk PC atau Tablet

Setelah pertama kali dikenalkan selama event Consumer Electronics Show 2013 dan menyusul kemudian peluncuran resminya di Bangkok, Thailand, dan kini Acer Indonesia tidak mau menunggu lama untuk mulai memasarkannya di Indonesia. Inilah smartphone pertama mereka dan mengoperasikan chipset mobile terbaru dari Intel dengan kode  Z2420 Lexington, yaitu Atom Z240.

Di Indonesia, Acer pertama kali mengenalkan Liquid C1 selama event di MegaBazaar Computer 2013 yang berlangsung dari tanggal 6 sampai 10 Maret 2013 di di Jakarta Convention Center (JCC), dan juga di beberapa kota lain seperti Bandung, Surabaya, Medan, Makassar, Semarang (8-12 Maret 2013) akan dan Yogyakarta (9-13 Maret 2013). Acer Indonesia mengungkapkan jika smartphone tersebut menjadi yang pertama di Indonesia yang menggunakan chipset Intel. Acer sendiri juga menggelar penawaran pre order Acer Liquid C1 dengan iming-iming cashback sebesar Rp 300.000 selama pameran! Harga normal Liquid C1 sendiri Rp. 2.799.000 (atau Rp. 2.499.000 bila melakukan pembelian preorder di Mega Bazaar Computer di JCC Senayan). Harga tersebut juga sedikit lebih rendah dari harganya Thailand, yang mencapai 9,990 baht atau sekitar Rp. 3,2 jutaan.

ST Liew, President of Smartphone Business Group Acer mengungkapkan selama launching di MegaBazaar, bahwa ponsel pintar bukanlah form factor belaka. Ini adalah komputer dengan ukuran sangat kecil. Tujuan Acer melalui Liquid C1 adalah memberikan pengalaman yang menyenangkan dalam hal tampilan muka dan juga soal daya tahan baterai. Mendukung pernyataan tersebut, Jason Lim, Presiden Direktur Acer Indonesia menambahkan, jika tidak aneh lagi vendor PC kini beralih membuat ponsel dan tablet . Dan tahun ini Acer memang sangat giat mendorong penjualan ponsel dan tablet. Dengan meluncurkan 5 atau 6 model lagi dengan ukuran layar yang berbeda-beda.

Tidak heran jika Liquid C1 mengandalkan aspek multimedia dan ketahanan baterai. Dengan prosesor yang sudah mendukung hyper-treading, cukup menjadi jaminan kinerja yang smooth. Apalagi didukung GPU yang mumpuni. Penulis yang sempat sekilas mencobanya selama MegaBazaar merasakan Liquid C1 memang memberikan ekspetasi dari sebuah chipset Intel. Navigasi interface-nya bisa dilakukan minim lag pada layar 4.3-inchi-nya, termasuk menjalankan beberapa game yang disediakan di dalam memory-nya, seperti Temple Run 2 yang memang cukup berat untuk ukuran game mobile, bisa dijalankan dengan mulus. Sedangkan ketahanan baterainya selain mengandalkan kapasitas besar 2.000-mAh, dengan hanya 1 core saja yang beroperasi, diklaim mampu memberi performa baterai yang cukup untuk sebuah smartphone multimedia seperti Liquid C1 ini.

Acer Liquid C1 sendiri menyuguhkan interaksi Android 4.0 Ice Cream Sandwich melalui layar 4.3-inchi berbahan IPS dengan resolusi qHD 960×540-pixel. Ditujukan untuk pasar anak muda, sisi multimedianya menjadi perhatian utama. Ada kamera utama 8-megapixel di sana. Kemudian baterai ukuran jumbo 2,000-mAH juga disematkan untuk menjamin kinerjanya tetap bisa dinikmati seharian.

Spesifikasi Acer Liquid C1 with Intel Inside™

  • Intel® Atom™ processor Z2420 (1.2GHz)
  • PowerVR SGX 540 GPU
  • Intel® XMM™ 6265 slim modem with quad-band capability
  • 4.3″ IPS qHD touch screen (960×540, 16:9 ratio)
  • Android Ice Cream Sandwich Operating System
  • 8 megapixel main camera at 5 frames per second, AF & LED
  • 0.3 megapixel front camera
  • 4GB Storage
  • Wireless LAN 802.11 b/g/n (/n HT20)
  • GPS / Bluetooth® 2.1 with EDR
  • Microphone
  • Integrated Speaker
  • MicroSD up to 32GB, SDHC 2.0 compatible
  • 2,000 mAh battery
  • Micro-USB (charging and PC connect) with USB 2.0
  • Dimensions 127.3 x 65.5 x 9.95 mm.
  • Weight 140 g

Pilihan Baru, Chipset Intel Lexington

Intel Lexington sendiri juga baru pertama kali dikonfirmasikan Intel selama press conference mereka di CES 2013. Lexington (Z2420), tersebut dikembangkan Intel untuk smartphone yang dijual di pasar berkembang seperti Asia. Prosesor Atom-nya dioptimalkan untuk aplikasi Android, dan beroperasi di kecepatan hingga 1.2 GHz. Walaupun single core, namun sudah mendukung teknologi hyper-threading, sehingga satu core tersebut mampu menjalankan banyak prosesnya dengan rata.

Prosesor ini juga mendukung pengoperasian kamera dual, 5 dan 1.3-megapixel dengan opsi burst picture pada 7 fps, dan juga mampu decode dan encode video 1080p pada 30 fps. Grafisnya diserahkan pada SGX 540 dari PowerVR. Keseluruhan chip ini bisa dioperasikan di jaringan yang nendukung komunikasi data HSPA+, bisa menerima microSD, bahkan fitur dual SIM (dual standby), FM radio serta WiDi streaming. Selain Acer Liquid C1, dua vendor lain yang sudah mengkonfirmasikan bakal menggunakan Lexington adalah Safaricom dan Lava.

[cb type=”company”]Acer[/cb]

Sumber: Acer Indonesia, (2)