Ayo Nonton Bareng FIlm Animasi Karya Makoto Shinkai!

Bagi Citizen yang belum tahu siapakah Makoto Shinkai tersebut, beliau adalah sutradara anime ternama dari Jepang yang telah menelurkan berbagai karya ciptaannya dengan konsep yang menarik banyak kalangan. Sutradara yang lahir di tahun 1973 ini bahkan disebut-sebut sebagai The New Miyazaki karena selain mengidolakan Hayao Miyazaki, karyanya juga seindah karya-karya dari Hayao Miyazaki. Sebelum karirnya di dunia animasi, ia bekerka sebagai desainer grafis di FALCOM, sebuah perusahaan game. Di tahun 1999, ia merilis sebuah film monokrom tentang kehidupan kucing yang memenangkan beberapa penghargaan, termasuk hadiah utama kompetisi 2.000 Animasi CG Doga. Beberapa film animasi dari dia berkonsep mengenai perpisahan dengan orang yang disayangi, dan yang terbaru ini ia merilis Childen Who Chase Lost Voices yang berbeda.

Japan Foundation kali ini mengadakan event nonton gratis berbagai karya Makoto Shinkan ini di Hall JF – Gd.Summitmas I lt. 2. Jl. Jend.Sudirman kav.61-62 Jak-Sel. Jadi Citizen yang bertempat di Jakarta bisa hadir untuk menikmati bagaimana rasanya menonton bareng film animasi dari Jepang. Beberapa judul yang akan dapat disaksikan adalah:

1. 5 Centimeters Per Second

Film ini dirilis di tahun 2007 lalu dan berkisah mengenai dua orang sahabat karib, Takaki dan Akari. Keduanya telah bersahabat semenjak masuk di sekolah dasar yang sama. Namun mereka terpisah setelah lulus dari sekolah dasar. Keduanya saling menyimpan perasaan satu sama lain hingga waktu pun perlahan berlalu. Di suatu hari yang bersalju, Takaki tengah dalam perjalanan panjang untuk berjumpa kembali dengan Akari. Ia duduk semenjak dari stasiun Tokyo dan selama perjalanan kenangan demi kenangan mengenai masa lalunya menghampiri bergantian, hingga pertemuannya dengan Akari semakin dekat. Selanjutnya Takaki akan mengalami tiga kisah cinta yang berbeda yang saling terkait dan terus merentang sepanjang kehidupannya.

2. The Place Promised in Our Early Days

Film ini sudah cukup lama dirilis yakni pada tahun 2004. Pasca Perang Dunia II, Jepang terbagi menjadi dua daerah yang dikuasai oleh dua kekuatan berbeda. Kedua kekuatan yang saling bersaing tersebut adalah UNION yang menguasai daerah Hokkaido dan Amerika Serikat yang mengambil alih kekuasaan di Honshu dan pulau-pulau selatan lainnya. Hiroki, Takuya, dan Sayuri merupakan tiga sahabat yang tinggal di daerah Aomori, provinsi di Honshu yang merupakan tempat terdekat dengan Hokkaido. Ketiganya sangat tertarik dengan menara besar yang berdiri secara misterius di Selat Tsugaru. Mereka bertiga berjanji bahwa suatu hari akan membuat dan menerbangkan pesawat untuk mengungkap misteri di menara tersebut. Janji ini terbengkalai manakala Sayuri hilang secara tiba-tiba. Tiga tahun telah berlalu, Hiroki mengetahui bahwa ternyata Sayuri telah koma selama waktu itu. Ia menduga hal ini  berkaitan dengan rahasia menara UNION.

3. Children Who Case Lost Voices

Judul terakhir yang akan ditayangkan adalah film yang dirilis di tahun 2o11 ini. Berkisah mengenai Asuna yang merupakan anak seorang wanita yang sangat sibuk bekerja di rumah sakit. Ketika ia sendiri, sekelebat sering kali ia mendengarkan musik misterius yang berasal dari kristal pemberian mendiang ayahnya. Suatu hari ia bertemu dengan Shun yang mengaku datang dari Agartha. Keesokannya ia kaget mendengar bahwa lelaki yang baru dikenalnya tersebut ditemukan tewas. Di sekolah tempatnya belajar, ia mendengar kisah mengenai negeri Agartha, negeri orang mati dari mulut guru pengganti di sekolahnya, Morisaki-Sensei. Mendengar hal tersebut, Asuna segera mencari Shun dan ia menemukannya berdiri sendirian. Tiba-tiba saja, sepasukan makhluk misterius menangkap keduanya dan memaksa mereka masuk melewati gerbang Kehidupan dan Kematian menggunakan kristal milik Asuna, Clavis. Komandan pasukan tersebut memperkenalkan diri dengan nama Morisaki. Ia ingin sekali mengambil mendiang istrinya dengan menggunakan gerbang tersebut. Selama perjalanan banyak korban berjatuhan hingga tersisa Asuna yang akhirnya sadar bahwa kesendiriannya lah yang menyebabkan ia datang ke Agartha. Akhirnya ia bertemu dengan mendiang istri Morisaki, Lisa, yang memberitahukan bahwa ia ingin agar suaminya kembali ke dunia kehidupan tanpa dirinya.

Ketiga film tersebut akan dapat Citizen saksikan pada tanggal 13-14 Maret 2013. Siapa yang tertarik untuk menonton bersama?


SHARE
Previous articleGuardians of the Galaxy Akan Menguak Lebih Dalam Kehidupan di Luar Angkasa
Next articleUltralist: Evolusi Penampilan Lara Croft dari Masa ke Masa
Penulis berbagai macam tema, mulai dari anime, game, kucing, Naruto, Dragon Ball, meme, netizen, dan banyak hal lainnya seputar itu.