Nexian 8Mini, iPad mini Citarasa Lokal, Harganya Hanya 1.5 Jutaan!

Tidak bisa dipungkiri, nama Apple masih menjadi rujukan di bisnis tablet. iPad pun diakui menjadi tablet terlaris dunia. Dan walaupun iPad mini masih belum menunjukkan figur seheboh kakaknya yang berukuran besar, namun terbukti Samsung pun juga kuatir dengan keberadannnya dan menyiapkan Galaxy Note 8.0. Di luar vendor besar, ada nama-nama lokal yang biasa mengisi segmen bawah, dan memanfaatkan pertimbangan standar harga yang terlalu tinggi dari produk yang ditawarkan brand ternama. Seperti Nexian, kali ini mereka mengkonfirmasikan Nexian 8Mini, tablet 8-inchi yang tampilannya mirip iPad mini, namun dibanderol dengan harga hanya Rp. 1.5 jutaan.

Walaupun ada kata mini, namun harga resmi iPad mini di Indonesia memang agak tinggi. Termurah iPad mini Wifi 16GB harganya Rp 3.999.000, dan meningkat hingga yang versi iPad mini 4G + Wifi 64GB mencapai Rp 7 jutaan. Sedangkan Galaxy Note 8.0, meskipun belum diungkapkan, diperkirakan tidak akan jauh dibandingkan varian 3G dari iPad mini. Bandingkan saja dengan penawaran Nexian ini, dimana Nexian Mi 820 8Mini yang juga mengajukan layar 8-inchi ini dijual hanya Rp. 1.5 jutaan.

Untuk performanya, tablet yang hanya didukung modul Wi-Fi ini dipersenjatai prosesor dual core (belum diungkapkan, kemungkinan varian dari Actions dengan GPU Vivante, karena chipset MediaTek sendiri maksimal masih 1.2 Ghz), didukung dengan RAM 1 GB yang menjamin kinerjanya tetap lancar. Tablet yang sudah menjalankan Android 4.1 Jelly Bean ini mengajukan layar sentuh capacitive 8-inchi dengan resolusi XGA 1024×768-pixel. Sama persis seperti yang ditawarkan Apple untuk iPad mini. Sayang Nexian tidak memberikan data jenis layar dan berapa kerapatan pixelnya.

Makin membuatnya mirip iPad mini, Nexian membalut 8Mini mereka ini dengan casing berwarna silver. Keseluruhan tubuhnya dirancan berukuran slim dan ringan, sehingga tetap nyaman dibawa kemana-mana. Kemudian untuk mendukung aspek multimedianya, ada dua kamera yang bisa kamu manfaatkan. Kamera belakangnya beresolusi 2-megapiksel, dan kamera depan beresolusi VGA. Memang tidak sebanding dengan iPad mini yang kamera utamanya 5-megapixel dan kamera depan 1.2-megapixel, namun dengan harga 1.5 jutaan, apa yang ditawarkan Nexian itu masih masuk akal.

Fitur lainnya yang ditawarkan si mini ini antara lain, aplikasi standar seperti radio FM, audio/video player, Google Play Store, YouTube, Facebook, Twitter, Yahoo Messenger, Gmail, hingga Google Maps. Internal memory-nya 8 GB, dan masih bisa diperbesar melalui micro SD hingga 32 GB. Sayang, konektivitasnya sekadar WiFi saja, selain Bluetooth v3.0, dan HDMI output. Oh ya, untuk mendukung pengoperasiannya, disematkan baterai berkapasitas 4000-mAh.

Sementara ini Nexian Mi 820 8Mini baru bisa kamu pesan secara pre-order eksklusif melalui toko online Lazada mulai hari ini dengan harga Rp 1,5 juta. Belum diketahui kapan ketersediaan iPad mini “jadi-jadian” tersebut di lokasi lain. Sehubungan dengan peluncuran 8Mini ini, CEO S Nexian, Harijadi Prawiirotomo B. mengungkapkan di Jakarta kemarin, bahwa tahun ini mereka akan menargetkan penjualan 750 ribu unit smartphone dan 250 ribu tablet. Dan 8Mini ini menjadi salah satu rujukan mereka untuk mencapai angka penjualan tersebut.


SHARE
Previous articleDisney Berikan Lampu Hijau Untuk Sekuel Oz: The Great and Powerful
Next articleGuardians of the Galaxy Akan Menguak Lebih Dalam Kehidupan di Luar Angkasa

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY – yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi “ngoprek” smartphone.