Evolusi Tokyo Game Show 2013, Siap Menghadirkan Lebih Banyak Game Indie!

Promo Image TGS 2012 tahun lalu

Tokyo Game Show (TGS) siap berevolusi dalam banyak hal pada perhelatannya tahun ini. Seperti dikutip dari Polygon, salah satu evolusi terbesar yang dilakukan oleh event tahunan di Jepang ini nantinya adalah dengan menghadirkan lebih banyak exhibitor yang membawa game-game independen mengingat dewasa ini banyak sekali bermunculan developer-developer indie, bukan hanya di Jepang saja melainkan juga di seluruh dunia termasuk Indonesia. Bukan hanya itu, di dalam venue acara pihak penyelenggara juga bersiap untuk menyediakan cetakan kaki yang lebih besar di lantai, untuk mempermudah seseorang mencapai satu area di saat pameran dalam keadaan penuh sesak pengunjung.

Bukan hanya game indie yang mendapat perhatian besar dalam TGS 2013 nanti. Penggemar Cosplay dan cosplayer pun juga akan dimanjakan dengan hadirnya booth Cosplay Goods yang menjual berbagai macam aksesoris untuk melengkapi penampilan para cosplayer. Selain itu, pihak penyelenggara juga menyediakan beberapa film untuk diputar, serta dilengkapi dengan pertunjukan musik.

Suasana booth Capcom dalam TGS 2012 lalu

Dengan mengusung tema Games: Limitless Evolution, total sampai saat ini pihak penyelenggara sudah mengkonfirmasikan akan terdapat penambahan enam booth di area pameran, antara lain:

  • Cyber Games Asia Area, berisi game-game PC dan hardware yang digunakan dalam pertandingan eSport Cyber Game Asia
  • Cloud Gaming Area, berisi game-game dan juga platform berbasis Cloud
  • Otome Game Area, berisi game-game Otome yang lebih banyak ditargetkan untuk pasar wanita
  • Cosplay Area, area penjualan berbagai macam item dan aksesoris untuk cosplay
  • Music Live Event, pertunjukan musik dari band-band yang membawakan lagu-lagu dari game dan anime
  • Business Startup Area, area khusus untuk perusahaan-perusahaan dalam industri game yang mulai dibentuk Januari 2011 atau yang lebih muda.

Kabar baik lainnya bagi yang setiap tahunnya mengikuti TGS lewat channel video resminya, untuk tahun ini pihak penyelenggara mengungkapkan bahwa video channel yang menyiarkan event-event selama TGS 2013 akan juga hadir dalam bahasa Inggris. TGS 2013 akan kembali diadakan di Makuhari Messe seperti tahun lalu, dan menurut rencana akan diselenggarakan pada tanggal 19 hingga 22 September 2013 yang akan datang.

[Sumber: Polygon]


SHARE
Previous articleTrailer Terbaru Versi Jepang Monsters University
Next articleEye Candy: Beragam Fanart Indah Tomb Raider
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.