The Jakarta Toys & Comic Fair 2013: Liputan Hari Kedua

Hari kedua The Jakarta Toys & Comic Fair 2013 tampak lebih ramai dan semarak dibandingkan hari pertamanya. Selain karena diselenggarakan tepat para hari Minggu, di hari kedua ini lebih banyak event yang diselenggarakan, baik yang diselenggarkan di panggung maupun di booth. Satu hal yang mencuri banyak perhatian adalah banyaknya cosplayer yang “berkeliaran” di arena pameran, dimana mereka mengenakan kostum yang cukup unik, sebut saja Captain America versi wanita, atau bahkan cosplayer “jadul” yang mengenakan tokoh dalam Winspector, salah satu Tokusatsu yang populer di era 90-an.

Event cosplay yang diadakan juga diikuti banyak cosplayer dengan kostum-kostum menawan, seperti duet Iron Man dan War Machine, Sonic, hingga beberapa cosplayer dengan kostum Kamen Rider. Bagi kolektor mainan pun hari kedua menjadi kesempatan yang baik bagi mereka untuk melengkapi koleksinya, karena banyak booth yang memberikan diskon habis-habisan untuk barang yang mereka pamerkan.

Event-event lain yang diselenggarakan pada hari kedua antara lain kompetisi LEGO Building yang memacu kreatifitas para pengunjung untuk membuat bentuk dari balok-balok LEGO, kompetisi game Sonic untuk dewasa dan kompetisi Track TOMICA. Selain itu, beberapa cosplayer terbaik juga menunjukkan kebolehan mereka di atas panggung dengan mengenakan kostum andalan mereka, seperti C3PO dan Batman.

Hal menarik lain yang mewarnai hari kedua ini adalah kehadiran Alodia Ginsengfao, seorang cosplayer yang juga kita kenal sebagai salah satu VJ Animax. Sayang, waktu kedatangannya sangat singkat sehingga Alodia hanya sempat mengenakan satu kostum saja, yaitu Baroness dari G.I Joe. Kebetulan juga, Sabtu adalah hari ulang tahun Alodia, maka pihak penyelenggara diwakili oleh Sacca memberikan hadiah khusus kepadanya. Meskipun kedatangannya sangat singkat, namun Alodia sempat memberikan tanda tangan kepada para penggemarnya dan menjadi juri untuk kompetisi cosplay. Kami juga sempat melakukan wawancara singkat dengannya, jadi tunggu artikel kami selanjutnya ya!

Selain dipenuhi cosplayer dan mainan, The Jakarta Toys & Comic Fair ini juga menandai launching dari SEGA. Di hari pertama, SEGA mengkonfirmasikan pembukaan kantor marketing baru di Indonesia dan mulai memasarkan produk-produknya. Bahkan, isi goodie bag untuk wartawan adalah blu ray PS3 asli dari Sonic Allstar Racing lho! Selain dukungan dari SEGA, banyak pihak juga sangat mendukung acara ini, salah satunya adalah LEGO yang memberikan dukungan sangat besar. Mereka mengadakan banyak kompetisi, memamerkan koleksinya dan mendiskon habis barang-barangnya yang tentunya langsung diserbu pembeli dan ludes hanya di hari pertama saja sebelum jam 12 siang!

[nggallery id=466]

The Jakarta Toys & Comic Fair 2013 benar-benar meriah dan menjadi salah satu apresiasi terbesar bagi komunitas geek dan cosplayer di Indonesia. Semoga acara serupa bisa diadakan di kota-kota lainnya dan semakin meriah lagi di perhelatan tahun depan!


SHARE
Previous articleDetail Star Wars: First Assault Bocor, Pemanasan Sebelum Battlefront III!
Next articleCall of Duty: Black Ops II Tawarkan Metode Transaksi Mikro untuk Gamer Xbox 360
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.