Klompencapir, Kuis Gokil untuk Bernostalgia dengan Pop Culture Era 90-an!

Sebagian dari pembaca mungkin sempat merasakan “hidup” di era 90-an dan menikmati banyak hiburan di era tersebut, mulai dari anime, tokusatsu, hingga mainan-mainan tradisionalnya. Nah, kali ini Slab Games, studio yang saat ini berdomisili di Bali membuat sebuah game kuis untuk Android yang mengajakmu kembali bernostalgia dengan era tersebut  berjudul Klompencapir. Namanya terdengar aneh, namun nama ini adalah singkatan dari KLOMpok PENderita CAcat PIkiran. Ya, disini kamu ditantang untuk segokil apa pikiranmu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan konyol dan gokil, yang terkadang jawabannya diluar logika. Hehe. :D

Terkadang, ada juga beberapa pertanyaan yang jawabannya tidak ada di dalam pilihan yang disediakan. Namun, kamu dituntut untuk memiliki pikiran yang kreatif dan “diluar logika” untuk menjawabnya dengan memperhatikan objek-objek lain yang ada di sekitar layar. Contohnya saja, ketika kamu diberikan sebuah pertanyaan aritmatika penambahan, kamu tidak akan menemukan jawabannya di pilihan yang ada. Namun, dengan satu sentuhan di tanda “+”, maka tanda tersebut bisa berubah menjadi “x”, sehingga jawabannya ada di salah satu pilihan gandanya. Gokil bukan?

Nuansa 90-an memang sangat kental dalam game ini, dan hal ini ditegaskan juga oleh Hermanto, Game Designer sekaligus Programmer dari game ini. “Yang mendasari kita untuk membuat Klompencapir adalah kita semua berasal dari generasi 90-an, dan kita suka dengan yang berbau 90-an. Itu terlihat dari konten Klompencapir yang sangat 90an sekali. Dan memang kebetulan kita ingin membuat kuis berbahasa Indonesia untuk platform Android. Jadinya ya Klompencapir ini, game kuis dengan tema 90an,” bebernya saat dihubungi Duniaku. Beberapa konten 90-an yang dimaksud contohnya adalah beberapa pertanyaan mengenai Ksatria Baja Hitam, salah satu tokusatsu yang tenar di era tersebut.

Untuk membuat Klompencapir, Hermanto mengaku terinspirasi dari banyak game-game kuis yang sudah ada, namun diolah dengan konten lokal yang sangat kental. “Inspirasi Klompencapir kita ambil dari beberapa game dengan genre yang sama yaitu game kuis seperti Impossible Quiz, Idiot Test, dan game kuis serupa lainnya. Kita melihat dan membandingkan game-game itu dan kemudian membuat versi kita sendiri yang telah dimodifikasi sesuai dengan konten dan kreatifitas kita lagi,” bebernya lebih lanjut.

Terakhir, Hermanto mengungkapkan bahwa Klompencapir yang sudah dirilis ini baru versi pertama atau yang disebutnya dengan Regu A. Nantinya, akan hadir “sekuel-sekuel” selanjutnya dengan jumlah pertanyaan yang lebih banyak dan lebih kreatif lagi. “Rencana ke depan untuk Klomepencapir adalah kita mau membuat versi lanjutan dari Klompencapir regu A yang sekarang, yaitu regu B, regu C, dst dengan konten yang lebih menarik dan jumlah interaktif yang lebih banyak lagi,” pungkasnya.

Tertarik untuk memainkan Klompencapir dan ingin menguji segokil dan se-“cacat” apa pikiranmu dalam menyelesaikan setiap pertanyaannya? Silahkan unduh langsung game ini di Google Play Store secara gratis!