Beberapa Cara Menyeimbangkan Kehidupan Dengan Hobi Bermain Video Game

Salah satu masalah besar ketika seseorang semakin beranjak tua adalah terbatasnya waktu senggang yang dimiliki, terutama kegiatan untuk diri sendiri. Salah satu kegiatan tersebut adalah bermain video games, yang bisa jadi hal pertama yang selalu  kita coba singkirkan ketika bertabrakan dengan kepentingan lainnya.

Beberapa tips berikut mungkin bisa diterapkan ketika ingin menyeimbangkan kehidupan Citizen dengan bermain video games, terutama masalah manajemen waktu. Kita bisa tetap selalu menyelaraskan kehidupan bermain kita dengan kehidupan nyata kita.

1. Batasi Konsumsi Game; Hindari Judul-Judul Game Yang Banyak Menghabiskan Waktu Anda

Banyak Citizen mungkin dahulu merupakan gamer-gamer hardcore, yang menghabiskan akhir pekan untuk mendekam di kamar memainkan game-game online, atau mungkin setiap selesai bersekolah langsung menghabiskan waktu untuk menamatkan berbagai judul game berjam-jam lamanya. Sosialiasi dulu kala bagi teman-teman gamer bisa jadi hanya sebatas chating bersama teman-teman satu guild dalam suatu game online. Tapi sekarang bukanlah seperti masa muda kita. Ketika Citizen memiliki berbagai kesibukan dan tanggung jawab yang banyak, otomatis kehidupan game kita tentu saja sangat berkurang. Judul-judul game yang biasanya bisa kita lahap berhari-hari bahkan berbulan-bulan lamanya sudah saatnya kita tinggalkan. Hal ini sudah tidak cocok dengan kehidupan sebenarnya Citizen yang sudah mendapatkan berbagai kesibukan. Apabila memang Citizen menyukai genre-genre seperti RPG yang banyak menguras waktu, pilihlah judul-judul game khusus handheld yang bisa setiap kali kita mainkan pada kesempatan luang. Kesempatan luang ini terbatas seperti pada hal yang sering tidak produktif, seperti saat kita menunggu antrian, duduk menunggu di dalam transportasi umum, atau saat menunggu teman datang. Selain itu batasi pada setiap harinya, mungkin cukup setengah jam saja. Hal ini bisa menjadi tantangan tersendiri, mengingat setengah jam itu sangatlah singkat. Tapi ini semua merupakan kebutuhan, karena banyak tanggungjawab yang lebih penting dibalik itu semua.

Yang terpenting adalah pilihan game Citizen. Apapun game dan style game yang dimainkan, ingat selalu untuk tidak memilih game yang bisa membuat kita terpaku didepan layar video game berjam-jam tanpa mengurusi apa yang disekitar Citizen.

2. Lewati Hal-Hal Ekstra; Teruskan Saja Alur Utama

Dengan mengorbankan rasa puas kita menjelajahi berbagi hal tambahan, seperti berbagai side-quest atau item-item tersembunyi di genre RPG, dan tetap fokus untuk memainkan gameplay utamanya, bisa menjadi suatu langkah bijaksana, meskipun terdengar sangatlah berat. Ini bisa menghemat banyak waktu, dengan hanya fokus pada cerita utama. Hal-hal seperti manajemen karakter RPG kita juga bisa kita hindari seminimal mungkin untuk menghemat banyak waktu. Berbagai game juga menyediakan banyak achievement dan trophy yang sama sekali tidak berhubungan dengan alur utama untuk menyelesaikan game tersebut. Sebisa mungkin juga hindari hal semacam ini dan mainkan game Citizen sealami mungkin.

3. Pastikan Prioritas Anda Tetap Lurus

Menentukan nilai prioritas bisa jadi merupakan salah satu hal terpenting dalam memanajemen waktu bermain video game Citizen. Kita harus tahu bahwa bagaimanapun bentuk game, game hanyalah game. Apabila ada kepentingan lain yang lebih membutuhkan perhatian kita, sebaiknya tinggalkan dahulu aktivitas bermain kita, dan selesaikan daftar kewajiban kita. Pasti rasanya  lebih menyenangkan ketika bermain game tanpa ada kewajiban-kewajiban yang membebani pikiran kita. Jika kalian melewati deadline dari berbagai kewajiban karena bermain game, banyak yang kecewa dengan kita, bahkan bermain game serasa tidak lagi menyenangkan. Bukan berarti game ini menjauhkan anda dari kesuksesan kita, tapi mereka hanya butuh prioritas. Itu saja.

4. Lakukan Pertukaran Pada Hiburan Anda

Kalau Citizen mungkin memiliki berbagai macam hobi seperti datang ke event-event lokal, konser artis-artis lokal maupun mancanegara, membaca komik, mungkin bisa mencoba menukarnya dengan memainkan judul game yang selalu ingin anda mainkan. Hal ini tidak akan mempengaruhi kewajiban dan tanggungjawab anda karena Citizen hanya menukar salah satu aktifitas hobi lain dengan bermain video game. Ini bisa menjadi salah satu cara ampuh agar kegiatan hobi anda tidak selalu monoton untuk aktifitas-aktifitas tersebut. Lakukan hal-hal yang berbeda-beda.

5. Selalu Selektif Dalam Bermain Game

Semakin bertambah umur, sudah bukan saatnya selalu mencoba game-game terbaru yang baru saja dirilis. Sudah saatnya Citizen selektif dalam memilih judul game yang benar-benar ingin dimainkan. Sama halnya ketika kita memilih pakaian. Ada kalanya ketika kita melihat berbagai macam jenis pakaian, kita ingin membelinya. Namun orang tua selalu mengingatkan kita, bahwa pakaian yang kita pilih tersebut bisa jadi tidak akan kita kenakan dan menahan kita untuk tidak membelinya. Sama halnya dengan game. Apabila Citizen hanya memilih-milih saja judul game, pada akhirnya hanya akan dibiarkan tergeletak begitu saja. Pastikan selalu memilih game yang benar-benar ingin Citizen mainkan.

6. Mainkan Dalam Tingkat Kesulitan Easy

Bisa jadi mode ini dibuat untuk mengakomodasi hal seperti ini. Penghematan waktu. Memang banyak gamer yang lebih memilih diawal bermain dalam mode Normal. Namun apabila memang pada suatu kesempatan, Citizen tahu bahwa game yang akan dimainkan merupakan salah satu judul yang akan mengambil banyak waktu Citizen untuk menamatkannya, lebih baik awali dengan bermain dalam tingkat Easy. Citizen tetap akan merasakan berbagai pengalaman yang disediakan dalam game, namun dengan waktu yang wajar dan jauh lebih singkat tentu saja. Bisa jadi Citizen malah akan jauh lebih suka terhadap judul game tersebut.

7. Integrasikan Games Dengan Kehidupan

Terkadang sangat susah mengintegrasikan kehidupan berkeluarga dengan kehidupan bermain game, apalagi saat telah memiliki buah hati. Banyak ayah yang mengatakan bahwa dengan menambah jam malam untuk bermain game bisa menjadi salah satu solusinya. Tapi cara ini justru malah akan mengorbankan waktu kenyamanannya tidur Citizen. Ada juga yang menyarankan dengan menyelipkan waktu bermain game anda dalam sepekan saat waktu-waktu tidak bekerja. Namun, yang bisa jadi langkah terbaik adalah dengan melakukan sesi multiplayer game dengan keluarga. Hal ini membuahkan dua keuntungan sekaligus, waktu bersama keluarga sekaligus waktu bermain game. Selalu pilih judul game yang sesuai dengan pertumbuhan sang buah hati, apabila telah memiliki anak. Kalaupun masih belum berkeluarga, Citizen bisa menggunakan waktu-waktu lengang seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, saat-saat di kendaraan umum, mengantri, dan banyak lagi lainnya.

Bagaimana dengan Citizen?


SHARE
Previous articleUniversal Pictures Percayakan Jurassic Park IV di Tangan Colin Trevorrow
Next articleUltralist: Para Pencuri Hati (dan Dompet) Kita di Video Game
Penulis berbagai macam tema, mulai dari anime, game, kucing, Naruto, Dragon Ball, meme, netizen, dan banyak hal lainnya seputar itu.