Ultralist: Para Pencuri Hati (dan Dompet) Kita di Video Game

Penjahat. Penipu. Bandit. Perampas. Pencopet. Para pencuri di video game hadir dengan banyak nama, tapi mereka berhasil mencuri hati (dan dompet) kita untuk terus melihat aksinya dalam game kesayangan kita. Berikut adalah beberapa karakter “pencuri” di video game yang sepertinya paling mengesankan dan memang benar-benar mencuri hati kita, sehingga terus terkenang dalam pikiran.

Ultralist: Para Pencuri Hati (dan Dompet) Kita di Video Game

Ultralist: Para Pencuri Hati (dan Dompet) Kita di Video Game

Penjahat. Penipu. Bandit. Perampas. Pencopet. Parapencuri di video game hadir dengan banyak nama, tapi mereka berhasil mencuri hati (dan dompet) kita untuk terus melihat aksinya dalam game kesayangan kita. Untuk memperingati kembalinya Sly dalam Sly Cooper: Thieves in Time, artikel Ultralist kali ini akan membahas siapa saja para karakter “pencuri” di video game yang sepertinya paling mengesankan dan memang benar-benar mencuri hati kita, sehingga terus terkenang dalam pikiran.

10. Kasumi Goto

Ultralist: Para Pencuri Hati (dan Dompet) Kita di Video Game

Terakhir terlihat memberikan informasi sebagai mata-mata di Mass Effect 3

Saat pertama bertemu Kasumi Goto di Mass Effect 2, pencuri antar galaksi tersebut mengalihkan perhatian kita dari menyelamatkan dunia, untuk membantunya menyelesaikan masalah dengan Donovan Hock, sang penjual senjata yang menculik partner Kasumi, Keiji. Setelah berhasil membantunya, Kasumi pun bergabung dalamNormandy dan berteman dengan Commander Shepard, meski jarang berbicara.

Aura dingin dari Kasumi dan loyaltinya kepada Shepard benar-benar membuatnya menjadi salah satu karakter pencuri yang diingat, sehingga dia pun kembali di Mass Effect 3. Di DLC Mass Effect 3 juga diperlihatkan bagaimana akhir kisah Kasumi ini.

9. Locke Cole

Ultralist: Para Pencuri Hati (dan Dompet) Kita di Video Game

Terakhir terlihat mencuri potion (dan hati) di Final Fantasy III (alias Final Fantasy VI di Jepang)

Dalam dunia RPG dan para pemain di era 90-an, pasti tidak ada yang tidak mengenal pencuri kharismatik satu ini, yap Locke Cole dari Final Fantasy VI. Seorang yang mengaku dirinya sebagai “pemburu harta karun” (padahal pencuri) dan berusaha melindungi nyawa wanita yang ditemuinya, mengingat tunangannya yang bernama Rachel tewas dalam serangan Empire. Tipikal playboy yang benar-benar terobsesi untuk melindungi wanita, agar dia tidak lagi melihat seorang wanita meninggal di depan matanya.

Karismatik, penuh gaya, mampu menyerang dengan cepat menggunakan Zwill Crossblade, Locke benar-benar bisa diandalkan di saat yang tepat. Dan karena itulah dia menjadi ikon karakter pencuri bagi semua pemain RPG (termasuk saya), meski ada karakter pencuri lain dari serial Final Fantasy seperti Zidan (FF IX), Rikku (FF X), dan Balthier (FF XII). Pesonanya tak pernah lekang oleh waktu bukan?

8. Garrett

Ultralist: Para Pencuri Hati (dan Dompet) Kita di Video Game

Terakhir terlihat bersembunyi dalam kegelapan di Thief: Deadly Shadows

Garret di serial Thief adalah seorang yang arogan, seenaknya sendiri, dan berhati dingin yang sanggup melihat dengan mata mekanisnya. Benar-benar tipikal seorang pencuri yang jahat dan tidak disukai banyak orang, tapi justru itulah daya tarik sang “One True Keeper” satu ini.

Mungkin karena kita bersimpati dengan masa lalunya yang kelam. Mungkin karena kita tahu bahwa pasti ada orang-orang yang mengintai di balik bayang-bayang di gang-gang sempit. Atau mungkin karena, seperti kebanyakan orang, kita secara tidak sadar tertarik dengan kepribadiannya yang sarkastik. Garrett adalah seorang pencuri yang tidak akan membunuh karena dia merasa dirinya seorang profesional, tapi baru akan membunuh jika terdesak (dan juga kalau ada imbalan yang setimpal).

7. Bentley

Ultralist: Para Pencuri Hati (dan Dompet) Kita di Video Game

Terakhir terlihat menyelinap dari sistem keamanan di Sly Cooper: Thieves in Time

Serial Sly Cooper mungkin menjadi inspirasi dari banyak game-game bertema bandit, tapi ketika ditanya karakter bandit mana yang menarik perhatian, mungkin Bentley ini jawabannya. Seekor kura-kura yang bertingkah layaknya manusia, pintar, mudah mencari informasi dengan laptop tercintanya, benar-benar membuatnya sebagai inti dari geng Sly Cooper. Memang sihMurray memiliki fisik yang kuat, Sly benar-benar lincah, dan Penelope bisa membidik dengan tepat, tapi Bentley benar-benar memegang kendali di sini.

Bahkan boleh dibilang Bentley berperan besar bagi Sly, karena dia telah menyelamatkan nyawa Sly beberapa kali. Membahayakan jiwanya dalam tempurungnya dimedantempur, bahkan sampai menguasai kemampuan penjelajahan waktu untuk memberikan yang terbaik bagi geng Sly Cooper. Meski dia menggunakan kursi roda, hal tersebut tidak membatasi geraknya sebagai seorang ahli strategi dalam mencuri. Dia juga yang berperan menemukan beragam alat dan senjata canggih untuk memperlancar proses pencurian.

6. Nathan Drake

Ultralist: Para Pencuri Hati (dan Dompet) Kita di Video Game

Terakhir terlihat bergantungan untuk menyusup di Uncharted 3: Drake's Deception

Jika ada versi modern dari Han Solo di dunia video game, mungkin Nathan Drake adalah orangnya. Sama halnya seperti smuggler terkenal di Star Wars tersebut, Drake adalah pencuri profesional, ehem, ”pemburu harta karun”, yang sangat terkenal. Pencuri yang karismatik, memiliki penampilan menarik, dan selalu terobsesi dengan beragam harta karun maupun artifak dari beragam tempat bersejarah untuk bisa dimiliki olehnya.

Sama halnya seperti Han Solo, Drake tidak bisa meninggalkan begitu saja satu harta karun tergeletak tanpa dimiliki olehnya. Karena sifatnya itulah dia menjadi begitu terkenal sebagai karakter pencuri kharismatik, yang sering kali bergantungan untuk bisa mendapatkan semua artifak maupun harta karun tersembunyi di mana pun.

5. Link

Ultralist: Para Pencuri Hati (dan Dompet) Kita di Video Game

Terakhir terlihat masuk dan memecahkan bermacam barang di Legend of Zelda: Skyward Sword

Adadua hal absolut di dunia Hyrule. Pertama, pasti ada kejadian yang mengancam nyawa tiap dua atau tiga tahun sekali. Dan kedua, Link yang akan mencuri semua barang-barang di rumah para penduduk Hyrule tanpa dipergoki sekalipun. Tak peduli apakah ada hati, sekantong rupee, atau apapun di balik pot di tiap rumah, selama pot-pot tersebut terjangkau oleh bom, bumerang, panah sihir, atau Link sendiri, maka semua hal tersebut akan berpindah ke kantongnya.

Bahkan hingga rerumputan pun ditebas oleh Link untuk mendapatkan beragam hal di baliknya. Benar-benar tipikal pencuri yang “tak terlihat”. Para penghuni Hyrule pun tak keberatan rumah mereka dimasuki olehnya, karena memang Link memiliki tugas mulia yakni melindungi Hyrule (mulai dari dungeon,kota, desa, hutan, hingga platform di langit). Semuanya aman terkendali selama ada Link. Mungkin bagi penghuni Hyrule yang merasa privasinya terganggu jika ada Link yang tiba-tiba masuk ke rumahnya, bisa menyuruh Link untuk tetap tinggal di rumahnya hehe.

4. Tallis

Ultralist: Para Pencuri Hati (dan Dompet) Kita di Video Game

Terakhir terlihat merusak kunci (dan mematahkan hati) di Dragon Age II: Mark of the Assassin

Tallis adalah assassin dari ras elven yang bekerja untuk Qunari dan hanya tersedia melalui DLC Mark of the Assassin. Benar-benar eksklusif untuk quest tersebut, sehingga setelah menyelesaikannya dia benar-benar meninggalkan party. Pisau adalah senjata favoritnya saat bertarung, dan juga memiliki beberapa pisau lempar berbentuk unik untuk serangan jarak jauhnya.

Daya tarik Tallis terletak pada pola pikirnya yang jahat dan kejam, keahlian bertarungnya yang tinggi, dan juga mungkin model karakternya yang mirip dengan pengisi suaranya, Felicia Day (bahkan suaranya juga diisi oleh Felicia). Pencuri berdaya tarik tinggi, Tallis.

3. Yusuf Tazim

Ultralist: Para Pencuri Hati (dan Dompet) Kita di Video Game

Terakhir terlihat membuat para Templar kalang kabut di Assassin's Creed: Revelations

Paraprotagonis di serial Assassin’s Creed sering kali digambarkan sebagai orang yang tegar, sedikit sombong, merenungkan semua tindakannya, atau memiliki semuanya. Tapi tidak halnya dengan Yusuf Tazim. Sebagai pimpinan dari Ottoman Brotherhood of Assassins, Yusuf adalah tipe orang yang sering kali menipu para Templar di siang hari, dan menggoda gadis-gadis di La Rosa Colta pada malam hari. Dan dia berhasil melakukannya dengan indah sehingga banyak orang yang menjadi pengikutnya.

Yusuf benar-benar hebat sebagai seorang pemimpin. Memiliki sumber informasi yang selalu update, selalu terlihat riang, dan memiliki bakat sebagai pemimpin sejati yang tidak akan segan mengajari orang baru untuk membuat bom atau memanjat dengan hookblade. Tanpa koneksi dari Yusuf, mungkin Ezio akan tersesat sendirian dan tidak terkenal di Constantinople. Bahkan pengorbanan dirinya di akhir Assassin’s Creed: Revelation benar-benar menjadikan dirinya sebagai salah satu NPC penting yang pernah ada di Animus.

2. Catwoman

Ultralist: Para Pencuri Hati (dan Dompet) Kita di Video Game

Terakhir terlihat menyusup di Batman: Arkham City

Di luarnya, Selina Kyle (alias Catwoman) eksis untuk membuat Batman makin merasa terganggu dengan kehadirannya. Tapi coba Catwoman tanpa kostum ketatnya, dia adalah seorang pencuri yang lemah dan benar-benar manusia, sama halnya seperti Bruce Wayne. Selina memiliki selera humor tinggi dan sifat cerianya membawa warna tersendiri di jalan-jalanArkhamCityyang gelap dan suram. Tapi saat dibutuhkan, dia akan selalu ada untuk membantu Batman.

Di Arkham City, sebenarnya Catwoman memiliki kesempatan untuk kabur dari penjara dengan keamanan super tersebut. Tapi dia malah membahayakan nyawanya sendiri untuk menyelamatkan Bruce Wayne yang terdesak di dalamArkhamCity. Pencuri lihai yang bisa menyelinap dengan lincah dan mencuri tanpa ketahuan sedikit pun, menjadikan Catwoman salah satu karakter pencuri yang takkan terlupakan.

1. Yoshimitsu

Ultralist: Para Pencuri Hati (dan Dompet) Kita di Video Game

Terakhir terlihat bertarung dengan kehormatannya di Tekken Tag Tournament 2

Konsep “mencuri dari yang kaya untuk diberikan kepada yang kekurangan” mungkin sudah terkesan kuno, tapi beberapa orang menganggap konsep tersebut benar-benar pas di hati, salah satunya bagi Yoshimitsu. Dari awal serial Tekken, pimpinan Manji ini beraksi di balik layar untuk merampok dari orang-orang yang melakukan korupsi, para jawara turnamen King of Iron Fist, mencuri dari Mishima Zaibatsu, demi kemaslahatan orang-orang yang dianggapnya kekurangan.

Aksi-aksi perampokan dan pencurian yang dilakukan oleh Yoshimitsu benar-benar tidak untuk dirinya sendiri. Selain itu dia juga bertarung dengan menjaga kehormatannya sebagai salah satu ahli ninjutsu. Dan dengan topeng serta gaya bertarungnya yang khas, membuat dirinya begitu terkenal di kalangan pemain game fighting (selain sebagai pencuri berhati baik tentunya).

Mungkin ada di antara kamu yang memiliki karakter pencuri favoritmu yang tak tersebutkan di sini? Langsung berbagi saja ya di kolom komentar.

[ Sumber : Games Radar ]

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU