Gears of War: Judgment Preview: “Warisan” Terakhir CliffyB Sebelum Meninggalkan Epic Games

Developer : Epic Games / People Can Fly
Publisher : Microsoft Studios
Release : 19 Maret 2013
Platform : Xbox 360
Genre : Third Person Shooter
Rating : M

Sekitar bulan Oktober lalu, kita mendapatkan kabar yang cukup mengejutkan dari markas Epic Games. Salah satu orang yang paling berpengaruh dalam studio tersebut, Cliff Bleszinski atau yang akrab disapa dengan CliffyB meninggalkan studio yang sudah dibesarkannya selama dua dekade terakhir. Beruntung, sebelum meninggalkan Epic Games dan beristirahat sementara waktu dari dunia game, CliffyB sempat memberikan “warisan” kepada para gamer lewat satu seri Gears of War (Gears): Judgment. Selain ditinggal oleh CliffyB, dua orang lain juga meninggalkan studio masing-masing setelah mengembangkan game ini, seperti Adrian Chmielarz yang meninggalkan People can Fly untuk membentuk studio baru, dan Rod Ferguson sang Executive Producer dari Gears yang pergi untuk bergabung dengan Irrational Games. Meskipun terhitung sebagai game keempat dari Gears, namun Judgment justru mengambil setting waktu sebelum Gears pertama atau menjadi prekuel dari seluruh serial Gears.

Karena menjadi prekuel seluruh seri Gears, kamu tidak akan menemui Marcus Fenix maupun Dominic Santiago di game ini, melainkan dua orang protagonis utama baru, Damon Baird dan Augustus Cole yang harus memimpin pasukan Kilo Squad melawan invasi para Locust. Dikisahkan, di awal Locust War, Kilo Squad dituduh mengkhianati COG oleh Ezra Loomis. Penyebabnya adalah ketika Damon Baird memimpin pasukannya yang terdiri dari Augustus Cole, Sofia Hendrik dan Garron Paduk untuk melawan Locust di Halvo Bay, mereka disebut mencuri teknologi milik COG yang tengah dalam penelitian. Bagaimana Kilo Squad berperang melawan Locust, sekaligus membuktikan bahwa tuduhan pengkhianatan tersebut salah?

Epic Games dan People Can Fly sudah menjanjikan bahwa Judgment masih akan mempertahankan ciri khas TPS solid ala serial Gears. Selain mempertahankan ciri khas tersebut, mereka juga menambahkan beberapa fittur baru yang semakin memperkaya gameplay ini, seperti misi sampingan Declassified yang akan mempercepat kamu mendapatkan skor sempurna di setiap misi utama, hingga tambahan fitur multiplayer baru dengan jumlah anggota di tiap tim yang timpang, OverRun yang belum pernah diperkenalkan di serial Gears sebelumnya. Ditinggalkan CliffyB, Adrian dan juga Ferguson, akankah Judgment bisa menjadi warisan yang berharga bagi para penggemar Gears?

Misi Tambahan Declassified dalam Campaign Single Player  

Selain menawarkan campaign single player, satu hal yang membuat Judgment ini unik dan membedakan dari serial Gears lain adalah adanya tambahan misi Declassified. Kamu bisa menemui misi ini dalam tanda berwarna merah menyala yang ada di tembok-tembok. Misi ini akan menambah kesulitan kamu untuk menyelesaikan misi utama, utamanya untuk mendapatkan skor yang lebih tinggi dengan sistem skor tiga bintang yang menjadi sistem skor dalam game ini. Selain itu, Declassified juga akan sedikit mengubah beberapa objective awal dan skenario, yang bisa jadi mempercepat kamu menyelesaikan misi utama, atau bisa jadi memperlambat kamu menyelesaikannya.

Yang menarik, jika kamu tidak mampu menyelesaikan objective tersebut, maka kamu akan menghadapi tantangan yang lebih sulit lagi. Sebagai contoh, saat kamu mendapatkan objective untuk menghabisi musuh yang ada di satu area dalam waktu yang ditentukan, maka akan lebih banyak lagi musuh yang akan bermunculan. Namun, jika kamu berhasil melewati tantangan tersebut, maka peluang kamu untuk mendapatkan tiga bintang akan semakin besar. Oiya, mengambil misi Declassified tidak menjamin kamu untuk selalu mendapatkan tiga bintang. Jadi, pertimbangkan baik-baik sebelum memutuskan untuk mengambilnya ya!

Satu tambahan lain yang diberikan Epic adalah sebuah level yang mereka sebut dengan “Mobile Horde”. Level ini mirip dengan level yang kamu temui di Horde Mode dalam Gears sebelumnya, namun dikemas dalam bentuk campaign termasuk juga memiliki benteng lengkap dengan turret untuk membantu kamu. Dari segi arsenal, kamu akan menemui beberapa senjata baru, seperti Markza, sebuah sniper rifle semi otomatis, dan Breechshot, sniper rifle tanpa scope yang sebelumnya hanya dimiliki oleh para Locust.

Untuk kembali membaca artikel lama kami tentang Gears of War: Judgment, silahkan klik salah satu link di bawah ini:

– DLC Map dan Mode Multiplayer Gratis untuk Gears of War: Judgment Dikonfirmasikan

– Simak Demo Dua Mode Baru dalam Gears of War: Judgment!

– Bonus Pre-Order Gears of War: Judgment

– Intip Gameplay Free For All dalam Gears of War: Judgment


SHARE
Previous articleSHFIndo at The Jakarta 9th Toys and Comic Fair 2013
Next articleCompile Heart Siapkan Dua Game Neptunia Lagi untuk PS Vita
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.