Giliran Final Fantasy V Mendapatkan Kesempatan Remake Untuk iOS dan Android

Kabar ini sudah kita dengar sejak 20 Desember 2012 lalu, melalui trailer baru Final Fantasy IV untuk iOS yang dirilis Square Enix, kita mendapatkan penggalan kalimat jika raksasa RPG Jepang tersebut juga berencana membawa Final Fantasy V untuk mobile. Dan jawabannya terwujud kemarin, mereka pertama kali mengkonfirmasikan Final Fantasy V untuk iOS dan Android, dengan rencana rilis akhir bulan ini.

FINAL FANTASY IV for iOS

Dari trailer tersebut juga terlihat jika Square Enix berniat membawa banyak fantasi jadul mereka untuk smartphone dan tablet iOS serta Android. Semoga saja itu termasuk Final Fantasy IV: The After Years dan bahkan Crisis Core: Final Fantasy VII yang sampai saat ini masih berstatus Japan Only.

Kembali pada Final Fantasy V, seperti pada remake-remake mereka lainnya, untuk game SNES ini dikembangkan berdasarkan remake GameBoy Advance (dirilis November 2006 lalu) dari game RPG yang memulai debutkan pada tahun 1992 untuk Super NES tersebut. Sehingga kita bakal menemukan sprite karakter yang sudah didesain ulang, dan juga banyak pembaruan grafis dibandingkan versi originalnya. Seperti biasa, Square Enix pertama kali bakal merilisnya untuk iOS akhir bulan Maret 2013 ini, sedangkan untuk Android menyusulnya pertengahan tahun. Harganya dipatok ¥1,800, atau sekitar Rp. 185 ribuan.

Cukup mahal ya, untuk sebuah game mobile adaptasi game yang sudah beberapa kali mendapatkan remake — Final Fantasy IV saja kini harganya hanya US $10.99 di Apple iTunes. Namun mengingat strategi kapitalis Square Enix yang kini lebih suka menyedot uang kita dari platform mobile, seperti cara pemasaran “kerahkan semua uangmu” (bukan semua karaktermu) melalui Final Fantasy All the Bravest, harga yang tinggi untuk sebuah game mobile mini seperti ini sepertinya sudah menjadi standar developer tersebut.

Belum ada kabar kapan versi translasinya dirilis di luar Jepang, namun melihat Final Fantasy mobile mereka sebelumnya juga diterjemahkan, kita tinggal menunggu saja kabar selanjutnya.

Sumber: Famitsu


SHARE
Previous articleShoot Many Robots Menjadi Game Mobile, Gratis Untuk Pengguna Android dan iOS
Next article“I Will Walk Over Your Cold Corpses”, Trailer Terbaru Star Trek Into Darkness
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.