Samsung GT-i9190 Galaxy S4 mini: Penerus Galaxy S III mini, Bakal Dikenalkan Juli 2013

Pada 14 Maret 2013 lalu Samsung mengkonfirmasikan Galaxy S4. Flagship baru mereka tersebut langsung menjadi sorotan karena menawarkan spesifikasi tercanggih dibandingkan kompetitornya, namun dibalut casing yang tidak jauh berbeda dari pendahulunya. Melihat banyak desain Galaxy mereka akhir-akhir ini, tampaknya Samsung masih percaya jika desain ala Galaxy S III adalah yang paling aman dari tudingan copycat oleh para pesaingnya. Dan belum juga Galaxy S4 dirilis, Samsung rupanya langsung menyiapkan beberapa tipe lain yang membawa label “S4” tersebut untuk kelas yang berbeda. Seperti satu ini, Galaxy S4 mini.

Walaupun baru sekadar rumor, namun salah satu website yang fokus pada smartphone Samsung, yaitu SamMobile mengklaim jika mereka mendapatkan beberapa foto resmo dari Galaxy S4 mini. Menegaskan namanya, desain si mini tersebut sangat mirip dengan Samsung Galaxy S4, bahkan juga mengadopsi desain back cover yang sama dari saudaranya yang lebih besar. Galaxy S4 mini tersebut nantinya bakal muncul dengan kode nama GT-i9190, dan juga ditawarkan dalam pilihan dual SIM, satu fitur yang banyak dicari pengguna smartphone di negara berkembang seperti Indonesia.

Kemudian walaupun membawa nama besar “big brother-nya,” si mini ini tidak menawarkan chipset papan atas. Samsung menyematkan prosesor dual core yang tiap intinya bekerja di kecepatan 1.6GHz, dan layar 4.3-inchi dengan material Super AMOLED serta resolusi qHD alias 960×540-pixel dengan kerapatan 256ppi. Setidaknya meningkat dibandingkan dengan Galaxy S III mini yang saat ini juga sedang gencar-gencarnya dipromosikan Samsung, dimana S III mini hanya menawarkan layar 4-inchi dengan resolusi 800×480-pixel dan prosesor 1 GHz dari chipset ST-Ericsson NovaThor tipe U8420.

Gambar konsep Galaxy S IV dan S IV mini yang sudak eksis sejak akhir tahun 2012 lalu.

Samsung Galaxy S4 mini dikabarkan bakal pertama kali dikenalkan Juli 2013 mendatang, dan langsung menjalankan Android 4.2.2 Jelly Bean, seperti kakak besarnya Galaxy S4. Munculnya kabar Galaxy S4 mini ini tidak mengherankan, karena sejak akhir tahun lalu banyak dugaan Samsung juga bakal menyiapkan versi mini dari Galaxy S4, menyusul juga cukup larisnya Galaxy S III mini di pasaran. Strategi mereka, berbekal nama dan desain sama seperti flagship Galaxy S, namun dengan harga separuhnya saja. Soal spesifikasi, bisa jadi bukan di angka separuhnya dari Galaxy S III, atau Galaxy S4. Namun mereka yang hanya memandang nama Galaxy S III dan Galaxy S4 di depannya, jarang membandingkan seberapa cepat kinerjanya.

Selain itu, awal Februari 2013 lalu juga terungkap tiga proyek yang dikembangkan Samsung sehubungan dengan Galaxy S4. Disebut sebagai Project J, yang terdiri dari tiga perangkat. Antara lain Project J Altius, yang akhirnya kita kenal sebagai Galaxy S4, termasuk juga di dalamnya adalah aksesoris pendukungnya yang sudah kami ungkapkan di sini.

Kemudian bagian lainnya ada Project J Mini Serrano, yang kini kita dapati sebagai Galaxy S4 mini ini, termasuk di dalamnya juga ada aksesoris pendukung seperti Clear Cover, Flip Cover dan Protective Cover dengan model yang sama seperti aksesoris Galaxy S4. Dan Project J terakhir berbentuk sebuah smartwatch, dengan kode Project J Active Fortius. Jam tangan cerdas tersebut juga memiliki aksesoris sendiri seperti Arm Band, Bike Mount dan Pouch.

[cb type=”company”]Samsung Electronics[/cb]

Sumber: Sammobiles


SHARE
Previous articlePAX East 2013: Blizzard Terjun ke Dunia TCG dalam HearthStone: Heroes of Warcraft
Next articleNonton Yuk: Serial Tv Marvel Tahun 60-an
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.