PAX East 2013: XCOM: Enemy Unknown Siap Hadir untuk iOS!

Salah satu game terbaik 2012, XCOM: Enemy Unknown siap memasuki babak baru. Dalam perhelatan PAX East 2013 kemarin, Firaxis sang pengembang mengkonfirmasikan bahwa mereka siap untuk membawa game ini untuk menjajal platform iOS. Konfirmasi resmi ini pun dipertegas dengan video presentasi dari Jake Solomon, Lead Designer dari game ini beberapa saat setelah konfirmasi resmi dari Firaxis.

Dalam video resmi tersebut, Jake mengungkapkan versi porting ini nantinya akan memiliki semua elemen gameplay seperti versi PC dan konsolnya lalu. “Semua gameplay taktik dan strategi yang kamu rasakan dalam PC dan konsol sekarang kami optimasi untuk device iOS,” ungkapnya dalam video tersebut. Namun, lain halnya dengan map yang tersedia, karena Jake mengungkapkan bahwa versi iOS-nya nanti akan memiliki jumlah map yang lebih sedikit dibandingkan versi PC dan konsolnya lalu.

Disamping penggunaan kontrol sentuhan dan juga interface yang sedikit berbeda, tampak versi iOS ini sangat mirip dengan versi konsol dan PC-nya. Sayangnya, belum ada konfirmasi resmi dari Firaxis mengenai apakah versi porting ini memiliki fitur multiplayer, atau mendukung cross save dengan versi konsol dan PC-nya. Selain itu, saat dirilis nanti game ini hanya dibundel dengan DLC The Elite Soldier, tidak termasuk dengan DLC Slingshot.

Porting ini menurut rencana akan dirilis pada pertengahan tahun ini juga. Namun, Firaxis masih merahasiakan berapa harga yang akan mereka sematkan dalam game premium ini. Ya, karena menggunakan sistem game premium, Jake memastikan bahwa game ini nantinya tidak akan menggunakan sistem in app purchase. “Game ini akan memiliki harga yang disesuaikan. Ini adalah satu game penuh,” ungkap Jake seperti dikutip dari Joystiq.

Selain versi iOS, pemilik Mac OS juga akan mendapatkan game ini pada 25 April yang akan datang, dimana untuk mengembangkan versi Mac OS ini, Firaxis mendapat bantuan dari Feral Interactive. Sayang, Firaxis masih belum berencana untuk merilis game ini di Android, namun mereka tidak menutup kemungkinan di masa yang akan datang mereka akan mem-porting juga game ini untuk Android.

[Sumber: VG247/Joystiq]


SHARE
Previous articlePAX East 2013: BioWare Siapkan Mass Effect yang Benar-benar Baru dan Fresh
Next articleLaunching Knight Age Indonesia, Ajang Pertarungan Ksatria Tanah Air
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.