SuikoGaiden Inggris Untuk Penggemar Suikoden!

Banyak penggemar RPG mungkin sudah banyak tahu mengenai game Suikoden. Franchise milik Konami ini telah berhasil masa kejayaan di zaman PlayStation One dulu kala. Dengan cerita yang menawan dan grafik yang keren di zamannya, Suikoden menjadi salah satu legenda RPG klasik di zaman sekarang.

Para penggemar berat Suikoden, seperti saya, pastinya tahu mengenai salah satu judul game Suikoden yang hanya rilis di Jepang saja. Ya, judul game ini adalah SuikoGaiden, spin-off dari jalan utama di game Suikoden. Genre game ini sendiri bukan RPG melainkan visual novel. Namun karena perilisannya bertepatan dengan masa-masa kesuksesan Suikoden, SuikoGaiden menjadi kesuksean tersendiri di Jepang sana. Penggemar di luar Jepang banyak yang kecewa dengan keputusan untuk tidak merilis SuikoGaiden ke barat. Namun, tidak dengan fans-fans beratnya.

Setelah perjuangan yang lama dari para fans Suikoden di berbagai forum online, hingga mencapai lima tahun, mereka berhasil membawa game SuikoGaiden ke bahasa Inggris! Proyek ini dipimpin oleh id bernama rin-uzuki melalui Suikogaiden Translation Project. Bagi kalian yang tertarik untuk mendapatkan patch translasi game SuikoGaiden, bisa berkunjung langsung ke situs tersebut. Tentunya diperlukan file game dari SuikoGaiden untuk dapat menggunakan patch Inggris tersebut.

SuikoGaiden sendiri terdiri dari dua volume, yang mana patch ini hanya berlaku untuk volume pertama dari SuikoGaiden. Game dengan genre visual novel ini berkisah mengenai perjalanan Nash Latkje mencari informasi mengenai keberadaan True Rune di peperangan Dunan. Bagi yang belum tahu, peperangan Dunan bersetting di waktu yang sama dengan Suikoden 2. Jadi Nash akan berinteraksi dengan berbagai karakter dari Suikoden 2.

Apakah kalian siap berpetualang kembali di dunia SuikoGaiden ?