Etrian Odyssey Baru dari Atlus, New Etrian Odyssey : Millennium Girl

Atlus beberapa hari lalu sempat mengumumkan mengenai pengembangan game Etrian Odyssey (EO) baru, dan kali ini mereka telah memberikan detailnya melalui Famitsu. Berjudul New EO: Millennium Girl, game ini akan mereka rilis untuk 3DS lagi.

Ceritanya terpusat pada kejadian gempa bumi hebat dan misterius di Etria. Si protagonis (disuarakan oleh Kousuke Toriumi yang juga menyuarakan Junpei Iori – Persona 3, Yuri Lowell – Tales of Vesperia) adalah seorang pengguna tombak yang berasal dari klan Highlander. Dia diminta tolong oleh pemerintahan Etria untuk menginvestigasi dan menjelajahi beragam reruntuhan terkait kejadian tersebut. Tiga orang lain nantinya bertemu dengannya saat investigasi dan akan sampai ke World Tree, yang sepertinya memiliki hubungan sangat dalam dengan reruntuhan-reruntuhan tersebut.

Saat menginvestigasi, mereka akan bertemu dengan Frederica Irving (disuarakan oleh Mariya Ise, yang juga menyuarakan Elle Mel Marta – Tales of Xillia 2, Paddra Nsu-Yeul – Final Fantasy XIII-2), gadis Gunner yang kehilangan ingatannya. Frederica selalu terlihat bersemangat dan ramah, tapi terkadang masih curiga terhadap orang lain, mungkin disebabkan karena amnesianya tersebut.

Frederica Irving

Berikut adalah tiga orang yang menemani protagonis untuk menginvestigasi beragam reruntuhan di Etria.

Simon York (disuarakan oleh Daisuke Ono yang juga menyuarakan Snow Villiers – Final Fantasy XIII, Nine – Final Fantasy Type-0)

Pimpinan dari tim investigasi yang dikirim oleh Mizugaruzu Library. Cowok Medic ini sangat pintar dan tahu banyak hal mengenai beragam kebudayaan kuno serta monster-monster labirin. Sikapnya yang selalu tenang membuatnya dapat diandalkan kapan pun.

Arthur Charles (disuarakan oleh Toshiyuki Toyonaga yang juga menyuarakan Xiba – Soul Calibur V, Flit muda – Kidou Senshi Gundam AGE)

Anggota dari tim investigasi Mizugaruzu Library yang juga teman Simon. Cowok Alchemist satu ini sangat ahli dalam serangan-serangan elemental. Termasuk tipikal orang yang menganggap semua masalah enteng bahkan sering kali berbicara yang terlalu muluk-muluk. Meski demikian dia sangat percaya dengan kemampuan Simon.

Lacoona Sheldon (disuarakan oleh Shizuka Itou yang juga menyuarakan Avril Vent Fleur – WILD ARMS the Vth Vanguard, Innes Lorrenz – Tales Of Hearts)

Cewek Paladin yang menjadi pelindung tim investigasi Mizugaruzu Library. Dia berasal dari keluarga bangsawan, tapi pikirannya terbuka. Memiliki rasa keadilan yang tinggi, tapi akan kehilangan kendali jika melihat atau mencium bau makanan enak.

Tiap karakter memang sudah ditentukan Class-nya di awal, tapi nanti mereka bisa mempelajari beragam skill tergantung Class-nya tersebut. Seperti di EO sebelumnya, tiap karakter akan memiliki poin skill khusus yang terbatas, jadi pilih skill mana saja yang ingin dipelajari. Dan juga nantinya kamu bisa mengubah Class untuk tiap karakter. Yang perlu diperhatikan, meski telah berganti Class, penampilannya akan tetap dan mereka tetap mendapatkan status lamanya. Hanya saja karakter tersebut akan mempelajari skill dari Class baru yang dipakainya. Mungkin yang sedikit berubah adalah skill tingkat Novice dan Veteran tidak ada di sini.

Kamu akan mendapatkan bermacam-macam misi dari pemerintahan Etria, begitu pula dengan informasi dan perlengkapan yang ada di toko-toko. Ketika sudah menyelesaikan misi atau quest tertentu, akan ada tanda khusus di sisi kanan layar. Saat melihat scene event, tiap anggota party memiliki beberapa potret wajah dengan beragam ekspresi. Ikon-ikon petanya sedikit banyak mirip dengan yang kamu temui di EO IV.

Sang sutradara, Shigeo Komori, banyak penggemar yang berpikir bahwa serial EO ini membutuhkan energi baru, dan berusaha terfokus pada sisi produksinya. ”Kesenangan dari unsur RPG (EO) tidak kita ubah, tapi karena kita memperkuat sisi cerita dan pengembangan karakter, game ini akan membuat semua unsur RPG-nya menjadi lebih mudah untuk dinikmati,” ucap Komori.

Bagi kamu yang penasaran dengan jajaran staf utama yang bertanggung jawab dalam proses pengembangan New EO: Millennium Girl, bisa membacanya di bawah ini.

Sutradara: Shigeo Komori
Desain Karakter: Yuji Himukai
Desain Monster: Shin Nagasawa
Musik: Yuzo Koshiro

Atlus akan merilis New EO: Millennium Girl untuk 3DS di Jepang pada tanggal 27 Juni 2013 mendatang dengan harga 6,279 yen. Perihal kata ”New” di judulnya menjadi pertanda bahwa game ini merupakan remake game EO pertama yang dirilis Atlus di DS dulu.

[ Sumber : Game Nyarth, Gematsu (2), Siliconera ]


SHARE
Previous articleIron Man 3: Armor Heartbreaker, Silver Centurion, Igor dan Shotgun Menampakkan Diri!
Next articlePepper Potts Suit Up di Tv Spot Terbaru Iron Man 3
Pecinta game (terutama RPG) yang dulunya merupakan fans dari Zigma - sekarang adalah Feature Editor Zigma Omega hingga saat ini. Sekarang Reyner telah menjadi apoteker lulusan salah satu fakultas negeri di Surabaya. Selain game, Reyner juga mengikuti update mengenai anime dan manga terbaru, dan juga sedikit melirik dunia gunpla.